JANGAN MELAKNAT ORANG

Jum’at, 11 September 2020 M/ 23 Muharram 1442 H.

Oleh :A. Hasanuddin. HR.

“Jangan Suka Melaknati Orang Lain Karena Bisa Menjadi Senjata Makan Tuan”

Salah satu nasehat yang disampaikan oleh sayid Abdullah bin ‘Alawy Al-Haddad adalah; “Jagalah dirimu dari melaknati terhadap seorang muslim, atau terhadap binatang, atau terhadap seorang khodim (pelayan) atau terhadap seseorang secara tertentu meskipun dia orang kafir.” (Risalah Al-Mu’awanah. hal. 29)

Karena bisa saja laknat itu akan menjadi senjata makan tuan yang kembali terhadap dirinya sendiri. Dalam sebuah hadits diriwayatkan:
“Sesungguhnya seorang hamba apabila melaknati akan sesuatu, maka naiklah laknat itu ke langit. Maka tertutuplah pintu-pintu langit dari arahnya. Kemudian laknat itu turun ke bumi. Maka tertutuplah pintu-pintu bumi dari arahnya. Kemudian laknat itu berbelok ke arah kiri dan ke arah kanan, maka apabila laknat itu tidak menemukan tempat keluar, kembalilah laknat itu kepada orang yang dilaknati kalau orang itu pantas untuk di laknati. Apabila dia tidak pantas untuk dilaknati, maka laknat itu kembali kepada orang yang mengucapkannya.” (HR. Abu Daud dari Abu Darda)

Imam Syafi’i mengatakan:
” Jagalah lisanmu wahai manusia # jangan sampai lisan menggigitmu karena sesungguhnya dia ular (berbisa).” (Muroqil ‘Ubudiyah. hal. 64)

“Mari Kita Jaga Lisan Kita Dari Melaknati Orang Lain, Agar Tidak Menjadi Senjata Makan Tuannya Sendiri”

Sahabat-Sahabat
رحمكم الله

Dalam sebuah hadits dijelaskan:
“Dikatakan kepada Rosulullah
صلى الله عليه وسلم
Wahai Rosulullah! Do’akan lah (dengan do’a keburukan) atas orang-orang Musyrik! Nabipun menjawab; “Aku tidaklah diutus untuk menjadi orang yang suka melaknati. Sesungguhnya aku diutus untuk menjadi rahmat (menebar kasih sayang).” (HR. Muslim dari Abi Hurairoh)

Dan dalam hadits lain dijelaskan:
“Bukanlah seorang mu’min (yang sempurna) orang yang suka memaki (orang lain), dan bukan pula (seorang mu’min yang sempurna) orang yang suka melaknati (orang lain)…” (HR. Turmudzi dari Ibnu Mas’ud)

“Semoga Allah Selalu Melimpahkan Rahmat, Taufiq Dan Hidayah-Nya Kepada Kita Semua Sehingga Kita Bisa Selalu Menjaga Ucapan Kita Agar Terhindar Dari Keburukan”

امين يارب العالمين

والله اعلم بالصواب

اللهم صل وسلم وبارك على سيدنا محمد وعلى ال سيدنا محمد
اللهم صل وسلم وبارك على سيدنا محمد وعلى ال سيدنا محمد
اللهم صل وسلم وبارك على سيدنا محمد وعلى ال سيدنا محمد

Semoga Bermanfa’at. eDITOR #HASAN*69

Check Also

penyerahan sertifikat tanah untuk pembangunan asrama haji

Keterangan Foto : Kabid PHU Kementerian Agama Kantor Wilayah Provinsi Banten H. Machdum Bachtiar Didampingi …