SALING MENGINGATKAN

SALING MENGINGATKAN

( Kultum Hari Ke-2 )

Disampaikan Oleh : Drs. H. Samsudin, MM. ( Kasubbag TU Kantor Kemenag Kota Tangerang )

KEMENAG KOTA TANGERANG NEWS. Kultum hari Ke-2 Disampaikan oleh H. Samsudin Kasubbag Tata Usaha  kantor Kemenag kota Tangerang. Pada kesempatan tersebut H. Samsudin mengajak pada seluruh jemaah agar saling mengingatkan satu dengan yang lainnya. Kurma ( Kuliah Ramadhan ) digelar di Masjid As-Syifa kantor Kementerian Agama Kota Tangerang. Jalan perintis Kemerdekaan 2 Babakan kota Tangerang. Rabu, ( 14/04/2021 )  

“Dan tetaplah memberi peringatan, karena sesungguhnya peringatan itu bermanfaat bagi orang-orang yang beriman.” (QS. Adz Dzariyat Ayat 55)

Selain surat Adz Dzariyat ayat 55 untuk menjadi pendorong semangat dalam mengingatkan dan menasehati, banyak hadits yang juga bisa menambah motivasi. Antara lain yang berasal dari Abu Hurairah ra, bahwa Rasulullah SAW bersabda yang artinya,  

“Barang siapa mengajak kepada kebaikan, maka ia akan mendapat pahala sebanyak pahala yang diperoleh orang-orang yang mengikutinya tanpa mengurangi pahala mereka sedikitpun. Sebaliknya, barang siapa mengajak kepada kesesatan, maka ia akan mendapat dosa sebanyak yang diperoleh orang-orang yang mengikutinya tanpa mengurangi dosa mereka sedikitpun.” (HR Muslim)

Bahwa manusia adalah mahluk sosial yang saling berinteraksi dan ketergantungan satu dengan yang lainnya oleh sebab itu sebagai mahluk sosial tentnya kita harus  saling ingat-mengingatkan sesama kita.

 Namun sangat disayangkan, tekhnik saling ingat-mengingatkan ini justru sering disalahartikan. Banyak di antara kita berpendapat bahwa mengingatkan orang, justu hal yang diingatkan itu akan terjadi kita

Sebenarnya kata Ingat-mengingatkan tidak hanya berarti memberi peringatan, akan tetapi saling memberi peringatan. Atau lebih mudahnya saling mengingatkan.

Kata saling di sini adalah adanya timbal balik antar keduanya. Dalam hal ini dimaksudkan bahwa dengan adanya timbal-balik maka adanya keterkaitan antar satu dengan lainnya.

Jika satu yang salah atau melenceng dari yang diajarkan oleh Allah swt dan rasul-Nya maka tugas yang lain untuk mengingatkan. Begitu juga sebaliknya.

 “Demi Masa. Sesungguhnya manusia itu benar-benar dalam kerugian. Kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal saleh dan nasehat menasehati supaya mentaati kebenaran dan nasehat menasehati supaya menetapi kesabaran”

Ayat di atas cukup jelas, bahwa saling ingat-mengingatkan merupakan anjuran agama, jika kita tidak ingin disebut golongan yang merugi.#Hasan*69

 

 

 

Check Also

KEGIATAN PELATIHAN MANAJEMEN PERKANTORAN TEROTOMASI RESMI DITUTUP

KEMENAG KOTA TANGERANG NEWS. Kasubbag Tata Usaha kantor Kementerian Agama kota Tangerang H. Samsudin secara …