BULETIN JUMAT

PENYULUH 1Jum’at, Ke-II                                                                                                                                                                        11 Oktober 2019 M/ 11 Shofar 1441 H.

Oleh :A. Hasanuddin. HR.

Minumlah Obatnya Dan Allah Yang Menyembuhkan Penyakitnya

(Berobat Dan Berdo’a)

Diceritakan dari nabi Musa

bahwasanya beliau mengadu kepada Allah Ta’ala akan sakit gigi yang dideritanya. Maka Allah Berfirman: “Ambillah oleh mu rumput fulaniyah dan letakkanlah di gigimu.” (Lalu nabi Musa pun melakukannya) maka hilanglah rasa sakitnya seketika itu juga.

Kemudian setelah lewat beberapa masa, sakit gigi itu kambuh kembali. Maka nabi Musa pun mengambil kembali rumput fulaniyah itu dan beliau meletakkannya digiginya, maka bertambahlah rasa sakitnya melebihi sakit biasanya. Maka nabi Musa pun memohon pertolongan kepada Allah Ta’ala. Beliau nabi Musa berkata: ” Wahai Tuhanku! Bukankah Engkau telah memerintah aku (berobat) dengan rumput ini? Dan Engkau telah menunjukannya kepadaku?” Maka Allah Ta’ala Berfirman: “Wahai Musa! Aku Dzat Yang Maha Menyembuhkan, Aku Dzat Yang Maha Memberikan Kesehatan, Aku Dzat Yang Menjadikan kemadharatan (bahaya), Dan Aku Dzat Yang Maha Memberikan kemanfa’atan. Kamu bermaksud (memohon kesembuhan) kepada-Ku pada (sakit) yang pertama, maka Aku menghilangkan penyakitmu. Dan sekarang, kamu bermaksud terhadap rumput itu dan kamu tidak bermaksud (memohon kesembuhan) kepada-Ku” . (Dikutip dari kitab Nuruzholam. hal. 11)

Sahabat-Sahabat….Rahimakumullah

Berobat ketika mengalami sakit atau terkena penyakit adalah bagian dari ikhtiar manusia untuk memperoleh kesembuhan, tetapi pada hakikat nya Allah lah yang menyembuhkan penyakitnya.

“Setiap penyakit terdapat obatnya, maka apabila cocok obat dengan penyakitnya, maka sembuhlah penyakitnya dengan izin Allah.” (HR. Ahmad dari Jabir)

Dan sebagaimana yang di katakan oleh nabi Ibrahim  AS

“Dan apabila aku sakit, Dialah (Allah) yang menyembuhkan aku.” (QS. Asy-Syu’aro : 80).

Ya’ni: “Apabila tubuhku sakit  dan terkena penyakit, maka Dia (Allah) Yang menyembuhkan dan menyehatkannya.” (Tafsir Jami’ul Bayan. Juz. 19. hal. 363)

Karena itu, ketika seseorang mengalami sakit atau terkena penyakit, berikhtiar dan berdo’alah;

– Minumlah Obatnya Dan Allah Yang Akan Menyembuhkan penyakitnya.”

– Balutlah lukanya dan Allah Yang Akan Menyembuhkannya.

“Semoga Allah Selalu Mengaruniakan Kesehatan, Ke’afiatan Dan Keselamatan Kepada Kita Semua. Kesehatan, Ke’afiatan Dan Keselamatan Jasmani Dan Rohani, Lahir Dan Batin Kita. Dan Semoga Yang Saat Ini Sedang Mengalami Sakit, Segera Diberikan Kesembuhan Oleh Allah Dan Segera Dipulihkan Kembali Kesehatannya Dengan Anugerah-Nya.” Amin Yaa Robbal Alamin. Editor#Hasan*69

Check Also

penyerahan sertifikat tanah untuk pembangunan asrama haji

Keterangan Foto : Kabid PHU Kementerian Agama Kantor Wilayah Provinsi Banten H. Machdum Bachtiar Didampingi …