FATWA MUI TENTANG SHALAT IDUL FITRI SAAT PANDEMI COVID-19

Keterangan Foto: Kepala Kantor Kemenag kota Tangerang H. Badri Hasun ( Tengah )  mengikuti Rapat Fatwa MUI Tentang Shalat Idul Fitri Saat Pandemi Covid-19.

KOTA TANGERANG – KEMENAG. Kepala kantor Kemenag kota Tangerang H. Badri Hasun bersama Kasie Bimas Islam menghadiri Ratas ( Rapat terbatas )  Fatwa Majlis Ulama Indonesia ( MUI )  tentang Shalat Idul Fitri Saat Pandemi Coronavirus Disease 19 ( Covid-19 ) Ratas digelar di gedung MUI kota Tangerang Jalan Satria Sudirman No.1 kota Tangerang Senin, ( 18/05/2020 )

Agenda pembahasan rapat mengenai Fatwa Majlis Ulama Indonesia Nomor : 28 Tahun 2020 Tentang Panduan Kaifiat Takbir dan Shalat Idul Fitri Saat Pandemi Covid-19. Sebahagian dari isi Fatwa tersebut.

  1. Shalat Idul Fitri boleh dilaksanakan dengan cara berjamaah di tanah lapang, Masjid, Mushalla atau tempat lain bagi umat Islam yang : (a) Berada di kawasan yang sudah terkendali pada saat 1 Syawal 1441 H, yang slah satunya ditandai dengan angka penularan menunjukan kecenderungan menurun dan kebijakan pelonggaran aktifitas sosial yang memungkinkan terjadinya kerumunan berdasarkan ahli yang kredibel dan amanah ( b ) berada di kawan terkendali atau kawasan yang bebas Covid-19 dan diyakini tidak terdapat penularan ( seperti di kawasan pedesaan atau perumahan terbatas yang homogen, tidak ada yang terkena Covid-19 dan tidak ada keluar masuk orang )
  2. Shalat Idul fitri boleh dilaksanakan di rumah dengan berjamaah bersama anggota keluarga atau secara sendiri ( munfarid ), terutama yang berada di kawasan penyebaran Covid-19 yang belum terkendali
  3. Pelaksanaan Shalat Idul fitri, baik di masjid maupun di rumah harus tetap melaksanakan protokol kesehatan dan mencegah terjadinya potensi penularan, antara lain dengan memperpendek bacaan shalat dan pelaksanaan khutbah.

Berdasarkan hasil rapat bahwa  dua Masjid yang ada di wilayah   kota Tangerang yaitu Masjid Raya Al-Azom Jalan Satria Sudirman No. 1 kota Tangerang dan Masjid Agung Al-Ittihad Jalan Kisamaun No. 1 kota Tangerang tidak diselenggarakan Shalat Idul Fitri Tahun 1441 H.

Apabila hendak melaksanakan shalat Idul Fitri harus berkoordinasi dengan MUI Kecamatan dan Kapolsek setempat. Baca Surat Edaran MUI Kota Tangerang 66…SURAT EDARAN MUI TENTANG SHOLAT IDUL FITRI (1)

Rapat dihadiri oleh Kepala kantor Kemenag kota Tangerang, Dewan Pertimbangan MUI kota Tangerang, Pengurus Harian MUI kota Tangerang, Komisi Fatwa MUI kota Tangerang, Kapolres Metro Tangerang kota, Dandim 0506, Asisten Ekbangkesra kota Tangerang, Kadis Kesehatan kota Tangerang, Ketua DMI kota Tangerang, Kadis Komunikasi dan Informatika kota Tangerang, Kabag Kesra kota Tangerang, Ketua PCNU kota Tangerang, Ketua PP Muhammadiyah kota Tangerang

Kegiatan rapat sesuai dengan protokol kesehatan  panduan Covid-19. #Hasan*69

 

 

 

Check Also

penyerahan sertifikat tanah untuk pembangunan asrama haji

Keterangan Foto : Kabid PHU Kementerian Agama Kantor Wilayah Provinsi Banten H. Machdum Bachtiar Didampingi …