APA YANG HARUS KITA LAKUKAN KETIKA TERJADI GERHANA MATAHARI

HARI IBU(Edisi Khusus Sholat Gerhana Matahari Cincin)

Kamis  26 Desember 2019 M/ 28 Robi’ul Akhir 1441 H.

Oleh :A. Hasanuddin. HR.

(Menyikapi Kejadian Gerhana Dengan ‘Ainul Iman/Pandangan Iman)

Bagi orang-orang yang beriman, gerhana matahari cincin yang terjadi hari ini (Kamis, 26 Desember 2019), adalah merupakan sebagian dari tanda-tanda ke-Maha Kuasaan Allah Ta’ala. Bukan hanya sebatas peristiwa alam biasa. Bukan hanya sebatas fenomena sains dan ilmu pengetahuan semata. Juga bukan hanya berma’na mitos belaka.

Menurut pendapat Ibnul Imad: “Sebab terjadinya gerhana matahari dan bulan adalah untuk mengingatkan manusia dengan menahan cahaya keduanya, agar manusia kembali kepada ketaatan kepada Allah Ta’ala. Karena ni’mat ini apabila ditahan bisa menyebabkan tanaman tidak bisa tumbuh dan buah-buahan tidak bisa menjadi kering dan matang.” (Nihayatuzzain. hal. 111)

Karena itu sudah  menjadi keharusan bagi kita menyikapi peristiwa gerhana ini dengan عين الايمان, pandangan keimanan.

Sahabat-Sahabat Rahimakumullah

Ada 3 hal yang di anjurkan oleh Rosulullah SAW kepada kita ketika terjadi gerhana:

1). Melaksanakan sholat sunnah gerhana. Berdasarkan hadits:

“Sesungguhnya matahari dan bulan adalah dua tanda dari tanda-tanda ke-Maha Kuasaan Allah Ta’ala. Maka apabila kamu melihat gerhana itu, berdo’alah kepada Allah dan sholatlah.” (HR. Bukhori dan Muslim dari Mughiroh bin Syu’bah)

2). Berdzikir, berdo’a dan beristighfar.

Berdasarkan hadits:

“Apabila kamu melihat sesuatu dari peristiwa gerhana itu, maka segeralah kamu berdzikir kepada Allah, berdo’a dan beristghfar kepada-Nya.” (HR. Bukhori dan Muslim dari Abu Musa)

3). Memperbanyak Shodaqoh dan berbuat kebaikan.

Berdasarkan hadits:

“Apabila kamu melihat gerhana, maka berdo’alah kepada Allah, bertakbir lah, bersedekahlah dan sholatlah kamu.” (HR. Bukhori dan Muslim dari sayyidah ‘Aisyah)

Bertaubat memohon ampunan kepada Allah atas perbuatan dosa dan berbuat kebaikan kepada sesama manusia dengan bershodaqoh dan kebaikan lainnya,  inilah yang disunnahkan untuk dianjurkan oleh seorang khotib dalam khutbah sholat gerhana. (I’anatut Tholibin. Juz. I. hal. 263)

“Semoga Allah Mengampuni Semua Dosa-Dosa Kita, Menerima Semua Amal Ibadah Dan Kebaikan Kita, Mengabulkan Do’a Dan Permohonan Kita Dan Menyelamatkan Kita Dari Siksa Api Neraka

Selamat Menunaikan Sholat Sunnah Gerhana Matahari!

Semoga Bermanfa’at.Editor #Hasan*69

Check Also

penyerahan sertifikat tanah untuk pembangunan asrama haji

Keterangan Foto : Kabid PHU Kementerian Agama Kantor Wilayah Provinsi Banten H. Machdum Bachtiar Didampingi …