DARI KONVENSIONAL MENUJU SYARIAH

MENUJU SYARIAHKOTA TANGERANG – KEMENAG. Koperasi Keluarga Kantor Kemenag Kota Tangerang menuju Koperasi Syariah. Hal ini dibuktikan dengan hadirnya Fajaruddin Malik ahli Ekonomi Syariah Kota Tangerang bersama Team untuk mensosialisasi Koperasi Syariah. Kegiatan ini digelar di Aula Kantor Kemenag Kota Tangerang Jalan Perintis Kemerdekaan 2 Babakan Kota Tangerang. Senin, ( 04/03 )

Pada Rapat Anggota Tahun 2018 saya pernah katakana sebaiknya Koperasi Keluarga Kementerian Agama Kota Tangerang menjadi Koperasi Syariah hal itu diungkapkan kepala kantor Kemenag dihadapan para pengurus Koperasi Keluarga Kantor Kemenag Kota Tangerang dan Team dari Ekonomi Syariah.

Lebih lanjut Kepala kantor mengatakan  sebagai bangsa yang mayoritas penduduknya muslim, maka sangat diperlukan keberadaan dari koperasi syariah. Peningkatan pemahaman masyarakat atas perilaku syariah harus mendapat perhatian yang memadai dari pemerintah agar keikutsertaan masyarakat dalam pengembangan ekonomi, khususnya ekonomi syariah, akan semakin meningkat pula. Demikian pula halnya dengan pengembangan koperasi sebagai pilar utama perekonomian di Indonesia, mulai bermunculan beberapa koperasi syariah untuk menampung pelaku usaha yang menginginkan agar usahanya bisa berjalan sesuai dengan hukum Islam.

Koperasi syariah adalah badan usaha koperasi dengan menggunakan prinsip-prinsip syariah, memiliki aturan sama dengan koperasi umum. Perbedaannya terletak pada produk-produk yang ada dikoperasi umum diganti dan disesuaikan nama dan sistemnya dengan tuntunan dan ajaran agama islam.

Koperasi syariah mempunyai kesamaan pengertian dalam kegiatan usahanya bergerak dibidang pembiayaan, investasi, dan simpanan sesuai pola bagi hasil (syariah), atau lebih dikenal dengan koperasi jasa keuangan syariah. Sebagai contoh produk jual beli dalam koperasi umum diganti namanya dengan istilah murabahah, produk simpan pinjam dalam koperasi umum diganti namanya dengan mudharabah. Tidak hanya perubahan nama, sistem operasional yang digunakan juga berubah, dari sistem konvesional (biasa) ke sistem syariah yang sesuai dengan aturan Islam.

Ditempat yang sama Faruddin Malik mengatakan sedikitnya ada 11 Istilah Dalam Ekonomi Syariah yaitu Wadiah, Mudharabah, Musyarokah, Murobahah, Salam, Istishna, Qardh, Ijaroh, Ijaroh Mumtahiya Bittamlik, Hawalah dan Kafalah#Hasan*69

Check Also

penyerahan sertifikat tanah untuk pembangunan asrama haji

Keterangan Foto : Kabid PHU Kementerian Agama Kantor Wilayah Provinsi Banten H. Machdum Bachtiar Didampingi …