CEGAH PENYEBARAN COVID-19 DENGAN BANYAK BERDOA DAN PROKES 5M

Secangkir ☕ Kopi Dhuha

Kamis, 11 Februari 2021 M./ 29 Jumadits Tsani 1442 H.

Oleh :A. Hasanuddin. HR.

“Mari Melaksanakan Gerakan 5M Dan Banyak Berdo’a Memohon Keselamatan Dan Perlindungan Di Tengah Wabah”
(Sebuah Upaya Menyempurnakan Ikhtiar Lahiriyah Dan Bathiniyah)

Sampai hari ini, penyebaran wabah virus covid-19 di Indonesia dan negara-negara lain di muka bumi ini masih terus berlanjut setiap harinya dan telah mencapai angka yang cukup mengkhawatirkan.

Syeikh Abdul Walid Al-Bajiy, mendefinisikan thoun (wabah penyakit) dengan: “Tho’un adalah penyakit yang tersebar dan mengenai banyak orang pada beberapa wilayah dengan satu penyakit yang sama, dan penyakit itu berbeda dengan penyakit yang biasa mengenai manusia.” (Badzlul Ma’un. hal. 95)

Dalam konsep Islam, salah satu upaya (Ikhtiar) untuk mencegah penyebaran wabah penyakit (tho’un) dan menghadapinya, diungkapkan melalui sebuah hadits Rosulullah صلى الله عليه وسلم
yang cukup singkat:

“Kalau kamu mendengar adanya tho’un disebuah wilayah (bumi) maka janganlah kamu masuk ke wilayah itu. Dan apabila tho’un itu terjadi di sebuah wilayah (bumi) dan kamu berada di dalamnya maka janganlah kamu keluar dari wilayah itu.” (HR. Bukhori dari Usamah bin Zaid).

Menurut Ibnul Qoyyim Al-Jauzi, pelarangan masuk kewilayah yang sedang terjadi wabah dan larangan keluar dari wilayah itu dalam hadits tersebut mengandung beberapa “hikmah” sebagai berikut:

A) Hikmah Larangan Masuk

1. Menjauhi dan Menghindari Penyebab Penyakit.
2. Untuk menjaga kesehatan dan keselamatan yang menjadi modal utama bagi kehidupan dunia dan akherat.
3. Agar tidak menghirup udara yang telah tercemar (oleh virus penyebab penyakit) sehingga bisa terkena penyakit.
4. Agar tidak berdekatan dengan orang-orang yang sudah terkena wabah penyakit tersebut, khawatir dia akan terkena penyakit yang sama.
5. Untuk menjaga diri dari berburuk sangka dan terjadinya penularan.

Secara keseluruhan, dalam pelarangan masuk ke wilayah yang sedang terjadi wabah (dalam hadits tersebut) adalah perintah waspada dan menjaga keselamatan jiwa serta larangan untuk menantang terhadap sebab-sebab yang bisa menimbulkan kebinasaan. (Zaadul Ma’ad. Juz. III. hal. 77)

Dan hal ini adalah merupakan bagian dari ikhtiar secara lahiriyah.

B). Hikmah Larangan Keluar Dari Wilayah Tho’un

Di antaranya ialah:
1). Mendorong jiwa untuk percaya dengan (adanya pertolongan) Allah.
2). Bertawakkal, bersabar dan Ridho dengan qodhonya Allah. (Zaadul Ma’ad. Juz. III. hal. 77)

Salah satu hal yang juga sangat dianjurkan untuk dilakukan sebagai bentuk upaya (adab) ketika sedang terjadi wabah, adalah memperbanyak berdo’a memohon kesehatan, keselamatan dan perlindungan kepada Allah dari terkena wabah (penyakit). Sebagaimana sabda Rosulullah
صلى الله عليه وسلم:

“Wahai ‘Abbas! Perbanyaklah olehmu berdo’a memohon ke sehatan dan keselamatan.” (HR. Hakim dari Ibnu ‘Abbas) (Badzlul Ma’un. hal. 345)

Dan ini merupakan bagian dari ikhtiar yang bersifat bathiniyah.

Sahabat-Sahabat
رحمكم الله

Menurut satu pendapat (qiil): ” Tidak ada seorang pun dari ahli kesehatan (Tabib) atau ahli lainnya yang berpendapat bahwasanya manusia harus meninggalkan semua aktifitasnya ketika sedang terjadi wabah (tho’un) dan mereka semua harus diam seperti benda yang tidak bergerak (الجمادات). Sesungguhnya yang sepatutnya dilakukan adalah membatasi aktifitas dan mobilitas sebisa mungkin. (Zadul Ma’ad. Juz. III. hal. 77)

Karena itu sebagai upaya menyempurnakan ikhtiar lahiriyah, Kementerian Agama mengajak segenap lapisan masyarakat untuk selalu melaksanakan gerakan 5M di tengah adanya wabah. Yaitu:

1- Memakai Masker.
2- Mencuci Tangan dengan sabun dan air yang mengalir.
3- Menjaga Jarak.
4- Menjauhi kerumunan.
5- Membatasi mobilitas dan interaksi.

Dan disertai banyak berdo’a kepada Allah تعالى untuk memohon kesehatan, keselamatan dan perlindungan dari wabah sebagai ikhtiar batiniyah.

Jangan sampai kita Menyerah Dan Lengah karena covid-19 masih mewabah.

“Mari Kita Sempurnakan Ikhtiar Lahiriyah Dan Batiniyah Dengan Malaksanakan Gerakan 5M Dan Banyak Berdo’a Memohon Keselamatan Dan Perlindungan Kepada Allah. Semoga Dengan Melaksanakan Gerakan 5M Dan Banyak Berdo’a, Allah سبحانه وتعالى Menyelamatkan Dan Melindungi Kita Semua Dan Keluarga Kita, Khususnya Dari Wabah Covid-19 Yang Sedang Terjadi, Dan Semoga Wabah Ini Segera Di Angkat Oleh Allah سبحانه وتعالى”

“امين يارب العالمين.”

“والله اعلم بالصواب.”

-اللهم صل وسلم وبارك على سيدنا محمد وعلى ال سيدنا محمد
-اللهم صل وسلم وبارك على سيدنا محمد وعلى ال سيدنا محمد
-اللهم صل وسلم وبارك على سيدنا محمد وعلى ال سيدنا محمد

Semoga Bermanfa’at.
🙏🙏🙏🙏🙏🙏🙏
eDITOR. #hASAN*69

Check Also

penyerahan sertifikat tanah untuk pembangunan asrama haji

Keterangan Foto : Kabid PHU Kementerian Agama Kantor Wilayah Provinsi Banten H. Machdum Bachtiar Didampingi …