MARHABAN YAA RAMADHAN

Kultum Hari Ke-3 Disampaikan oleh : Drs. H. Arsyad, M. Pd, Kasie  Pendidikan Agama Islam

KULTUM HARI KE-3Bulan Ramadhan bulan yang dipenuhi dengan berbagai macam keberkahan dan keutamaan. Marilah kita sambut kedatangannya, menghormatinya sebagai mana menghormati tamu. Sebab Rasulullah SAW telah bersabda :

Artinya : “Jika ummatku mengetahui nilai-nilai yang terkandung di dalamnya, pasti mereka berkeinginan supaya semua bulan dalam setahun terdiri dari Bulan Ramadhan seluruhnya”.

Hal itu disampaikan H. Arsyad saat memberikan Kultum Hari Ke-4 Rabu, ( 08/05 ) Bertempat di Masjid Asy-Syifa Jalan Perintis Kemerdekan 2 Babakan kota Tangerang

Marhaban Ya Ramadhan, selamat datang Ramadhan. Engkau adalah tamu kami yang agung. Engkau datang membawa berkah bagi kami. Kami bahagai dengan kedatanganmu. Kami bangga karena dengan kehadiranmu ruhani kami menjadi tersirami.

Inilah bulan ketika kita diundang menjadi tamu Allah dan dimuliakan oleh-Nya. Di bulan ini nafas kita menjadi tasbih, tidurpun bernilai ibadah, amal-amal ibadah kita insya Allah diterima, permohonan dan doa kita diijabah. Mari bersihkan diri, sucikan hati, raih kemenangan dalam indahnya Ramadhan.

Terlalu sayang kalau kita lewatkan hikmah dan keutamaan Bulan Suci Ramadhan, apalagi hukumnya wajib bagi ummat Islam demi terciptanya kesempurnaan keimanan dan ketaqwaan kepada sang Kholik, sebagaimana telah disebutkan di dalam Al Quran Surat Al-Baqarah ayat 183 :

Artinya“Wahai orang-orang yang beriman diwajibkan atas kamu sekalian berpuasa, sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu sekalian menjadi orang-orang yang bertaqwa”.

Dari ayat ini terbaca jelas bahwasanya Allah hanya mewajibkan puasa pada orang- orang yang beriman,tidak kepada seluruh kaum muslim maupun seluruh manusia. Dengan satu makna penutup, yakni menuju hakikat takwa. Dari ayat ini tampak bahwa kewajiban ibadah puasa merupakan wujud nyata keimanan seorang hamba, sekaligus Allah akan memberikan pahala langsung terhadap orang-orang beriman yang berpuasa. Lantas faktanya memang kita lihat tidak semua orang Islam mau melaksanakan ibadah puasa, artinya memang puasa merupakan ibadah panggilan bagi orang-orang beriman.

Ramadhan, kaulah bulan yang penuh barakah, karena kehadiranmu pintu surga dibuka selebar-lebarnya dan karenamu jua pintu neraka ditutup serapat-rapatnya.

Ramadhan, karena engkaulah setan-setan dibelenggu. Karena kehadiranmu ada satu malam yang keutamaan beramal di dalamnya lebih baik daripada beramal seribu bulan di bulan lain, yakni malam Lailatul Qadr. #Hasan*69

Check Also

MENAG KELUARKAN EDARAN TERKAIT PANDUAN IBADAH RAMADHAN DAN IDUL FITRI 1 SYAWAL 1441 HDITENGAH PANDEMI WABAH COVID-19

KOTA TANGERANG – KEMENAG. Seiring dengan masih adanya pandemi Corona Virus Disease 2019 ( Covid-19 …