KEMENAG KOTA TANGERANG GELAR UPACARA HARI LAHIR PANCASILA

HARLAH PANCASILA 1KOTA TANGERANG – KEMENAG. Kementerian Agama kantor kota Tangerang pagi ini menggelar Upacara Bendera Memperingati Hari Lahir Pancasila. Upacara digelar di Lapangan Madrasah Tsanawiyah ( MTsN ) 01 Kota Tangerang  Jalan Perintis Kemerdekaan IIc No.2 Kota Tangerang

Upacara dimulai pada pukul 7.30 WIB Sabtu ( 01/06/2019 ). Upacara dipimpin oleh Kepala kantor Kementerian Agama kota Tangerang H. Dedi Mahfudin. Komandan Upacara H. Asipi MAN 1 Kota Tangerang. Pasukan Pengibar Bendera MAN 2 Kota Tangerang terdiri dari Pembawa Baki  Khairunissa Lubis, D. Tasya.  Pembentang  Reynaldi Dwi Rafly. M. Danton Prayoga baihaki. Penggerak M.Prayoga Yudho Wicaksono, Pagar Kanan Winda Putri, Pagar Tengah Dewi Y Putri dan Vita Nurkhadijah Liani  Pagar Kiri. Kepala kantor membacakan teks Pancasila dan Amanat dari Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila ( BPIP )

HARLAH 2“Pancasila mampu menyatukan kita semua sebagai satu bangsa dan hidup dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia ( NKRI )

Kondisi geografis yang memposisikan wilayah Indonesia sebagai negara kepulauan makin memperkokoh konsep keyakinan akan “Tanah Air Indonesia” bahwa kita sebagai bangsa memiliki ruang hidup tanah air sebagai satu kesatuan.

Seperti dalam konsep Wawasan Nusantara, di Nusantara tumbuh Flora dan Fauna yang beragam. Demikian pula secara Antropologis dan Sosiologis keberagaman ras, etnis dan agama, kepercayaan dan budaya sudah ada sejak masa pra aksara hingga sekarang. Kita hidup dalam keberagaman.

HARLAH PANCASILA 2Pancasila sebagai dasar Negara, Ideologi Negara dan pandangan hidup bangsa yang digali oleh para pendiri bangsa ini merupakan suatu anugerah yang tiada tara dari Tuhan Yang Maha Esa. Walaupun kita belum sempurna merealisasikan nilai –nilai Pancasila akan tetapi bangsa ini dapat bertahan berkat Pancasila

Pancasila sebagai suatu keyakinan dan pendirian yang asasi harus terus diperjuangkan. Keberagaman kondisi Gegrafis, Flora dan Fauna hingga aspek Antropologis dan Sosiologis masyarakat hanya dapat dirajut dalam bingkai kebangsaan yang inklusif. Proses internalisasi sekaligus pengamalan nilai-nilai Pancasila harus dilakukan dan diperjuangkan secara terus menerus. Pancasila harus tertanam dalam hati yang suci dan diamalkan dalam kehidupan sehari-hari.

HARLAH PANCASILA 5Berkat Pancasila yang berkelindan dengan nilai-nilai inklusivitas, toleransi dan gotong royong keberagaman yang ada menjadi suatu berkah. Berkat Pancasila sebagai bintang penuntun keberagaman yang ada dapat dirajut menjadi identitas Nasional dalam wadah dan slogan “Bhineka Tunggal Ika”

Dalam konteks itulah pesan Presiden Jokwi bahwa memperingati dan merayakan hari kelahiran Pancasila setiap tanggal 1 Juni merupakan suatu keniscayaan. Pertama kita berusaha mengenang dan merefleksikan momentum sejarah dimana pendiri bangsa berhasil menggali nilai-nilai fundamental bangsa Indonesia sebagai dasar negara sehingga bangsa Nusantara yang beragam dapat bersatu dan menyatu sebagai satu bangsa. Sebagai bangsa besar kita tidak akan meninggalkan sejarah, apa yang oleh Bung Karno pernah disebut “JAS MERAH”

HARLAH PANCASILA 3Kedua dengan merayakan hari kelahiran Pancasila kita bangun kebersamaan dan harapan untuk menyongsong kehidupan berbangsa dan bernegara yang lebih baik. Pancasila sebagai “leitstars dinamis”, bintang penuntun mengandung visi dan misi negara yang memberikan orientasi, arah perjuangan dan pembangunan bangsa ke depan. Sebagai energi positif bangsa, Pancasila terus memberikan harapan untuk masa depan, khususnya dalam merealisasi visi dan misi bangsa Indonesia

Sebagai bangsa yang inklusif dan tidak chauvinis diperlukan pengelolaan unit kultural dan unit politik secara dialektis. Maksudnya keberagaman yang ada secara alami dan kultural harus dikelola dan dikembangkan untuk membangun “Tamansari Kebudayaan” yang memungkinkan semua mahluk hidup tumbuh ssuai dengan ekosistem yang sehat. Pancasila adalah rumah kita semua.

HARLAH PANCASILA 4Melalui peringatan hari kelahiran Pancasila 1 Juni 2019, Pancasila perlu dijadikan sumber inspirasi “poltik harapan” dalam kehidupan berbngsa dan bernegara. Kita harus tetap konsisten merealisasikan Pancasila sebagi Dasar Negara, Ideologi Negara dan Pandangan Hidup. Kita realisasikan tatanan kehidupan bermasyarakat dengan rukun, damai, adil dalam kemakmuran dan makmur dalam keadilan. Kita Indonesia, Kita Pancasila

Ditempat yang sama kepala kantor juga mengajak kepada seluruh ASN kantor Kementerian Agama kota Tangerang agar selalu setia pada Pancasila dan Negara Kesatuan Republik Indonesia ( NKRI ) Beliau juga berpesan kepada ASN yang akan melakukan mudik lebaran agar berhati-hati dalam perjalanan, semoga selamat sampai tujuan dan jangan lupa tanggal 10 Juni harus sudah masuk kantor”Pesannya. #Hasan*69

Check Also

KEGIATAN PELATIHAN MANAJEMEN PERKANTORAN TEROTOMASI RESMI DITUTUP

KEMENAG KOTA TANGERANG NEWS. Kasubbag Tata Usaha kantor Kementerian Agama kota Tangerang H. Samsudin secara …