FKUB DIALOG DENGAN ASN KEMENAG

DIALOG KEMENAGKOTA TANGERANG – INMAS. FKUB Kota Tangerang menyelenggarakan dialog dengan Aparatur Sipil Negara ( ASN ) kantor Kemenag Kota Tangerang dan Tokoh Agama. Kegiatan dilaksanakan Senin, ( 10/09 ). Digelar di Aula Kantor Kemenag Kota Tangerang Jalan Perintis Kemerdekaan 2 Babakan Kota Tangerang.

Acara dialog dibagi dalam Dua sesi yaitu sesi Satu dan sesi Dua. Sesi Satu diisi oleh Dua Narasumber  yaitu Hasanuddin , SE selaku Wakil Sekretaris FKUB Kota Tangerang dan Rojali, SH sebagai Wakil Ketua FKUB Kota Tangerang. Dialog dipandu oleh KH. Sadjiran Tarmidzie, SH. Anggota FKUB Kota Tangerang.

Sedangkan Narasumber sesi Dua adalah Drs. H. Dedi Mahfudin, M. Si, Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Tangerang, menyajikan materi dengan judul  “Kebijakan Pemerintah Dalam Mewujudkan Kerukunan Antar Umat Beragama di Kota Tangerang.

Pada dialog sesi Satu Hasanuddin menyampaikan BAB IV. tentang Pendirian Rumah Ibadat Pasal 14 (1) dan (2). Sedangkan Rojali, SH membahas tentang Aspek Hukum Pendirian rumah Ibadat.

Lebih lanjut Hasan mengatakan bahwa Pendirian rumah ibadat harus memenuhi persyaratan administratif dan persyaratan teknis bangunan gedung. Selain memenuhi persyaratan sebagaimana dimaksud pendirian rumah ibadat harus memenuhi persyaratan khusus meliputi Daftar nama dan Kartu Tanda Penduduk pengguna rumah ibadat paling sedikit 90 orang yang disahkan oleh pejabat setempat sesuai dengan tingkat batas wilayah. Dukungan masyarakat setempat paling sedikit 60 orang yang disahkan oleh lurah/kepala desa.  Rekomendasi tertulis kepala kantor departemen agama kabupaten/kota; dan rekomendasi tertulis FKUB kabupaten/kota.

Acara dialog dibuka oleh Ketua FKUB Kota Tangerang Drs. KH. Amin Munawar, MA. Dalam sambutannya Ketua FKUB Kota Tangerang mengatakan kemajemukan bangsa Indonesia merupakan kekayaan yang tiada ternilai, suku bangsa, budaya dan agama merupakan bagian dari khazanah bangsa. Sehingga diperlukan kebijakan strategis yang dapat menciptakan dan memelihara kerukunan umat beragama guna mewujudkan masyarakat Indonesia khususnya kota Tangerang Provinsi Banten yang aman, damai, maju. sejahtera dan bersatu

Pada kata sambutan  Ketu Panitia Pelaksana kegiatan Dialog Pemeliharaan Kerukunan Pdt. MP. T. Harmanto mengatakan bahwa kegiatan ini adalah agenda rutin FKUB Kota Tangerang. Tahun 2018 FKUB Kota Tangerang sudah melaksanakan 3 kegiatan Sosialisasi. Kegiatan Sosialisasi yang pertama dilaksanakan di Aula Kelurahan Cipondoh Makmur, yang Kedua dilaksanakan di Gedung MUI Kota Tangerang dan yang ketiga di Aula Santo Agustinus Karawaci.

Sedangkan hari ini ( Senin, 10/09 red ) melaksanakan kegiatan Dialog di Aula kantor  Kantor Kemenag Kota Tangerang, selanjutnya akan dilaksanakan di Universitas Budhi Dharma dan Polres Metro Tangerang ( tunggu konfirmasi )

Hadir pada acara tersebut para Kepala KUA, para Kepala Madrasah dan wakil Kepala Madrasah, Para Pengawas baik itu pengawas Madrasah maupun pengawas Pais, Para Penyuluh Agama Islam, Pelaksana pada kantor Kemenag Kota Tangerang dan Tokoh Agama.

Suasana dialog berkesan santai dan penuh keakraban. Acara ditutup oleh Sekretaris FKUB Kota Tangerang Musbir  Ibrahim, SH. MH. #Hasan*69

Check Also

KEGIATAN PELATIHAN MANAJEMEN PERKANTORAN TEROTOMASI RESMI DITUTUP

KEMENAG KOTA TANGERANG NEWS. Kasubbag Tata Usaha kantor Kementerian Agama kota Tangerang H. Samsudin secara …