DIBALIK KESULITAN ADA KEMUDAHAN

HARI IBUSecangkir ☕Kopi Dhuha

Senin, 06 April 2020 M/ 12 Sya’ban 1441 H.

Oleh :A. Hasanuddin. HR.

“Dibalik Satu Kesulitan Ada Dua Kemudahan Yang Menyertainya”
(Semoga Wabah Covid-19  Segera Berlalu)

“Karena sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan, sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan” (QS. Al-Insyiroh (94): 5-6)

Bahwasanya kesulitan yang terjadi pada seorang mu’min di dunia pasti baginya ada kemudahan di dunia dan kemudahan di akhirat. (Tafsir As-Showie, Juz. IV. hal. 330)

Pada suatu hari Nabi صلى الله عليه وسلم
Keluar dalam keadaan bergembira sambil tertawa, dan Beliau bersabda:
“Tidak akan bisa mengalahkan satu kesulitan akan dua kemudahan, tidak akan bisa mengalahkan satu kesulitan akan dua kemudahan.” (HR. Ibnu Jarir dari Al-Hasan)

Kesulitan dengan adanya wabah virus corona yang saat ini sedang terjadi, jangan membuat kita berputus asa dan berburuk sangka. Mari kita selalu bersikap optimis dengan penuh harap terhadap kemudahan yang telah Allah janjikan, sehingga kita berharap wabah Corona Virus Disease 2019 ( Covid-19 ) ini segera berlalu. Sebagaimana yang diungkapkan oleh sebagian penya’ir:

– Maka janganlah kamu berputus asa apabila kamu menghadapi kesulitan pada suatu hari# Sungguh kamu telah memperoleh kemudahan pada masa yang cukup lama.

– Maka sungguh janganlah kamu berburuk sangka dengan Tuhan-mu # Sesungguhnya Allah lebih utama dengan kebaikan.

– Maka sesungguhnya kesulitan diiringi dengan kemudahan # Dan Firman Allah lebih benar-benar nya sesuatu yang diucapkan. (Tafsir As-Showie. Juz. IV. hal. 330)

Sahabat-Sahabat رحمكم الله

Rasa optimisme akan segera berlalunya wabah virus corona covid-19 ini harus selalu kita tanamkan. Sebagaimana yang telah diingatkan oleh Nabi صلى الله عليه وسلم
Dengan sabdanya:
“Seandainya datang kesulitan dan masuk kesebuah lubang, maka pasti akan datang kemudahan untuk mengeluarkannya.” (HR. Abu Bakar Al-Bazari dari Annas bin Malik)

Disamping terus kita ikuti petunjuk pemerintah dan anjuran medis sebagai ikhtiyar lahiriyah untuk memutus mata rantai penyebaran  Covid-19 ini, kita juga harus terus bersungguh-sungguh untuk banyak bordo’a dan memohon pertolongan Allah سبحانه وتعالى
Terutama selepas sholat lima waktu yang kita tunaikan;
“Maka apabila kamu telah selesai (dari sesuatu urusan), kerjakanlah dengan sungguh-sungguh (urusan) yang lain, dan hanya kepada Tuhanmulah hendaknya kamu berharap.” (QS. Al-Insyiroh (94): 7-8)

Yakni: “Apabila kamu telah selesai dari sholatmu, maka bersungguh-sungguhlah kamu dalam berdo’a, dan mintalah hajatmu kepada-Nya.” (Tafsir Wajiz)

“Semoga Allah سبحانه وتعالى Selalu Melindungi Dan Menyelamatkan Kita Dan Keluarga Kita Semua Dari Segala Kesulitan Dan Dari Wabah Penyakit Virus Corona Yang Sedang Menimpa, Dan Semoga Allah سبحانه وتعالى Segera Menurunkan Pertolongan Dan Kemudahan-Nya Sehingga Wabah Covid-19  Ini Segera Berlalu.

امين يارب العالمين

والله اعلم بالصواب

اللهم صل وسلم وبارك على سيدنا محمد وعلى ال سيدنا محمد
اللهم صل وسلم وبارك على سيدنا محمد وعلى ال سيدنا محمد
اللهم صل وسلم وبارك على سيدنا محمد وعلى ال سيدنا محمد
Semoga Bermanfa’at. Editor #Hasan*69

Check Also

penyerahan sertifikat tanah untuk pembangunan asrama haji

Keterangan Foto : Kabid PHU Kementerian Agama Kantor Wilayah Provinsi Banten H. Machdum Bachtiar Didampingi …