KEPALA KANTOR MEMBUKA ACARA WAWASAN KEBANGSAAN BAGI GURU MADRASAH

KEMENAG KOTA TANGERANG NEWS. Pembangunan bidang  agama sangat penting sesuai dengan Visi Misi Kementerian Agama yaitu “Terwujudnya masyarakat Indonesia yang taat beragama, rukun, cerdas dan sejahtera lahir batin dalam rangka mewujudkan Indonesia yang berdaulat, mandiri dan berkepribadian berdasarkan gotong royong” hal itu diungkapkan oleh kepala kantor Kemenag kota Tangerang H. Badri Hasun saat membuka acara Wawasan Kebangsaan Bagi Guru Madrasah yang diselenggarakan oleh Balai Diklat Keagamaan Jakarta.

Kegiatan digelar Senin, ( 17/05/2021 ) di Aula kantor Kemenag kota Tangerang Jalan Perintis Kemerdekaan 2 Babakan kota Tangerang. Kegiatan dilaksanakan dengan tetap memperhatikan Protokol Kesehatan dan dihadiri 30 orang guru madrasah lingkup kota Tangerang

Lebih lanjut kepala kantor mengatakan ada Empat indikator tentang moderasi baragama yaitu komitmen kebangsaan, Toleransi, anti kekerasan dan akomodatif terhadap kebudayaan lokal.

Toleransi dapat dimaknai sebagai kemampuan setiap orang untuk bersabar dan menahan diri terhadap hal-hal yang tidak sejalan dengannya.

Dengan adanya sikap toleransi, konflik dan perpecahan antarindividu maupun kelompok tidak akan terjadi. Banyak orang menyebut toleransi sebagai kunci utama perdamaian yang patut dijaga.

Hal tersebut penting untuk diperhatikan mengingat bangsa Indonesia mempunyai latar belakang perbedaan yang beragam, mulai keyakian, suku, ras, hingga warna kulit.

Saya begitu dikejutkan dengan teror bom. Bom bunuh diri yang terjadi di gerbang Gereja Katedral Makassar, Sulawesi Selatan”Imbuhnya

Saya pernah usulkan ke pengawas agar mata pelajaran yang diajarkan oleh guru PAI rujukannya harus jelas dan dapat dipertanggungjawabkan dan harus ada pertemuan sedikitnya sebulan sekali, sebab saya pernah mendengar pada acara kegiatan pusat bahwa guru kita masih minim perihal wawasan kebangsaan.

Saat ini banyak aliran dan budaya  yang masuk ke daerah kita selama budaya itu tidak bertentangan dengan agama harus kita lestarikan. Sebab apabila kita meninggalkan adat kebiasaan akan bertentangan dengan budaya lokal

Sebagai tenaga pendidik apalagi guru Madrasah mari kita sebarkan Islam yang rahmatan lil alamin.

Menurut informasi yang kami dapat dari M. Nasrul selaku penanggungjawab kegiatan, bahwa kegiatan wawasan kebangsaan bagi guru madrasah dilaksanakan selama Enam hari #Hasan*69

 

Check Also

KEGIATAN PELATIHAN MANAJEMEN PERKANTORAN TEROTOMASI RESMI DITUTUP

KEMENAG KOTA TANGERANG NEWS. Kasubbag Tata Usaha kantor Kementerian Agama kota Tangerang H. Samsudin secara …