KEISTIMEWAAN BULAN RAJAB

Secangkir ☕ Kopi Dhuha

Sabtu, 27 Februari 2021 M./ 15 Rajab 1442 H.

Oleh :A. Hasanuddin. HR.

“Bulan Rajab Dalam Pandangan ‘Ulama”
(Mengisi Dan Memaknai Bulan Rajab Yang Mulia)

Bulan Rajab adalah salah satu dari empat (4) bulan yang mulia (Asyhurul Hurum). (HR. Bukhori dari Abi Bakroh)

Para ‘ulama memberikan pandangan tersendiri dalam memaknai bulan Rajab yang mulia ini melalui ungkapan mereka masing-masing, diantaranya:

-Bulan Rajab adalah bulan untuk meninggalkan perangai yang kasar (hati yang keras), bulan Sya’ban adalah bulan untuk beramal dan menyempurnakannya dan bulan Romadhon adalah bulan kejujuran dan kejernihan hati.

– Bulan Rajab adalah bulan untuk bertaubat, bulan Sya’ban adalah bulan cinta dan kasih sayang (Mahabbah), dan bulan Romadhon adalah bulan untuk mendekatkan diri kepada Allah (bertaqorrub).

– Bulan Rajab adalah bulan kemuliaan, bulan Sya’ban adalah bulan khidmah (melayani) dan bulan Romadhon adalah bulan ni’mat (kesenangan)

– Bulan Rajab adalah bulan ibadah, bulan Sya’ban adalah bulan menjauhkan diri dari kesenangan duniawi dan bulan Romadhon adalah bulan tambahan (pahala).

– Bulan Rajab adalah bulan yang Allah lipat gandakan di dalamnya (pahala) kebaikan, bulan Sya’ban adalah bulan di hapuskannya (dosa) keburukan dan bulan Romadhon adalah bulan menanti kemuliaan.

Berkata Dzun Nun Al-Mishry: “Bulan Rajab adalah bulan untuk meninggalkan perkara yang bisa menimbulkan kerusakan, bulan Sya’ban adalah bulan untuk berbuat ke ta’atan dan bulan Romadhon adalah bulan untuk menanti kemuliaan. Siapa orang yang tidak meninggalkan perbuatan kerusakan, dan tidak berbuat ke ta’atan dan tidak menanti kemuliaan maka dia termasuk golongan orang yang tenggelam dalam hal yang tidak berguna.”

Beliau juga berkata: “Bulan Rajab adalah bulan untuk menanam, bulan Sya’ban adalah bulan untuk menyirami, dan bulan Romadhon adalah bulan untuk memetik hasilnya. Dan setiap orang akan memetik apa yang telah dia tanam.” (Al-Guniyyah. hal. 289)

Sahabat-Sahabat رحمكم الله

Demikianlah para ‘ulama memaknai bulan Rajab yang mulia ini, agar bulan ini memiliki arti dalam kehidupan;

“Ya Allah! Limpahkanlah keberkahan kepada kami di bulan Rajab ini dan bulan Sya’ban, dan sampaikanlah kami kebulan Romadhon.” (HR. dari Anas dalam kitab Hilyatul Auliya/Al-Adzkar An-Nawawiyah. hal. 171-172)

“Mari Kita Isi Dan Maknai Bulan Rajab Yang Mulia Ini Dengan Menanam Berbagai Ragam Kebaikan Dan Meninggalkan Aktifitas Keburukan Yang Bisa Menimbulkan Kerusakan, Agar Kita Bisa Memperoleh Limpahan Ampunan Dan Pahala Yang Berlipat Ganda Serta Keberkahan.”

“امين يارب العالمين.”

“والله اعلم بالصواب.”

-اللهم صل وسلم وبارك على سيدنا محمد وعلى ال سيدنا محمد
-اللهم صل وسلم وبارك على سيدنا محمد وعلى ال سيدنا محمد
-اللهم صل وسلم وبارك على سيدنا محمد وعلى ال سيدنا محمد

Semoga Bermanfa’at.
🙏🙏🙏🙏🙏🙏🙏

eDITOR #hASAN*69

Check Also

penyerahan sertifikat tanah untuk pembangunan asrama haji

Keterangan Foto : Kabid PHU Kementerian Agama Kantor Wilayah Provinsi Banten H. Machdum Bachtiar Didampingi …