BAGAIMANA SHALATKU

HARI IBUSecangkir โ˜•Kopi Dhuha

Senin, 09 Maret 2020 M/ 14 Rajab 1441 H.

Oleh :A. Hasanuddin. HR.

“Bagaimana Shalatku?๐Ÿค”๐Ÿ˜ญ๐Ÿ˜ญ๐Ÿ˜ญ”

Didalam sebuah riwayat hadits dijelaskan bahwasanya Nabi
ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู…
Telah bersabda:
“Siapa orang yang berwudhu dan dia menyempurnakan wudhunya, kemudian dia berdiri melaksanakan shalat, maka dia menyempurnakan ruku’nya dan sujudnya serta bacaan di dalam shalatnya. Maka berkatalah shalat: “Semoga Allah menjagamu sebagaimana kamu telah menjagaku.” Kemudian shalat itu dibawa naik menuju langit dan shalat itu memiliki sinar yang terang benderang dan bercahaya. Dibukalah untuknya pintu-pintu langit sehingga shalat itu dibawa sampai menghadap Allah ุชุจุงุฑูƒ ูˆ ุชุนุงู„ู‰ , maka shalat itupun memohon syafa’at untuk orang yang mengerjakannya.

Apabila orang yang shalat itu menyia-nyiakan ruku’nya dan sujudnya serta bacaan di dalam shalatnya, maka berkatalah shalat: “Mudah-mudahan Allah menyia-nyiakanmu sebagaimana kamu telah menyia-nyiakanku.” Kemudian shalat itu dibawa naik dalam keadaan gelap (tidak memiliki cahaya) sehingga shalat itu dibawa sampai ke langit. Maka ditutuplah pintu-pintu langit untuknya.

Kemudian shalat itu dilipat sebagaimana dilipatnya baju yang sudah rusak dan dipukulkanlah shalat itu ke wajah orang yang melakukannya.” (Tanbihul Ghofilin. hal. 100).
Bagaimana shalatku?๐Ÿค”๐Ÿ˜ญ๐Ÿ˜ญ๐Ÿ˜ญ

Sahabat-Sahabat
ุฑุญู…ูƒู… ุงู„ู„ู‡
Shalat yang kita lakukan adalah amal yang pertamakali akan dihisab:
“Pertama sekali amal yang akan dihisab dengannya seorang hamba pada hari Kiamat adalah shalatnya. Maka apabila shalatnya baik maka baik pulalah baginya amalnya yang lain. Apabila shalatnya rusak maka rusak pulalah baginya amalnya yang lain” (HR. Thobroni dan Ad-Dhiya dari Anas).

Betapa penting nya baik dan buruknya shalat ini bagi kita, sehingga Nabi
ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู…
Bersabda:
“Takutlah kamu kepada Allah dalam (urusan) shalat. Takutlah kamu kepada Allah dalam (urusan) shalat. Takutlah kamu kepada Allah dalam (urusan) shalat…” (HR. Baihaqi dari Anas bin Malik)

Maksud hadits tersebut menurut syeikh Nawawi Al-Bantani, ya’ni; “Dengan cara mempelajari Rukun-Rukun shalat, syarat-syaratnya, sunah-sunnah Hai’atnya dan sunnah-sunnah Ab’adnya serta melaksanakannya tepat pada waktunya.” (Tanqihul Qaul. hal. 25)

“Semoga Allah ุชุนุงู„ู‰ Menerima Ibadah Shalat Kita Semua Dan Amal-Amal Ibadah Lainya, Sehingga Kita Layak Memperoleh Syafa’at Di Hari Kiamat Kelak

ุงู…ูŠู† ูŠุงุฑุจ ุงู„ุนุงู„ู…ูŠู†

ูˆุงู„ู„ู‡ ุงุนู„ู… ุจุงู„ุตูˆุงุจ

ุงู„ู„ู‡ู… ุตู„ ูˆุณู„ู… ูˆุจุงุฑูƒ ุนู„ู‰ ุณูŠุฏู†ุง ู…ุญู…ุฏ ูˆุนู„ู‰ ุงู„ ุณูŠุฏู†ุง ู…ุญู…ุฏ
ุงู„ู„ู‡ู… ุตู„ ูˆุณู„ู… ูˆุจุงุฑูƒ ุนู„ู‰ ุณูŠุฏู†ุง ู…ุญู…ุฏ ูˆุนู„ู‰ ุงู„ ุณูŠุฏู†ุง ู…ุญู…ุฏ
ุงู„ู„ู‡ู… ุตู„ ูˆุณู„ู… ูˆุจุงุฑูƒ ุนู„ู‰ ุณูŠุฏู†ุง ู…ุญู…ุฏ ูˆุนู„ู‰ ุงู„ ุณูŠุฏู†ุง ู…ุญู…ุฏ
Semoga Bermanfa’ Editor #Hasan*69

Check Also

KEGIATAN PELATIHAN MANAJEMEN PERKANTORAN TEROTOMASI RESMI DITUTUP

KEMENAG KOTA TANGERANG NEWS. Kasubbag Tata Usaha kantor Kementerian Agama kota Tangerang H. Samsudin secara …