APEL HARI SANTRI NASIONAL TINGKAT KOTA TANGERANG

HSNKOTA TANGERANG-KEMENAG. Ribuan Santri asal kota Tangerang yang tergabung dalam Forum Silaturahmi Pondok Pesantren ( FSPP ) mengikuti Apel Hari Santri Nasional Tingkat  kota Tangerang. Selasa, ( 22/10/2019 ) Apel digelar di Alun-alun A. Yani kota Tangerang.

Walikota Tangerang H. Arief R, Wismanyah dalam kata sambutannya pada Hari Santri Nasional mengatakan dalam perjalanan sejarah bangsa Indonesia  peran santri dalam mengokohkan pilar Negara Kesatuan Republik Indonesia ( NKRI )     berdasarkan Pancasila yang bersendikan Bhineka Tunggal Ika . Para santri harus berdiri berada di garda depan menjaga NKRI dalam berbagai macam ancaman.

Hari santri lahir dari Kepres No. 22 tahun  2105. yang telah menetapkan bahwa tanggal 22 Oktober adalah sebagai Hari Santri Nasional. Penetapan tanggal 22 Oktober menuju pada tercetusnya resolusi Jihad yang berisi fatwa kewajiban berjihad demi mempertahankan kemerdekaan Indonesia.

Momentum hari santri ini perlu sama-sama kita transopmasikan menjadi gerakan penguatan faham kebangsaan yang bersinergi dengan keagamaan. Tema Hari Santri Nasional Tahun 2019 “Santri Indonesia Untuk Perdamaian Dunia”.

Pesantren-pesantren  menjadi Laboratorium Perdamian, sebagai laboratorium pesantren menjadi tempat ajaran islam yang rahmatan lil alamin. Walikota mengajak  para santri untuk menjadi pelopor perdamaian dunia.

Pada HSN Tingkat kota Tangersng Resolusi Jihad dibacakan oleh Ketua PCNU kota Tangerang Drs. H. Dedi Mahfudin, M. Si, beliau juga selaku kepala kantor Kemenag kota Tangerang. Pada 22 Oktober 1945 sebuah keputusan dihasilkan dari rapat besar konsul-konsul setingkat pengurus wilayah sekarang NU se-Jawa dan Madura, di Surabaya, Jawa Timur. Pada pertemuan tersebut, menghasilkan keputusan yang disebut Resolusi Jihad.#Hasan*69

Check Also

KEGIATAN PELATIHAN MANAJEMEN PERKANTORAN TEROTOMASI RESMI DITUTUP

KEMENAG KOTA TANGERANG NEWS. Kasubbag Tata Usaha kantor Kementerian Agama kota Tangerang H. Samsudin secara …