PENTINGNYA MODERASI BERAGAMA BAGI ASN KEMENAG KOTA TANGERANG

KEMENAG KOTA TANGERANG NEWS. Kementerian Agama tengah menggalakan penguatan moderasi beragama di setiap sektor baik  pusat maupun  daerah hal itu diungkapkan kepala kantor Kemenag kota Tangerang H. Samsudin saat Pembinaan Pegawai Lingkup kantor Kemenag kota Tangerang melalui Zoom  Meeting dari ruang kerjanya kantor Kemenag kota Tangerang Jalan Perintis Kemerdekaan II babakan kota Tangerang. Senin, ( 29/11/2021 ) 

Kita perlu moderasi beragama sebagai solusi, agar dapat menjadi kunci penting untuk menciptakan kehidupan keagamaan yang rukun, harmoni, damai, serta menekankan keseimbangan, baik dalam kehidupan pribadi, keluarga, masyarakat, maupun kehidupan secara keseluruhan.

Prinsip beragama yang moderat harus Adil dan Berimbang. Adil artinya menempatkan segala sesuatu pada tempatnya seraya melaksanakannya secara baik dan secepat mungkin, sedangkan Berimbang selalu berada di tengah di antara dua kutub. Orang yang ekstrim terjebak dalam praktek beragama atas nama Tuhan hanya untuk membela Keagamaannya saja seraya mengenyampingkan aspek kemanusiaan.

Ada Empat Indikator Moderasi Beragama yaitu Komitmen kebangsaan, Toleransi, Anti Kekerasan dan Penerimaan terhadap tradisi.

Generasi milenial adalah kelompok yang paling rawan terpapar radikalisme. Ini tidak hanya jadi tugas pemerintah pusat, tapi semua elemen harus turut terlibat dalam penanggulangan radikalisme maupun terorisme. Kaum muda lebih mudah didoktrin untuk melakukan aksi-aksi radikalisme. Di sini peran  orang tua diperlukan, agar bisa menjaga anak-anaknya dari paham-paham radikalisme.

Kementerian Agama Republik Indonesia mengakui, bahwa  penyuluh agama sudah ada yang terpapar paham radikalisme, anti keberagaman dan anti Pancasila. Untuk mengantisipasi hal tersebut kepala kantor H. Samsudin akan memberikan pemahaman dan wawasan Moderasi Beragama yang akan bekerjasama dengan Badan Litbang dan Diklat Kemenag Republik Indonesia tentang Pelatihan Moderasi Beragama kepada seluruh ASN lingkup kantor Kementerian Agama kota Tangerang.

Ada Tujuh Agenda prioritas kementerian Agama Republik Indonesia yaitu Penguatan Moderasi beragama, Transformasi Digital, Revitalisasi KUA, Cyber Islamic University, Kemandirian Pesantren, Religiousty Index dan Tahun Toleransi #Hasan*69

 

 

Check Also

RAPAT KOORDINASI PERSIAPAN PEMBERANGKATAN JEMAAH HAJI KOTA TANGERANG TAHUN 2022

KEMENAG KOTA TANGERANG NEWS. Pada tahun 2022 Pemerintah Indonesia memastikan akan memberangkatkan jemaah haji Indonesia …