GUBERNUR BANTEN RESMI MEMBUKA MTQ XVI DI KOTA TANGERANG

MTQ XVI 1KOTA TANGERANG-KEMENAG. Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) XVI Tingkat Provinsi Banten resmi dibuka oleh Gubernur Banten H. Wahidin Halim pada Senin, 25 Maret 2019. Acara berlangsung megah dan meriah, tak kalah dengan gegap gempita Asian Games 2018.

Berlokasi di Pusat Pemerintahan Kota Tangerang, MTQ XVI Tingkat Provinsi Banten dimeriahkan pertunjukan parade kafilah dari delapan kabupaten/kota se- Provinsi Banten, serta pagelaran seni dan budaya lainnya. Pembukaan dilaksanakan Senin, pukul 19.30 WIB.

Pembukaan MTQ XVI Tingkat Provinsi Banten diisi dengan pengibaran bendera Merah Putih yang diikuti oleh 112 Paskibraka Kota Tangerang 2018. Ada juga Marching Band yang diperkuat 70 personel, 50 pemain biola, 20 personel marawis, dan pertunjukan teatrikal sebanyak 50 personel. Total jumlah penampil mencapai 400 orang.

TQ XVIKemeriahan pembukaan MTQ XVI Tingkat Provinsi Banten menuai apresiasi dari Gubernur Banten Wahidin Halim. Tak kalah dengan penyelenggaraan Asian Games, kata Gubernur

Penyelenggaraan MTQ ini juga diharapkan Gubernur sebagai sarana pengingat setiap orang untuk gemar membaca Alquran.

“Dengan MTQ ini semoga kita jadi lebih sering membaca Alquran. Kegiatan kita saat ini sudah membawa kepada hedonisme. Teknologi sudah membawa kita jauh dari Alquran. Kita tidak  lagi mampu menjadikan ayat Alquran sebagai pedoman hidup keseharian. Kalau sudah ada bencana saja, baru kita sadar,” kata Gubernur, mengingatkan.

Di lokasi yang sama, Wali Kota Tangerang Arief Rachadiono Wismansyah selaku tuan rumah mengatakan, pembukaan MTQ pada tahun ini dibuat semegah mungkin untuk membedakan dengan penyelenggaraan tahun sebelumnya.

“Opening berjalan dengan baik. Semoga hingga akhir acara pelaksanaannya menggembirakan. Mari kita menjadi tuan rumah yang baik dalam menyambut dan melayani khalifah dari seluruh kabupaten/kota,” kata Wali Kota Tangerang

MTQ XVI 2Adapun tujuan penyelenggaraan MTQ XVI Tingkat Provinsi Banten ialah untuk memperkuat ukhuwah Islamiyah masyarakat Banten dalam menjaga keutuhan Indonesia.

“MTQ tidak saja menguatkan syiar ajaran Alquran, namun juga meneguhkan persatuan nasional dan ukhuwah Islamiyah, serta jalinan integritas antara pemerintah daerah lainnya

MTQ XVI  membangun Islam yang moderat dan dalam nuansa Negara Kesatuan Republik Indonesia ( NKRI )

Prof.Dr. H. Muhammadiyah Amin, M.Ag, Dirjen Bimas Islam sekaligus ketua LPTQ Nasional turut memberikan sambutan pada acara pembukaan.  Hadir pada acara pembukaan MTQ XVI Tingkat Provinsi Banten Kakanwil Kemenag Provinsi Banten H. Bazari Syam, Kabag Tata Usaha H. Lukman Hakim, para pejabat Eselon III dan IV.Kanwil Banten dan Para Kepala Kemenag Kab/Kota se- Provinsi Banten.  Sedangkan dari Kementerian Agama kota Tangerang hadir Kepala kantor Kemenag Kota Tangerang H. Dedi Mahfudin, Kasubbag Tata Usaha H. Samsudin dan Para Kasie dan Penyelenggara. #Hasan*69

Check Also

MENAG KELUARKAN EDARAN TERKAIT PANDUAN IBADAH RAMADHAN DAN IDUL FITRI 1 SYAWAL 1441 HDITENGAH PANDEMI WABAH COVID-19

KOTA TANGERANG – KEMENAG. Seiring dengan masih adanya pandemi Corona Virus Disease 2019 ( Covid-19 …