JANGAN LUPAKAN AHLI KUBUR

Secangkir ☕Kopi Dhuha

Senin, 24 Januari 2022 M/ 21 Jumadil Akhir 1443 H.

Oleh :A. Hasanuddin. HR.

“Setiap Malam Jum’at…”

(Jangan Melupakan Ahli Kubur )

‘Umar bin Abdul Aziz berkata dalam sebuah khutbahnya: “Sesungguhnya kamu telah diciptakan untuk hidup kekal, tetapi kamu berpindah dari satu desa (tempat) menuju desa (tempat) yang lain” (Tanwierul Qulub. hal. 45)

Salah satu tempat yang akan dituju oleh manusia adalah kehidupan alam Barzakh (alam kubur) setelah datangnya kematian. (Sabilul Adzkar wal I’tibar. hal. 51)

Alam Barzakh (alam kubur) adalah alam yang memisah antara (kehidupan) dunia dan akhirat. (Is’adur Rofiq. Juz. I. hal. 29)

Seluruh ahli kubur hidup dalam kehidupan alam Barzakhnya, mereka bisa mengetahui, mengerti, mendengar, melihat dan mengenal orang-orang yang datang berziarah kepadanya dalam kehidupan alam Barzakhnya… (Tanwierul Qulub. hal. 415)

Telah diriwayatkan dari Ibnu ‘Abbas رضى الله عنهما:
“Apabila telah datang hari raya (‘Ied) dan yaumul ‘usyri dan hari Jum’at yang pertama di bulan Rajab dan malam Nishfu Sya’ban dan setiap malam Jum’at, keluarlah orang-orang yang telah meninggal dari kubur-kubur mereka dan berdiri di depan pintu-pintu rumah mereka sambil berkata; ” Kasihilah kami pada malam ini dengan (hadiah pahala) bersedekah meskipun dengan (sedekah) sesuap roti. Sesungguhnya kami sangat membutuhkannya.” Apabila mereka tidak mendapatkan sesuatu (pahala yang dihadiahkan untuk mereka), maka mereka akan kembali (ke kubur mereka) dengan kesedihan. (Ad-Durorul Hisan lil As-Suyuthi. hal. 14)

Sahabat-Sahabat رحمكم الله

Karena itu, janganlah melupakan ahli kubur dengan mendo’akan mereka, memohon ampunan untuk mereka, dan bershodaqoh yang pahalanya dihadiahkan untuk mereka meskipun hanya setiap malam Jum’at sekali, (Sabilul Adzkar wal I’tibar. hal. 58)

Telah diriwayatkan dari Nabi صلى الله عليه وسلم:

“Bersedekahlah kamu atas dirimu dan atas orang-orang yang telah meninggal dari (keluarga) kamu meskipun dengan sepinuman (segelas) air, maka apabila kamu tidak mampu melakukan sedekah seperti itu, maka dengan (menghadiahkan pahala) bacaan ayat-ayat dari kitab Allah تعالى, apabila kamu tidak bisa membaca Al-Qur’an, maka do’akanlah mereka dengan memohonkan ampunan dan rahmat untuk mereka. Sesungguhnya Allah telah berjanji kepadamu untuk mengabulkan do’a.” (Tanqiehul Qaul, Syeikh Nawawie Al-Bantani. hal. 28)

رب فانفعنا ببركتهم #
واهدنا الحسنى بحرمتهم.
وامتنا فى طريقتهم #
ومعافاة من الفتن.

امين يارب العالمين🤲🤲🤲

والله اعلم بالصواب

اللهم صل وسلم وبارك على سيدنا محمد وعلى ال سيدنا محمد
اللهم صل وسلم وبارك على سيدنا محمد وعلى ال سيدنا محمد
اللهم صل وسلم وبارك على سيدنا محمد وعلى ال سيدنا محمد

Semoga Bermanfa’at.
🙏🙏🙏🙏🙏🙏🙏
Monggo Diseruput ☕ Kopinya 😀😀😀🙏🙏🙏

editor. #Hasan*69

Check Also

KEMENAG KOTA TANGERANG SALURKAN BANTUAN KORBAN GEMPA CIANJUR

KEMENAG KOTA TANGERANG NEWS. Kantor Kementerian Agama kota Tangerang Salurkan Bantuan Korban Gempa Cianjur. Hal …