DOA PADA ACARA SOSIALISASI PENGUATAN MODERASI BERAGAMA TAHUN 2022

KEMENAG KOTA TANGERANG NEWS. Kepala Kantor Urusan Agama ( KUA ) Neglasari H. Muhamad Arif, MA, membacakan Doa pada acara Sosialisasi Penguatan Moderasi Beragama dan Implementasi Tahun Kerukunan 2022 yang diselenggarakan  kantor Kementerian Agama Kota Tangerang Provinsi Banten. Senin, ( 11/04/2022 ) Bertempat di Narita Hotel. Jalan KH. Hasyim Ashari,  No.63-65, RT.006/RW.010, Kec. Cipondoh, Kota Tangerang, 

TEKS DOA PADA ACARA SOSIALISASI PENGUATAN MODERASI BERAGAMA DAN IMPLEMENTASI TAHUN KERUKUNAN 2022 KEMENAG KOTA TANGERANG

BASMALAH, SHOLAWAT, HAMDALAH

YA ALLAH, YA RAHMAAN, YA RAHIIM
PADA KESEMPATAN DIBULAN SUCI RAMDHAN YANG PENUH BERKAH INI SERTA DALAM SUASANA IBADAH PUASA YANG SEDANG DIJALANI, SYUKUR ALHAMDULILLAAH PADA HARI INI SENIN TANGGAL 11 APRIL 2022, KAMI DAPAT BERKUMPUL DI HOTEL NARITA KOTA TANGERANG DALAM ACARA SOSIALISASI PENGUATAN MODERASI BERAGAMA DAN IMPLEMENTASI TAHUN TOLERANSI 2022 BAGI APARAT SIPIL NEGARA KEMENTERIAN AGAMA KOTA TANGERANG. SEMOGA KIRANYA ACARA INI DAPAT BERJALAN DENGAN LANCAR DAN SENANTIASA DALAM CUCURAN RAHMAT, KASIH SAYANG DAN RIDHOMU.
YA ALLAH TUHAN YANG MAHA BIJAKSANA
SEBAGAI LANGKAH PASTI DARI SEKIAN PROGRAM PRIORITAS KEMENTERIAN AGAMA REPUBLIK INDONESIA YANG MESTI DIJALANKAN ADALAH PROGRAM MODERASI BERAGAMA, DIMANA MELALUI PROGRAM DIMAKSUD DIHARAPKAN AGAR SETIAP DIRI INSAN KEMENTERIAN AGAMA, JUGA ORANG LAIN,TERMASUK SETIAP WARGANEGARA, MEMILIKI SIKAP DAN CARA PANDANG YANG MODERAT DALAM BERAGAMA,SELALU BERSIKAP TOLERAN SERTA MENGHARGAI PERBEDAAN YANG DALAM BAHASA ISLAM ADALAH SUATU SIKAP DAN PANDANGAN YANG TIDAK BERLEBIHAN, TIDAK EXSTRIM, DAN TIDAK PULA RADIKAL.
OLEH KARENA ITU YA ALLAH, GUNA MENGAWAL DAN MEWUJUDKAN SALAH SATU PROGRAM PRIORITAS TERSEBUT SERTA DENGAN TETAP PULA KAMI MENYADARI BAHWA BETAPA MASIH SANGAT MINIMNYA ILMU YANG KAMI MILIKI,LEBIH LAGI PRILAKU AKHLAK KAMI YANG MASIH JAUH DARI SEMPURNA, DITAMBAH PULA SIFAT EGOIS DAN EMOSI YANG TIDAK JARANG DAN BAHKAN SERING TERPUTUS DARI TALI SIMPULNYA DIBANDINGKAN RASA DAN PERASAAN DIRI YANG SEHARUSNYA TERTANCAP KUAT DALAM JIWA SANUBARI, MAKA DENGAN KESADARAN ITU DAN AGAR TERWUJUDNYA PROGRAM MODERASI BERAGAMA, KAMI MEMOHONNKEHADIRAT_MU:”TAMBAHKANLAH KEPADA KAMI ILMU PENGETAHUAN YANG MUMPUNI, BERIKAN KEPADA KAMI KETABAHAN, KESABARAN DAN KEKUATAN TEKAD, SERTA TANAMKAN RASA EMPATI PADA JIWA KAMI, SEHINGGA DALAM SETIAP MELANGKAH, DIRI INI BENAR_BENAR TELAH DIHIASI KEJERNIHAN DALAM BERFIKIR, RENDAH HATI DALAM BERSIKAP, LAPANG DADA DAN TERBUKA DALAM MENYIKAPI PERBEDAAN SERTA DAPAT MEMBERIKAN MANFAAT DAN MASLAHAT BAGI ORANG LAIN.

YA ALLAH TUHAN PENYATU PARA HAMBA

TERWUJUDNYA MODERASI BERAGAMA , TENTU SAJA BERIMPLIKASI BAGI TERJALINNYA KERUKUNAN DALAM HIDUP DAN KEHIDUPAN BERBANGSA DAN BERNEGARA. WUJUD DARI KERUKUNAN ITU SENDIRI ADALAH DITANDAI DENGAN ADANYA “KESATUAN HATI” ANTARA SESAMA ANAK BANGSA YANG DIIMPLEMENTASIKAN DALAM KESADARAN UNTUK HIDUP BERDAMPINGAN SECARA BERSAMA DALAM MASYARAKAT DAN BERSEFAKAT UNTUK TIDAK MENCIPTAKAN PERSELISIHAN MAUPUN PERTENTANGAN.
PERKARA PENYATUAN HATI DAN JUGA PERKARA MENGHILANGKAN ATAU MENUTUP SAMA SEKALI PERSELISIHAN MAUPUN PERTENTANGAN, BUKANLAH PERKARA YANG MUDAH, KARENA HAL TERSEBUT TELAH ENGKAU INFORMASIKAN KEPADA KAMI MELALUI KALAM_MU YANG MULYA:” BAHWA SEANDAINYA KAMU WAHAI MANUSIA, MENCURAHKAN SEGALA DAYA DAN KEMAMPUANMU ATAU ENGKAU PERGUNAKAN DUNIA DAN SEMUA ISINYA UNTUK MENYATUKAN HATI MANUSIA, PASTILAH KAMU TIDAK AKAN MAMPU MENYATUKANNYA.
TETAPI SEKALIPUN DEMIKIAN YA ALLAH, SEBAGAI ORANG YANG BERIMAN, KAMI TIDAK AKAN BERPUTUS ASA ATAS SANGAT LUASNYA SAMUDERA RAHMATT_MU. OLEH KARENANYA YA ALLAH, DENGAN MENYANDARKAN DIRI KAMI KEPADA RAHMAT_MU ITU, MAKA KAMI MEMOHON KEHADIRAT_MU:” SATUKANLAH HATI INSAN KEMENTERIAN AGAMA, DAN HATI SELURUH ANAK BANGSA DALAM SATU KESADARAN UNTUK TETAP TERUS MERAJUT PERSAUDARAAN DAN KESADARAN UNTUK BANGKIT BERSAMA MENUJU MASA DEPAN INDONESIA MAJU DAN TOLERAN SERTA RUKUN DALAM KERAGAMAN, SEHINGGA MASYARAKAT INDONESIA BISA DAN TERBIASA HIDUP DALAM KEBERSAMAAN SEKALIPUN BANYAK PERBEDAAN
KIRANYA KABULKAN DOA DAN PINTA KAMI.
RABBANA ATINA FIDDUNYA HASANAH WAFIL AKHIROTI HASANAH WA QINA ADZAABANNAAR
WAL HAMDULILLAAHIROBBIL ‘ALAMIIN.

Kontributor : H. Muhamad Arif
Editor         : #Hasan*69

Check Also

SUKSESKAN MTQ XII TINGKAT KOTA TANGERANG

Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Tangerang Drs. H. Samsudin, MM., Beserta Jajaran Menghimbau Kepada Seluruh …