HORMATI DAN MULIAKANLAH GURUMU

Secangkir โ˜•Kopi Dhuha
(Edisi Khusus: Salam Ta’dzim Selalu Untuk Guru-Guruku Yang Mulia ๐Ÿ™๐Ÿ™๐Ÿ™)

Kamis, 26 Nopember 2020 M/ 11 R. Akhir 1442 H.

Oleh :A. Hasanuddin. HR.

” Guru-Guruku Yang Mulia! Engkau Adalah Sebaik-Baik Manusia Di Muka Bumi ”

(Salam Semangat Selalu Untuk Para Guru ๐Ÿ™๐Ÿ™๐Ÿ™)

Telah diriwayatkan bahwasanya di tanyakan kepada seorang raja agung Iskandar Dzul Qornain; ” Mengapa engkau lebih mengagungkan gurumu daripada ayahmu?” Iskandar Dzul Qornain menjawab: “Inilah sebaik-baiknya apa yang kamu tanyakan! Karena ayahku telah menurunkan aku dari langit ke bumi (dengan menjadi sebab aku dilahirkan) dan guruku telah mengangkat aku dari bumi ke langit (dengan menjadi sebab diriku mengenal Tuhan/Al-Ma’arif Ar-Robbaniyah).” (Kitab Ta’limul Muta’allim. hal. 17)

Telah diriwayatkan dari Ibnu Abbas ุฑุถูŠ ุงู„ู„ู‡ ุชุนุงู„ู‰ ุนู†ู‡ู…ุง. Ia berkata, aku telah mendengar Rosulullah ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู…
Bersabda: “Sebaik-baiknya manusia dan sebaik-baik nya orang yang berjalan di muka bumi adalah para guru (pengajar). Sesungguhnya ketika agama ini telah mulai usang dan lemah maka mereka semua memperbaharui dan menguatkannya kembali. Berilah mereka olehmu akan suatu pemberian, dan janganlah kamu jadikan mereka seperti para pekerja (buruh). Sesungguhnya seorang guru (pengajar) apabila ia berkata kepada seorang anak: ” Ucapkanlah olehmuย  ุจุณู… ุงู„ู„ู‡ ุงู„ุฑุญู…ู† ุงู„ุฑุญูŠู…”
Lalu anak itu mengucapkannya. Maka Allah tulis kebebasan bagi anak itu dan kebebasan bagi gurunya dan kebebasan bagi kedua orang tua anak itu dari neraka.” (Hadits dikutip dari kitab Hasyiyah Mukhtashor Abi Jamroh lil Bukhori. hal. 3)

“Mari Kita Muliakan Dan Hormati Selalu Guru-Guru Kita Yang Telah Amat Sangat Berjasa Mengangkat Derajat Kita. Dan Semoga Para Guru Tetap Semangat Selalu Dalam Berdakwah Untuk Meraih Predikat Manusia Terbaik Di Muka Bumi

Sahabat-Sahabat ุฑุญู…ูƒู… ุงู„ู„ู‡

Dalam sebuah hadits telah diriwayatkan dari Rosulullah ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู…
Bahwasanya Beliau telah bersabda:
“Sebaik-baiknya orang-orang tua adalah orang yang telah mengajarkanmu.” Hadits dikutip dari kitab Ta’limul Muta’allim. hal. 17)

“Mari Kita Muliakan Dan Hormati Guru-Guru Kita Dan Kita Do’akan Selalu; “Semoga Allah Selalu Menjaga Dan Melindungi Semua Guru-Guru Kita Yang Mulia, Selalu Melimpahkan Kasih Sayang-Nya, Kesehatan Dan Keselamatan Serta Keberkahan-Nya Untuk Beliau-Beliau Semua, Dan Membalas Semua Jasa-Jasa Beliau Dengan Sebaik-Baiknya Balasan” ุงู…ูŠู† ูŠุงุฑุจ ุงู„ุนุงู„ู…ูŠู†.
Dan Kita Juga Selalu Berharap Ridho Dan Keberkahan Do’a Dari Guru-Guru Kita Yang Mulia; Semoga Ilmu Yang Telah Kita Peroleh Dari Beliau-Beliau Menjadi Ilmu Yang Bermanfa’at Dan Barokah Di Dunia Dan Akhirat.”
ุฑุจ ูุงู†ูุนู†ุง ุจุจุฑูƒุชู‡ู… # ูˆุงู‡ุฏู†ุง ุงู„ุญุณู†ู‰ ุจุญุฑู…ุชู‡ู….
ูˆุงู…ุชู†ุง ูู‰ ุทุฑูŠู‚ุชู‡ู… # ูˆู…ุนุงูุงุฉ ู…ู† ุงู„ูุชู†.

ุงู…ูŠู† ูŠุงุฑุจ ุงู„ุนุงู„ู…ูŠู†

ูˆุงู„ู„ู‡ ุงุนู„ู… ุจุงู„ุตูˆุงุจ

ุงู„ู„ู‡ู… ุตู„ ูˆุณู„ู… ูˆุจุงุฑูƒ ุนู„ู‰ ุณูŠุฏู†ุง ู…ุญู…ุฏ ูˆุนู„ู‰ ุงู„ ุณูŠุฏู†ุง ู…ุญู…ุฏ
ุงู„ู„ู‡ู… ุตู„ ูˆุณู„ู… ูˆุจุงุฑูƒ ุนู„ู‰ ุณูŠุฏู†ุง ู…ุญู…ุฏ ูˆุนู„ู‰ ุงู„ ุณูŠุฏู†ุง ู…ุญู…ุฏ
ุงู„ู„ู‡ู… ุตู„ ูˆุณู„ู… ูˆุจุงุฑูƒ ุนู„ู‰ ุณูŠุฏู†ุง ู…ุญู…ุฏ ูˆุนู„ู‰ ุงู„ ุณูŠุฏู†ุง ู…ุญู…ุฏ

Semoga Bermanfa’at.
๐Ÿ™๐Ÿ™๐Ÿ™๐Ÿ™๐Ÿ™๐Ÿ™๐Ÿ™
Monggo Diseruput โ˜• Kopinya. Editor #hASAn*69

Check Also

MEMELIHARA KESELAMATAN JIWA

Secangkir โ˜•Kopi Duha Senin, 06 September 2021 M/ 28 Muharram 1443 H. Oleh : A. …