Marhaban Yaa Romadhon

Secangkir ☕ Kopi Dhuha
(Edisi Khusus Menyambut Kedatangan Bulan Suci Romadhon)

Senin , 12 April 2021 M/ 29 Sya’ban 1442 H.

Oleh :A. Hasanuddin. HR.

“Marhaban Yaa Romadhon!
(Sebuah Upaya Meraih Berkah, Rahmat Dan Ampunan Allah تعالى)

Telah diceritakan dari sebagian ahli ilmu, bahwasanya mereka telah berkata:

“Ditempat kami ada seorang laki-laki yang bernama Muhammad. Dan dia tidak lah melaksanakan sholat lima (5) waktu (dalam kesehariannya) kecuali dengan terpotong-potong (tidak sempurna lima waktu). Apabila masuk bulan Romadhon, maka dia menghiasi dirinya dengan berpakaian yang indah dan menggunakan wewangian, dan dia melaksanakan puasa Romadhon, dan dia melaksanakan sholat (lima waktu secara sempurna) dan dia meng-qodhoi- sholat fardhu yang telah ditinggalkannya (dalam kesehariannya di selain bulan Romadhon). Maka aku bertanya kepadanya tentang (perbuatannya) itu. Dia menjawab; “Bulan (Romadhon) ini adalah bulan bertaubat dan bulan penuh Rahmat dan bulan penuh Barokah. Mudah”an Allah mengampuni kesalahan dan dosaku dengan Anugerah-Nya.” Ketika dia meninggal maka aku melihatnya dalam mimpi. Maka aku bertanya kepadanya;”Apa yang sudah Allah lakukan terhadapmu?” Maka dia menjawab; “Allah telah mengampuni aku karena sebab kemuliaan bulan Romadhon.”
Mudah”an Allah mengampuni (dosa) kita dan seluruh kaum Muslimin. امين (Dikutip dari kitab Irsyadul ‘Ibad. hal. 45. Dan cerita ini juga dikutip dalam kitab Durratun Nashihin. hal. 8)

Dalam sebuah hadits dijelaskan:
“Apabila malam pertama dari bulan Romadhon telah tiba, maka di belenggulah syaithan-syaitan dan jin yang durhaka, dan di tutup pintu-pintu neraka, maka tidaklah dibuka satupun dari pintu-pintunya, dan dibukalah pintu-pintu surga, maka tidaklah ditutup satupun dari pintu-pintunya. Dan memangggil malaikat yang memanggil pada setiap malamnya;”Wahai para pencari kebaikan menghadaplah kamu (untuk berbuat kebaikan)! Dan Wahai para pelaku keburukan tinggalkanlah olehmu keburukan (dan bertaubatlah kamu)!” Dan bagi Allah terdapat orang-orang yang dibebaskan dari neraka. Dan yang demikian itu terjadi pada setiap malam (selama bulan Romadhon).” (HR. Ibnu Majah dari Abi Hurairoh dalam bab keutamaan bulan Romadhon. No. Hadits; 1642 ).

Sahabat-Sahabat رحمكم الله

Begitu istimewanya bulan Romadhon ini bagi umat Islam, sehingga bila Romadhon tiba, amirul mu’minin ‘Umar bin Khattab menyambutnya dengan ucapan:
مرحبا بالمطهر خير كله، صيام نهاره وقيام ليله، والنفقة فيه كالنفقة فى سبيل الله

“Selamat datang bulan yang mensucikan, bulan yang penuh dengan kebaikan. Berpuasa pada siang harinya, dan beribadah pada malam harinya, dan menafkahkan harta di dalamnya seperti menafkahkan harta di jalan Allah (fi sabilillah).” (Al-Ghuniyyah. hal. 319).

“Marhaban Yaa Romadhon! Mari Kita Sambut Kedatangan Bulan Berkah Ini Dengan Penuh Rasa Syukur Dan Gembira. Semoga Allah Selalu Melimpahkan Kesehatan, Ke’afiatan Dan Keselamatan Serta Taufiq Dan Hidayah-Nya Kepada Kita Dan Keluarga Kita Semua, Sehingga Kita Semua Bisa Melaksanakan Kewajiban Puasa Dan Ibadah Lainnya Serta Banyak Berbuat Kebaikan Di Bulan Agung Ini, Agar Kita Semua Bisa Meraih Keberkahan, Rahmat Dan Ampunan Allah تعالى.”

امين يارب العالمين

والله اعلم بالصواب

اللهم صل وسلم وبارك على سيدنا محمد وعلى ال سيدنا محمد
اللهم صل وسلم و بارك على سيدنا محمد وعلى ال سيدنا محمد
اللهم صل وسلم وبارك على سيدنا محمد وعلى ال سيدنا محمد

Semoga Bermanfa’at.
🙏🙏🙏🙏🙏🙏🙏
Editor#Hasan*69
NB:
Saya: A. Hasanuddin, HR. dan Keluarga mengucapkan:
“Selamat Menunaikan Ibadah Puasa Romadhon 1442 H.”
“Dan Mohon Ma’af Lahir Dan Batin Atas Semua Khilaf Dan Kesalahan Serta Bila Ada Hal Yang Tidak Berkenan Di Hati Dalam Secangkir ☕ Kopi Dhuha Yang Saya Sajikan” 🙏🙏🙏

Check Also

KEGIATAN PELATIHAN MANAJEMEN PERKANTORAN TEROTOMASI RESMI DITUTUP

KEMENAG KOTA TANGERANG NEWS. Kasubbag Tata Usaha kantor Kementerian Agama kota Tangerang H. Samsudin secara …