BULETIN JUMAT

KULTUM HARI KE-4Jum’at, 18 Oktober 2019 M/ 18 Shofar 1441 H.

Oleh :A. Hasanuddin. HR.

“(Aku) Surah يس”
(Keutamaan Membaca Surah يس)

Telah berkata Ibnu ‘Arobi: “Sungguh aku telah mengalami sakit keras sampai aku tidak sadarkan diri, dan aku dianggap telah meninggal dunia. Maka (dalam keadaan tidak sadarkan diri) aku melihat akan sekelompok kaum yang banyaknya seperti percikan air hujan yang akan mencelakaiku. Dan aku melihat ada seorang laki-laki yang sangat tampan, yang harum wanginya, laki-laki yang kuat dan gagah, laki-laki itu melindungiku dari mereka, sehingga dia dapat mengalahkan mereka. Maka aku bertanya: “Siapakah kamu?” Dia menjawab: “(aku) Surah يس”.
Kemudian aku tersadar; Ternyata aku dapati ayahku berada di sisi kepalaku sambil menangis dan membaca surat يس dan dia telah menghatamkannya.” (Di kutip dari kitab: Faidhul Qodir. Juz. II. hal. 86)

Imam Ats-Tsa’labi telah menyebutkan sebuah hadits yang diriwayatkan dari sayyidah ‘Aisyah
رضي الله عنها:
“Sesungguhnya di dalam al-Qur’an ada sebuah surat yang dapat memberi syafa’at (pertolongan) terhadap orang yang membacanya dan memohonkan ampunan bagi yang mendengarkannya. Ingatlah itu adalah surat يس. Surat ini disebut dalam kitab Taurat dengan nama “Al-Mu’immah”. Ditanyakan kepada Rosulullah;
صلى الله عليه وسلم
“Wahai Rosulullah! Apakah Al-Mu’immah itu?”. Rosulullah
صلى الله عليه وسلم
menjawab: “Yang meliputi bagi yang memilikinya akan kebaikan dunia dan menolak darinya akan ketakutan di akhirat.” Dan surah itu dinamai juga dengan “Ad-Daafi’ah dan Al-Qhodiyyah.” Ditanyakan: “Wahai Rosulullah! Bagaimanakah yang demikian itu?” Rosulullah
صلى الله عليه وسلم
menjawab: “Dia menolak dari yang memilikinya akan semua keburukan dan memenuhi baginya akan semua hajat…” (Dikutip dari tafsir Al-Qurtubi. Juz. 15. hal. 2.)

Sahabat – Sahabat
رحمكم الله

Telah berkata sebagian ‘ulama:
“Dari keistimewaan surah يس ini, bahwasanya tidaklah surah يس ini dibaca ketika menghadapi urusan yang sulit kecuali Allah akan memudahkannya.” (Tafsir Ibnu Katsir. Juz. III. hal. 1551)
“Semoga Allah Selalu Melimpahkan Rahmat, Kebaikan Dan Keberkahan Kepada Kita Semua Dan Memudahkan Urusan Kita Serta Memenuhi Hajat Kita Dengan Sebab Kemuliaan Surah يس Yang Kita Baca.”

امين يارب العالمين

والله اعلم بالصواب
Semoga Bermanfa’at. Editor#Hasan*69

Check Also

penyerahan sertifikat tanah untuk pembangunan asrama haji

Keterangan Foto : Kabid PHU Kementerian Agama Kantor Wilayah Provinsi Banten H. Machdum Bachtiar Didampingi …