Dermawan Sifat Yang Harus Dimiliki oleh Pribadi Muslim

Kultum Hari Ke-9 Disampaikan Oleh: Drs.H. Anwar Musadad, M. Pd. Ketua Pokjawas kantor Kemenag Kota Tangerang

KULTUM HARI KE-9KOTA TANGERANG-KEMENAG. Kultum Hari Ke-9 Disampaikan Oleh: Drs.H. Anwar Musadad, M. Pd. Ketua Pokjawas kantor Kemenag Kota Tangerang. Kultum diselenggarakan di Masjid Asy-Syifa Kantor Kemenag kota Tangerang Jalan Perintis Kemerdekaan 2 Babakan kota Tangerang. Selasa, ( 14/05 )

Dermawan merupakan sifat memberikan harta dengan senang hati dalam kondisi memang wajib memberi, sesuai kepantasannya dengan tanpa mengharap imbalan dari yang diberi. Baik imbalan berupa pujian, balasan, kedudukan, ataupun sekedar ucapan terima kasih. Jadi seseorang disebut dermawan jika memberi secara tulus ikhlas. Orang yang memberi karena ingin balasan dari pihak yang diberi bukanlah dermawan tapi disebut berdagang. Sebab ia seolah-olah membeli balasan berupa pujian, kedudukan, ucapan terima kasih dan lainnya dengan hartanya.

Sifat ini merupakan salah satu sifat yang terpuji. karena sifat ini akan senantiasa menjadi keutamaan bagi pelakunya. Orang yang dermawan akan dicintai Allah SWT dan disukai sesama manusia. Sifat para nabi dan rasul inilah yang harus diteladani oleh para pengikutnya.

Ada beberapa keutamaan  orang yang senantiasa memiliki sifat dermawan. Pertama, Kedermawanan akan mengantarkan masuk surga. Kedua, sifat ini merupakan salah satu ciri-ciri para kekasih Allah SWT. Ketiga, orang terssebut adalah pembesar (sayyid) kaumnya dan juga mahkota bagi kelompoknya. Keempat, Allah akan menghapus dosanya. Sebagaimana Allah SWT Telah menjelaskan dalam firmannya yang artinya :

“Dan mereka memberikan makanan yang disukainya kepada orang miskin, anak yatim, dan orang yang ditawan. Sesungguhnya Kami memberi makanan kepadamu hanyalah untuk mengharapkan keridhaan Allah, kami tidak menghendaki balasan dari kamu dan tidak pula (ucapan) terima kasih”. (QS. Al-Insan: 8-9)

Hikmah dari sikap ini ialah akan mendapatkan keuntungan baik di dunia maupun di akhirat kelak. Dengan meyakini keuntungan tersebut semoga kita dapat terdorong bersikap dermawan dalam kehidupan sehari-hari yang didorong oleh keuntungan akhirat lebih baik dari pada dunia.

Adapaun hikmah yang dapat diperoleh antara lain yaitu, Menjadi orang yang dicintai oleh Allah SWT, Dekat dengan Allah, dekat dengan manusia, dan jauh dari neraka. Akan mengantarkannya masuk surga. Rasulullah SAW bersabda : “Kedermawanan adalah pohon yang kokoh di surga. Tidak akan masuk surga kecuali orang yang dermawan. Bakhil adalah pohon neraka. Tidak akan masuk neraka kecuali karena kebakhilannya.”

Semoga di hari Ke-9 ini kita masih diberikan kesehatan oleh Allah SWT sehingga masih bisa menjalankan puasa dan aktivitas keseharian kita. Mari kita tanamkan sifat dermawan di dalam diri kita masing-masing. #Hasan*69

Check Also

penyerahan sertifikat tanah untuk pembangunan asrama haji

Keterangan Foto : Kabid PHU Kementerian Agama Kantor Wilayah Provinsi Banten H. Machdum Bachtiar Didampingi …