KAKANKEMENAG MEMBUKA BIMBINGAN MANASIK HAJI TINGKAT KOTA

BIMSIK 2017 ( 1 )KOTA TANGERANG – Inmas. Kota Tangerang Provinsi Banten menyelenggarakan bimbingan manasik haji  Tingkat Kota diikuti sebanyak 1778 orang yang akan diberangkatkan ke tanah suci Mekkah tahun 1438H/2017M.

“Para calon haji ini terbagi dalam enam Kelompok Terbang,” kata Mudini selaku Kasie Penyelenggraaan Haji dan Umroh ( PHU ) Kementerian Agama Kantor Kota Tangerang dalam sambutan persiapan bimbingan manasik haji.

Menurut Mudini, enam kelompok terbang tersebut yakni Kloter 2 JKG dengan jumlah jemaah 388 orang, Kloter 15 JKG dengan 388 orang, Kloter 36 JKG  terdiri  388 orang, Kloter  41 tercatat 388 orang, Kloter 57 JKG terdata 190 orang dan Kloter 62 JKG  hanya 36 orang.

Kepala Kantor Kemenag Kota Tangerang Dedi Mahfudin membuka Bimbingan manasik haji tingkat Kota Tangerang Sabtu ( 08/07 ) Bertempat di Masjid Al-Ittihad Jl. Kisamaun No. 1 kota Tangerang.

“Semoga jemaah calon haji Kota Tangerang selalu diberikan kesehatan, kemudahan-kemudahan dan kepahaman dalam mengikuti kegiatan manasik haji. Pergi dan pulang dengan selamat serta membawa haji Mabrur.” Ungkapnya”.

Hari ini saya mendapat mandat dari dua pejabat yang pertama dari Walikota Tangerang ( disposisi ke Wakil Walikota) dan yang kedua dari Kakanwil Kemenag Provinsi Banten untuk membuka Bimsik hari ini. Mereka tidak dapat membuka acara ini dikarenakan sesuatu hal yang tidak bisa diwakilkan.

BIMSIK 2017( 2 )Tujuan dari diadakannya bimbingan manasik haji adalah untuk mempermudah calon jemaah haji dalam memahami tentang ibadah haji baik secara teoritis maupun praktis sehingga diharapkan menjadi calon jemaah haji yang mandiri dapat melaksanakan ibadah haji dengan baik dan benar. Kegiatan bimbingan manasik Tingkat Kota Tangerang berlangsung selama dua hari, hari pertama kegiatan teoritis  dan hari kedua kegiatan praktis.

Jemaah calon haji Kota Tangerang terbagi dalam enam Kelompok Terbang ( Kloter ) Tergabung dalam dua gelombang. Gelombang satu terdiri dari dua Kloter sedangkan gelombang dua berjumlah Empat Kloter. Gelombang Satu ke Madinah dulu baru ke Mekkah sedangkan gelombang dua langsung ke Mekkah baru ke Madinah. Tidak ada keistimewaan khusus antara gelombang satu dan dua.

Semua pasilitas yang bapak-ibu dapatkan hari ini bersumber dari Penyelenggaraan Anggaran Operasional Haji ( PAOH ) “Imbuhnya”.

Dalam Undang-Undang No. 13 tahun 2008 Tentang Penyelenggaraan Ibadah Haji Pasal 1 Ayat 2. Penyelenggaraan ibadah haji adalah rangkaian kegiatan pengelolaan pelaksanaan ibadah haji yang meliputi pembinaan, pelayanan dan perlindungan jemaah haji. Melalui UU No. 13 tahun 2008 Dedi berharap agar jemaah calon  haji Kota Tangerang menjadi jemaah calon haji yang mandiri.BIMSIK 2017 (3 )

Saat ini bimbingan manasik haji diberikan sebanyak 10 kali, rinciannya sebanyak delapan kali manasik digelar di KUA Kecamatan dan dua kali di tingkat Kabupaten/Kota. , #Hasan*69.

Check Also

PERUBAHAN PELUNASAN BPIH REGULER TH 2020

KOTA TANGERANG – KEMENAG. Pelunasan Biaya Perjalan Haji Reguler Tahun 1441H/2020M diperpanjang,  mengacu pada Press …