KEPALA KANTOR MEMBUKA SOSIALISASI ZAKAT PROFESI BAGI GURU MADRASAH

SOSIALISASI ZAK PROFKOTA TANGERANG – INMAS. Unit Pengumpul Zakat ( UPZ ) kantor Kementerian Agama Kota Tangerang bekerjasama dengan Baznas Kota Tangerang menyelenggarakan Sosialisasi Zakat Profesi  Bagi ASN Madrasah Negeri Se- Kota Tangerang. Kegiatan digelar di Aula Kantor Kemenag Kota Tangerang Jalan Perintis Kemerdekaan 2 Babakan Kota Tangerang

Saya angkat di diklat Pim III Proper ( Proyek Perubahan ) peningkatan perolehan zakat ASN di Kota Tangerang. Bukan hanya ASN kemenag kota Tangerang saja tapi mencakup seluruh ASN yang ada dikota dengan Julukan Akhlakul Karimah. Proper yang saya buat hasilnya sangat memuaskan, ini berkat kerjasama Baznas dan Penyelenggara Syariah Kantor Kemenag Kota Tangerang. Hal itu diungkapakan kepala kantor Kemenag Kota tangerang H. Dedi Mahfudin dalam acara Sosialisasi Zakat Profesi  Bagi ASN Madrasah Negeri Se- Kota Tangerang. Kamis, ( 04/10 )

Bahkan Kakanwil Kemenag Provinsi Banten mengajak kepada seluruh kepala kantor kemenag Kab/Kota yang ada di Provinsi Banten untuk melakukan hal seperti ini. “Imbuhnya

Zakat sebenarnya bukan hal baru. Sebab Indonesia sudah memiliki UU No.23 Tahun 2011 UU tentang Pengelolaan Zakat. Dari UU itu, lahir Peraturan Pemerintah (PP) No.14 Tahun 2014 tentang pelaksanaan UU No. 23 Tahun 2011. Lalu ada Instruksi Presiden ( Inpres ) No.3 Tahun 2014 tentang Optimalisasi Pengumpulan Zakat Di Kementerian/Lembaga, Sekretariat Jenderal Lembaga Negara, Sekretariat Jenderal Komisi Negara, Pemerintah Daerah, Badan Usaha Milik Negara, Badan Usaha Milik Daerah Melalui Badan Amil Zakat Nasional.

Ada juga Peraturan Menteri Agama (PMA) No.52 Tahun 2014 tentang Syarat dan Tata Cara Penghitungan Zakat Mal dan Zakat Fitrah serta Pendayagunaan Zakat Untuk Usaha Produktif.

Seperti pelaksanaan ibadah haji misalnya, negara ikut memfasilitasi. Dalam hal puasa, negara juga memfasilitasi warganya untuk tahu kapan memulai dan mengakhirinya. Demikian halnya dengan zakat, yang mewajibkan adalah agama.

Sebagai kepala kantor saya punya kewajiban untuk mengajak seluruh ASN kemenag kantor kota Tangerang agar membayar zakat profesi  pada UPZ kemenag Kota Tangerang

Untuk membayar Zakat Profesi tidak ada kewajiban, apalagi paksaan. Bagi ASN yang keberatan gaji nya disisipkan sebagai zakat, bisa menyatakan keberatannya. Sebagaimana ASN yang akan disisipkan penghasilannya sebagai zakat, juga harus menyatakan kesediaannya.

Jadi ada akad, tidak serta merta bendahara memotong atau menghimpun zakat profesi ASN kemenag kota Tangerang”Terangnya

Pengaturan soal tata cara penghitungan zakat mal telah diatur melalui Peraturan Menteri Agama ( PMA ) No, 52 Tahun 2014. Pada Pasal 26 ayat (1) dan (2) PMA No. 52 Tahun 2014 disebutkan nisab zakat pendapatan senilai 653 Kg gabah atau 524 Kg beras. Ukuran zakat pendapatan dan jasa sebesar 2,5%.

Sedangkan menurut Keputusan Ketua Baznas Nomor 142 Tahun 2017 tentang nilai Nishab Zakat Pendapatan atau Profesi diseluruh Wilayah Indonesia Nishab Rp 5.240.000, kadar zakat 2,5%. #Hasan*69

Check Also

KEGIATAN PELATIHAN MANAJEMEN PERKANTORAN TEROTOMASI RESMI DITUTUP

KEMENAG KOTA TANGERANG NEWS. Kasubbag Tata Usaha kantor Kementerian Agama kota Tangerang H. Samsudin secara …