HINDARI KERUGIAN PENYESALAN DAN KEHINAAN

Secangkir ☕ Kopi Dhuha

Senin , 19 April 2021 M/ 07 Romadhon 1442 H.

Oleh :A. Hasanuddin. HR.

“Tiga Perkara Yang Disampaikan Malaikat Jibril Kepada Nabi Di Atas Mimbar”
(Upaya Menghindari Kerugian, Penyesalan Dan Kehinaan)

Dalam sebuah hadits shoheh di jelaskan:

“Bahwasanya Nabi صلى الله عليه وسلم
naik ke atas mimbar. Maka Nabi berkata; ” امين، امين، امين”.
Lalu ditanyakan (kepada Nabi) : “Wahai Rosulallah! Sesungguhnya engkau ketika naik ke atas mimbar mengucapkan : امين،امين، امين. (sebanyak 3x)?” Rosulullahpun menjawab: “Sesungguhnya malaikat Jibril mendatangiku, lalu Jibril berkata: “Siapa orang yang bertemu dengan bulan Romadhon dan dia tidak mendapatkan ampunan baginya maka dia akan masuk neraka. Mudah”an Allah menjauhkannya”. Ucapkanlah olehmu: امين. Maka aku ucapkan: امين.
“Dan siapa orang yang menjumpai kedua orang tuanya atau salah satu dari keduanya dan dia tidak berbakti kepada keduanya, kemudian dia mati maka dia akan masuk neraka. Mudah”an Allah menjauhkannya”. Ucapkanlah olehmu: امين. Maka aku mengucapkan: امين.
“Dan siapa orang yang disebut namamu di sisinya dan dia tidak bersholawat atasmu lalu dia mati maka dia akan masuk neraka. Mudah”an Allah menjauhkannya”. Ucapkanlah olehmu : امين. Maka aku mengucapkan: امين.” (HR.Ibnu Khuzaimah, Ibnu Hibban dan Thobroni dari Abi Hurairoh)

Dalam riwayat lain disebutkan: “Merugilah, menyesal lah dan hinalah seorang laki-laki yang disebutkan namaku di sisinya dan dia tidak bersholawat atasku. Merugilah, menyesal lah dan hinalah seorang laki-laki yang masuk atasnya bulan Romadhon kemudian bulan Romadhon itu berlalu sebelum dia mendapatkan ampunan baginya. Merugilah, menyesal lah dan hinalah seorang laki-laki yang menjumpai di sisinya kedua orang tuanya yang sudah lanjut usia kemudian kedua orang tuanya tidak bisa menyebabkan dia masuk ke surga”. (HR. Turmudzi dan Hakim dari Abi Hurairoh)

Sahabat-Sahabat Yang Di Rahmati Allah…………………………..!

Agar kita terhindar dari kerugian, penyesalan dan kehinaan dalam tiga perkara tersebut, maka mari kita berupaya dengan sungguh-sungguh:

1) Dibulan Romadhon ini dengan melaksanakan puasa dan melaksanakan ibadah sholat di malam harinya agar kita mendapatkan ampunan dari Allah تعالى:

“Siapa orang yang berpuasa di bulan Romadhon karena iman dan mengharap ridho Allah, maka Allah akan mengampuni baginya dosa-dosanya yang telah lalu.” (HR. Bukhori dan Muslim dari Abi Hurairoh)

“Siapa orang yang melaksanakan ibadah sholat pada malam hari di bulan Romadhon karena iman dan mengharap ridho Allah, maka diampuni baginya dosa-dosanya yang telah lalu.” (HR. Bukhori dan Muslim dari Abi Hurairoh)

2). Berbakti kepada kedua orang tua, dengan cara berbuat baik kepada keduanya dan tidak memutuskan hubungan dengan keduanya:

“Siapa orang yang berbakti kepada kedua orang tuanya maka keberuntunganlah baginya, Allah akan menambahkan (keberkahan) pada usianya.” (HR. Bukhori dalam kitab Adabil Mufrod dan Hakim dari Mu’adz bin Annas).

3). Memperbanyak bersholawat atas Rosulullah صلى الله عليه وسلم:

“Siapa orang yang bersholawat atasku satu kali, maka Allah akan bersholawat atasnya sepuluh kali, dan Allah akan menghapus darinya sepuluh kesalahan dan Allah akan meninggikan baginya sepuluh derajat.” (HR. Imam Ahmad, Nasa’i dan Hakim dari Annas)

“Mari Kita Isi Bulan Romadhon Mubarrok Ini Dengan Menjalani Puasa Serta Ibadah-Ibadah Lainya, Dan Dengan Berbakti Kepada Kedua Orang Tua Kita, Juga Dengan Banyak Bersholawat Atas Rosulullah, Agar Kita Memperoleh Ampunan Dari Allah تعالى Dan Limpahan Rahmat Serta Keberkahan-Nya, Juga Agar Kita Terhindar Dari Kerugian, Penyesalan Dan Kehinaan Di Dunia Dan Akhirat”

امين يارب العالمين

والله اعلم بالصواب

اللهم صل وسلم وبارك على سيدنا محمد وعلى ال سيدنا محمد
اللهم صل وسلم و بارك على سيدنا محمد وعلى ال سيدنا محمد
اللهم صل وسلم وبارك على سيدنا محمد وعلى ال سيدنا محمد

Semoga Bermanfa’at. Editor #Hasan*69

Check Also

MEMELIHARA KESELAMATAN JIWA

Secangkir ☕Kopi Duha Senin, 06 September 2021 M/ 28 Muharram 1443 H. Oleh : A. …