Membangun Sikap Optimis Dalam Menghadapi Kesulitan

Secangkir ☕Kopi Dhuha

Jum’at, 09 September 2022 M/ 12 Shafar 1444 H.

Oleh :A. Hasanuddin. HR.

“Dibalik Satu Kesulitan Ada Dua Kemudahan Yang Menyertainya”
(Membangun Sikap Optimis Dalam Menghadapi Kesulitan)

Dalam Al-Qur’an, Allah تعالى telah berfirman:

“Karena sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan, sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan” (QS. Al-Insyiroh (94): 5-6)

Bahwasanya kesulitan yang terjadi pada seorang mu’min di dunia pasti baginya ada kemudahan di dunia dan kemudahan di akhirat. (Tafsir As-Showie, Juz. IV. hal. 330)

Pada suatu hari Nabi صلى الله عليه وسلم
Keluar dalam keadaan bergembira sambil tertawa, dan Beliau bersabda:
“Tidak akan bisa mengalahkan satu kesulitan akan dua kemudahan, tidak akan bisa mengalahkan satu kesulitan akan dua kemudahan.” (HR. Ibnu Jarir dari Al-Hasan)

Adanya kesulitan yang sedang kita hadapi, jangan membuat kita berputus asa dan berburuk sangka. Mari kita selalu bersikap optimis dengan penuh harap terhadap kemudahan yang telah Allah janjikan, sehingga kita berharap kesulitan yang kita hadapi dapat segera bisa diatasi. Sebagaimana yang diungkapkan oleh sebagian penya’ir:

– Maka janganlah kamu berputus asa apabila kamu menghadapi kesulitan pada suatu hari# Sungguh kamu telah memperoleh kemudahan pada masa yang cukup lama.

– Maka sungguh janganlah kamu berburuk sangka dengan Tuhan-mu # Sesungguhnya Allah lebih utama dengan kebaikan.

– Maka sesungguhnya kesulitan diiringi dengan kemudahan # Dan Firman Allah lebih benar-benar nya sesuatu yang diucapkan. (Tafsir As-Showie. Juz. IV. hal. 330)

Sahabat-Sahabat رحمكم الله

Rasa optimis akan segera bisa diatasinya kesulitan yang sedang kita hadapi haruslah selalu kita tanamkan. Sebagaimana yang telah diingatkan oleh Nabi صلى الله عليه وسلم
dengan sabdanya:
“Seandainya datang kesulitan dan masuk kesebuah lubang, maka pasti akan datang kemudahan untuk mengeluarkannya.” (HR. Abu Bakar Al-Bazari dari Annas bin Malik)

Disamping dengan berusaha menyempurnakan ikhtiyar, salah satu upaya untuk keluar dari kesulitan yang sedang kita hadapi adalah dengan bersungguh-sungguh berdo’a dan memohon pertolongan Allah سبحانه وتعالى

Dalam sebuah hadits dijelaskan ketika adanya kesulitan yang dihadapi karena naiknya harga barang-barang :
“Bahwa seorang laki-laki datang kepada Rosulullah صلى الله عليه وسلم.
lalu dia berkata: “Wahai Rosulullah! aturlah (tetapkanlah) harga. Maka Rosulullah صلى الله عليه وسلم
menjawab: “Akan tetapi, aku (hanya) akan berdo’a”… (Al-Hadits)” (HR. Abu Daud dari Abu Hurairoh).

Maksud dari hadits tersebut adalah; “Memohon (berdo’a) kepada Allah agar diluaskan bagi mereka rezeki dan dibanyakkan kebaikan”. (Syarah Sunan AbuDaud Lil ‘Ubadi, hal. 11559/Al-Maktabah Al-Islamiyah)

Dalam hadits lain di jelaskan:
“Mohonlah kamu kepada Allah akan segala sesuatu, sehingga (memohon) akan tali sandal. Maka sesungguhnya Allah apabila tidak memudahkan akannya maka dia tidak akan menjadi mudah.” (HR. Abu Ya’la dari sayyidah ‘Aisyah)

Berkata ‘Urwah bin Zubair: “Sesungguhnya aku selalu memohon kepada Allah dalam sholatku, sehingga aku memohon kepada-Nya akan garam untuk keluargaku.” (Faidhul Qodir. Juz. IV. hal. 110 / Maktabah Syamilah Al-Haditsiyah)

“Mari Kita Berdo’a, Memohon Kepada Allah, Semoga Allah سبحانه وتعالى Selalu Melindungi Dan Menyelamatkan Kita Dan Keluarga Kita Semua Dari Segala Kesulitan Yang Sedang Terjadi, Dan Semoga Allah سبحانه وتعالى Segera Menurunkan Pertolongan Dan Limpahan Kebaikan-Nya Sehingga Kesulitan Yang Sedang Terjadi Bisa Segera Diatasi.

امين يارب العالمين

والله اعلم بالصواب

اللهم صل وسلم وبارك على سيدنا محمد وعلى ال سيدنا محمد
اللهم صل وسلم وبارك على سيدنا محمد وعلى ال سيدنا محمد
اللهم صل وسلم وبارك على سيدنا محمد وعلى ال سيدنا محمد

Semoga Bermanfa’at.

Monggo Diseruput ☕ Kopinya 

Kontributor : A. Hasanuddin, HR.

eDitoR #hasan*69

Check Also

KEMENAG KOTA TANGERANG SALURKAN BANTUAN KORBAN GEMPA CIANJUR

KEMENAG KOTA TANGERANG NEWS. Kantor Kementerian Agama kota Tangerang Salurkan Bantuan Korban Gempa Cianjur. Hal …