INDONESIA TANAH AIRKU

Secangkir ☕ Kopi Dhuha

Edisi Khusus Memperingati HUT Kemerdekaan RI Ke-77

Selasa, 16 Agustus 2022 M./ 18 Muharram 1444 H.

Oleh :A. Hasanuddin. HR.

“Indonesia Tanah Airku”
(Menanamkan Cinta Negeri Untuk Pulih Lebih Cepat Bangkit Lebih Kuat Menuju Indonesia Maju)

Tanah air menurut Al-Jurzani adalah: “Tempat kelahiran seseorang dan negeri tempat di mana dia tinggal.” (At-Ta’rifat. hal. 253)

Memiliki rasa Cinta terhadap tanah air (Hubbul Wathan) bagi segenap anak bangsa adalah salah satu hal yang dianjurkan dalam Islam. Bahkan menurut syeikh Isma’il Haqi; “Cinta tanah air adalah sebagian dari Iman
(حب الوطن من الايمان).”
(Tafsir Ruhul Bayan. Juz. 6. hal. 320.(Maktabah Syamilah))

Imam Ibnu Hajar ketika menjelaskan tentang hadits yang menerangkan cintanya Rosulullah صلى الله عليه وسلم
terhadap Madinah, beliau berkomentar: “Dan dalam hadits ini menunjukan atas keutamaan Madinah dan atas dianjurkannya (Masyru’iyah) Cinta tanah air dan memiliki rasa rindu dan sayang terhadap tanah air.” (Fathul Bari Syarah Bukhori. Juz. 3. hal. 621.(Maktabah Syamilah))

Sahabat-Sahabat
رحمكم الله

Ditengah masih terjadinya pandemi covid-19 yang melanda hampir seluruh negara di muka bumi ini, kita bangsa Indonesia pada tgl. 17 Agustus 2022 , akan merayakan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan yang ke 77, dengan mengusung tema; “Pulih Lebih Cepat Bangkit Lebih Kuat”. Tema ini diambil dengan harapan negeri ini bisa segera pulih dari akibat buruk peristiwa pandemi Covid-19 yang telah melanda selama dua tahun ini, dan mampu bangkit lebih kuat dalam menghadapi tantangan global menuju Indonesia Maju.

Salah satu upaya untuk mewujudkan keinginan tersebut adalah dengan menanamkan rasa Cinta Terhadap Tanah Air Yang Menjadi Negerinya pada hati setiap anak bangsa agar dapat bersatu, bersama-sama dan bergotong royong penuh semangat untuk membangun negeri.
Sebagaimana telah diungkapkan oleh sayyidina ‘Umar bin Khottob,
رضى الله تعالى عنه:

“Seandainya tidak ada rasa cinta terhadap tanah air, maka akan runtuhlah negeri yang rusak. Dengan sebab adanya rasa cinta tanah air maka dibangunlah (dimakmurkanlah) negeri-negeri.” (Tafsir Ruhul Bayan. Juz. 6. hal. 320).

“Dalam Memperingati HUT Kemerdekaan RI Ke 77, Mari Kita Tanamkan Rasa Cinta Tanah Air Untuk Mewujudkan Persatuan Dan Kesatuan Dalam Membangun Negeri Agar Pulih Lebih Cepat Bangkit Lebih Kuat Menuju Indonesia Maju.
Semoga Allah تعالى Selalu Melimpahkan Rahmat Dan Ridho- Nya Untuk Mewujudkan Harapan Dan Cita-Cita Kita Semua Dan Menjadikan Negeri Ini Menjadi Baldatun Thoyyibatun Wa Robbun Ghofur”
“امين يارب العالمين.”

“والله اعلم بالصواب.”

🇲🇨🇲🇨🇲🇨🇲🇨🇲🇨🇲🇨🇲🇨
“DIRGAHAYU REPUBLIK INDONESIA”
“SELAMAT HUT KEMERDEKAAN RI KE- 77. SEMOGA INDONESIA SEMAKIN MAJU DAN JAYA”
امين يارب العالمين

-اللهم صل وسلم وبارك على سيدنا محمد وعلى ال سيدنا محمد
-اللهم صل وسلم وبارك على سيدنا محمد وعلى ال سيدنا محمد
-اللهم صل وسلم وبارك على سيدنا محمد وعلى ال سيدنا محمد

Semoga Bermanfa’at.
🙏🙏🙏🙏🙏🙏🙏
Monggo Diseruput ☕ kopinya.😃😃😃🙏🙏🙏

Kontributor : Hasanuddin, HR

Editor : #Hasan*69

Check Also

MENGINGAT PEDIHNYA NERAKA DAN NIKMATNYA SURGA

Secangkir ☕Kopi Duha Kamis, 04 Agustus 2022 M/ 06 Muharram 1444 H. Oleh :A. Hasanuddin. …