CATATAN AKHIR TAHUN 2019

HASANKOTA TANGERANG-KEMENAG. Tanpa terasa tahun 2019 tinggal menyisakan bilangan menit. Gemuruh suara dan pekik bahagia akan segera berkumandang diseluruh penjuru negeri walaupun ditempat kami hujan rintik-rintik belum berkesudahan dalam menyongsong tahun baru 2020 yang pasti penuh tantangan sekaligus peluang

Apa yang terjadi pada 2019 akan dijadikan sebagai ruang pembelajaran dan media refleksi agar apa yang dilakukukan pada tahun berikutnya dapat menjadi lebih baik dan bermanfaat. Hal ini juga berlaku bagi kantor Kementerian agama kota Tangerang. Sebagai sebuah lembaga  Pemerintah yang mengemban tugas dan tanggungjawab dalam mewujudkan tata kelola birokrasi yang baik dan moderasi beragama, senantiasa melakkan evaluasi dan introspeksi sebagai barometer untuk tujuan yang lebih maju dan berkembang.

Refleksi akhir tahun ini memiliki signifikansi penting bagi kantor Kemenag kota Tangerang sebagai sarana untuk  muhasabah diri terkait kinerja kelembagaan yang telah dihasilkan, apa yang masih harus ditunaikan dan disempurnakan, serta inovasi apa yang harus ditelurkan agar peran dan fungsi  kantor Kemenag kota Tangerang makin kukuh ke depan.

Dibawah Kepemimpinan Drs. H. Dedi Mahfudin, M. Si dan Kasubbag Tata Usaha Drs. H. Samsudin, MM. Banyak hal yang telah dicapai dalam memaksimalkan kinerja kantor Kemenag kota Tangerang.  Pada kesempatan ini redaksi hanya menyampaikan keberhasilan yang tergabung dalam Pendis yaitu Pendidikan Madrasah, Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren dan Pendidikan Agama Islam.

Pada Seksi Madrasah yang digawangi Drs. H. Tutun, HS, MA. Banyak menggapai keberhasilan terutama pada Madrasah baik itu tingkat Madrasah Ibtidaiyah, Madrasah Tsanawiyah maupun Madrasah Aliyah.

Madrasah Ibtidaiyah Negeri 01 kota Tangerang keluar sebagai Juara 1 Tanding Putra tingkat Jabodetabek atas nama Dias Ramadhan.

Tingkat Tsanawiyah capaian prestasinya diwakili oleh MTsN 03 kota Tangerang. MTsN 03 kota Tangerang keluar sebagai Juara Caraka Paskibra se pulau Jawa yang diselenggarakan di SMPN 17 kota Tangerang Selatan.

Sedangkan tingkat Madrasah Aliyah capaian prestasinya diwakili oleh MAN 1 kota Tangerang.  MAN 1 kota Tangerang juara 1 Taekwondo tingkat Internasional yang diselenggarakan oleh President The Indonesian Taekwondo Assocation ( PBTI ) atas nama Novela Julia Khosyi . Juara 1 Marawawis Putra dan Putri Tingkat Tangerang Raya. Juara 1 Palang Merah tingkat Jabodetabek yang diselenggarakan SMAN 8 Jakarta. Juara 1 Cerdas Tangkas Tingkat Tangerang Raya yang diselenggarakan di SMAN 15. Juara Umum Palang Merah Remaja tingkat Tangerang Raya. Juara 1 Short Movie tingkat Tangerang Raya atas nama Farhan CS diselenggarakan di SMAN 3 Kabupaten Tangerang.

Bukan hanya murid yang berprestasi akan tetapi Tenaga Pendidik dan Kependidikan juga  berprestasi seperti Deasy Ariati, M. Pd, tingkat RA, Ade Zaenudin, S. Ag, tingkat MTs, Wiji Lestari tingkat MA dan Evi Afifah, S. Km kepala MI, juara pada ajang lomba Anugerah Guru dan Tenaga Kependidikan Madrasah tingkat Provinsi Banten.

Pada Seksi Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren yang dikomandani oleh Drs. H.M. Bahtera Yudha, MM. Selama tahun 2019 telah menyelenggarakan Pekan Olahraga Seni Pondok Pesantren Kota Tangerang ( Pospekot ) menghasilkan sebanyak 151 juara untuk diikut sertakan dalam Pospeda tingkat Provinsi Banten. Cabang yang dilombakan untuk cabang Seni 6 cabang dan Cabang Olahraga sebanyak 13 Cabang. Yang berhasil menghantarkan kota Tangerang pada tingkat Pospeda Provinsi Banten yaitu cabang Pidato Bahasa Indonesia, Stand Up Comedy, Hadroh dan Futsal.  Stand Up Comedy dan Hadoh berjaya di tingkat Nasional.

Setelah Apel Hari Amal Bhakti ( HAB ) kemenag RI Ke-74 Kepala kantor Kemenag  kota Tangerang akan memberikan SK Pondok Pesantren Ramah Anak kepada 14 Pondok Pesantren yang ada di kota Tangerang.

Begitu pula pada Seksi Pendidikan Agama Islam dibawah asuhan Drs. H. Arsyad, M. Pd. Berhasil menjadi juara pada Pekan Keterampilan dan Seni Pendidikan Agama Islam (Pentas PAI) tingkat Provinsi Banten. Prestasi juga diraih oleh Pengawas PAI Madya pada SMP, SMA/SMK atas nama Maman Suryaman, M. Ag.

Untuk guru berprestasi tingkat SMP yaitu Yoyo H, Abay Bayanudin, Yusuf Yusfa, Hassnatul Khairiyah dan Eti Saraswati. Solikhatun, S. Ag.  Juara 1 guru berprestasi tingkat Kota tangerang, Juara 1 guru berprestasi tingkat Provinsi Banten dan Finalis guru berprestasi tingkat Nasional.  Untuk nilai PKG tertinggi diklat PKB diraih oleh Ayi Abdul Malik  6 besar Nasional.

Dalam hal moderasi beragama terbukti dengan Audiensi Gereja Katholik Santa Bernadet Ciledug pada kantor Kemenag kota Tangerang yang dihadiri oleh para pengurus dan dipimpin langsung oleh Romo Lammarudut Sihombing selaku Romo yang bertugas di Santa Bernadet dan dihadiri oleh Pembimas Katholik Kanwil Kemenag Provinsi Banten. Kepala kantor Kemenag kota Tangerang membalas Audiensi tersebut dengan melakukan Visitasi ke Santa Bernadet. Kasubbag Tata Usaha juga pernah melakukan kunjungan sekaligus sosialisasi Pendirian Rumah Ibadat pada Gereja Santa Bernadet .

Itulah prestasi yang ditorehkan  kantor Kemenag kota Tangerang pada tahun 2019. Berkat kerja keras dan kesungguhan yang menyebabkan mereka layak disebut sukses dan berhasil.

Setiap awal pergantian tahun, sebagian dari kita ada yang sibuk membuat target dan program yang ingin dicapai di tahun yang akan datang. Tidak ada kata terlambat untuk menyusun kembali apa saja yang akan kita lakukan agar kita termasuk orang yang beruntung dengan menjadikan tahun ini lebih baik dari tahun kemarin.

Jangan pernah melupakan masa lalu, seperti fungsi spion pada kendaraan bermotor, seperti itulah kiranya manfaat evaluasi masa lalu kita, berhenti sejenak atau melambat ketika ada hambatan di depan dan melihat ke belakang. Seperti pepatah yang mengatakan “Pengalaman adalah guru terbaik”. Bagaimana bisa mengatakan hari ini lebih baik dari kemarin jika kita tidak pernah memperhatikan hari kemarin.

Selamat Tahun Baru 2020, semoga tahun ini, kita bisa menjadi pribadi terbaik dari tahun sebelumnya dan berkarya untuk Indonesia yang lebih baik. Diolah dari berbagai sumber. #Hasan*69

Check Also

penyerahan sertifikat tanah untuk pembangunan asrama haji

Keterangan Foto : Kabid PHU Kementerian Agama Kantor Wilayah Provinsi Banten H. Machdum Bachtiar Didampingi …