KEUTAMAAN KIAI DAN SANTRI

Secangkir ☕Kopi Dhuha

Jum’at, 22 Oktober 2021 M/ 15. R. Awal 1443 H.

Oleh :A. Hasanuddin. HR.

“Mari Mengaji Dengan Kiai Agar Kita Bisa Memperoleh Syafa’atnya”

( Keutamaan Kiai Dan Santri)

Majlis Ta’lim tempat para Kiai mengajarkan santrinya mengaji dan belajar tentang ilmu pengetahuan Agama di muka bumi ini, digambarkan akan menjadi sebuah pertamanan surga di akhIrat kelak.

Dalam sebuah hadits, Rosulullah صلى الله عليه وسلم
bersabda kepada para sahabatnya:

“Apabila kamu berjumpa dengan pertamanan surga, maka bersenang-senanglah kamu. Para sahabat bertanya: “Apa itu pertamanan surga (di dunia) ya Rosulullah?” Nabipun menjawab: “Perkumpulan Dzikir”. (HR. Imam Ahmad dan Turmudzi dari Anas Bin Malik)

Menurut imam Atho’ : “Perkumpulan dzikir itu adalah majlis yang mengajarkan tentang perkara yang halal dan haram. Majlis yang mengajarkan bagaimana cara membeli dan menjual (sesuai syari’at), majlis yang mengajarkan bagaimana tatacara sholat, tatacara berpuasa, tatacara melaksanakan ibadah haji, tatacara menikah tatacara cerai dan hukum-hukum agama lainnya.” (Kifayatul Akhyar. Juz. I. hal. 2)

Telah diriwayatkan dari Abi Ja’far dengan sanadnya:
“Bahwasanya Nabi صلى الله عليه وسلم.
Masuk kedalam masjid, Beliau melihat ada dua majlis. Pada salah satu majlis itu ada orang-orang yang sedang berdzikir kepada Allah, dan majlis yang lain sedang belajar ilmu fiqih (hukum agama). Maka Nabi صلى الله عليه وسلم pun bersabda: “Kedua majlis ini berada dalam kebaikan. Dan salah satu dari keduanya lebih utama dari yang lainnya. Maka adapun ini (majlis dzikir) mereka berdo’a kepada Allah, kalau Allah berkehendak maka Allah akan memberikan permohonan mereka, dan kalau Allah berkehendak pula maka Allah tidak memberikan permohonan mereka. Dan adapun yang ini (majlis fiqih) mereka sedang belajar ilmu dan mengajarkan ilmu kepada orang yang belum tahu. Dan sesungguhnya aku diutus sebagai pengajar, maka inilah majlis yang lebih utama, kemudia Beliau duduk bersama mereka (di majlis fiqih).” (Tanbihul Ghofilin. hal. 154 / Ihya ‘Ulumuddin. Juz. I. hal. 21)

Dalam sebuah riwayat dari Anas bin Malik dikatakan:
“Siapa orang yang suka untuk melihat kepada orang-orang yang dibebaskan oleh Allah dari neraka, maka sebaiknya dia memandang kepada orang-orang yang belajar (Santri)…” (Tanbihul Ghofilin. hal. 154)

Sahabat-Sahabat رحمكم الله

Salah satu keistimewaan Kiai dan Santri adalah mereka bisa memberi syafa’at nanti di hari kiamat.

Diriwayatkan dalam hadits Marfu’:
“Bahwasanya Allah Ta’ala berfirman kepada orang ‘alim (Kiai) : “Berikanlah olehmu syafa’at pada murid-muridmu meskipun jumlah mereka mencapai bilangan bintang-bintang (di langit)”.

Dan juga telah diriwayatkan dari Malik bin Dinar secara marfu’:
“Siapa orang yang membantu orang yang mencari ilmu (santri), maka Allah berikan buku catatan amalnya dari sebelah kanan nya. Dan siapa orang yang mencintai orang yang mencari ilmu maka sungguh dia telah mencintai para Nabi, dan siapa orang yang mencintai para Nabi maka dia akan bersama mereka. Dan siapa orang yang membenci orang yang mencari ilmu maka dia telah membenci para Nabi, dan siapa orang yang membenci para Nabi maka balasannya adalah neraka Jahannam. Dan sesungguhnya bagi orang yang mencari ilmu ada syafa’at seperti syafa’atnya para Nabi…” (Is’adur Rofiq. Juz. I. hal. 39)

“Mari Kita Mengaji Dengan Kiai Agar Kita Bisa Mendapatkan Syafa’atnya Dan Bisa Memperoleh Keutamaan Para Pencari Ilmu (Menjadi Santri) Serta Di Bebaskan Oleh Allah Dari Neraka Dan Dimasukkan Kedalam Surga-Nya”.

امين يارب العالمين

والله اعلم بالصواب

اللهم صل وسلم وبارك على سيدنا محمد وعلى ال سيدنا محمد
اللهم صل وسلم وبارك على سيدنا محمد وعلى ال سيدنا محمد
اللهم صل وسلم وبارك على سيدنا محمد وعلى ال سيدنا محمد

Selamat Memperingati Hari Santri Nasional

22 Oktober 2021 M.

“Santri Siaga Jiwa Dan Raga”

Semoga Bermanfa’at.
🙏🙏🙏🙏🙏🙏🙏
Monggo Diseruput ☕ Kopinya 😀😀😀🙏🙏🙏

Editor #hASAN*69

Check Also

RAPAT KOORDINASI PERSIAPAN PEMBERANGKATAN JEMAAH HAJI KOTA TANGERANG TAHUN 2022

KEMENAG KOTA TANGERANG NEWS. Pada tahun 2022 Pemerintah Indonesia memastikan akan memberangkatkan jemaah haji Indonesia …