” Mari Kita Berangkat Jihad Ke Majlis Ilmu “

Secangkir ☕Kopi Dhuha

Jum’at, 18 Desember 2020 M/ 03. J. Ula 1442 H.

Oleh :A. Hasanuddin. HR.

” Mari Kita Berangkat Jihad Ke Majlis Ilmu “
(Keutamaan Menghadiri Majlis Pengajian)

Dalam sebuah hadits Rosulullah صلى الله عليه وسلم
telah bersabda:
“Siapa orang yang keluar dalam mencari ilmu, maka dia ( telah berjihad) di jalan Allah sehingga dia kembali pulang.” (HR. Turmudzi dan Adh-Dhiya dari Anas)

Al-Hafidz Al-Munawie menjelaskan maksud hadits tersebut: “Karena dalam mencari ilmu mengandung unsur menghidupkan agama, menghinakan syaitan dan memayahkan diri, sebagaimana terdapat dalam Jihad. Maka mencari ilmu di serupakan dengan berJihad” (Faidhul Qodir. Juz. VI, hal. 160)

Berkata Hasan Al-Bashriy رحمه الله تعالى:
“Aku tidak mengetahui sesuatu yang lebih utama daripada berjihad di jalan Allah kecuali adanya sesuatu itu adalah mencari ilmu. Maka sesungguhnya mencari ilmu itu lebih afdhol daripada berjihad di jalan Allah…” (Tanbihul Ghofilin. hal. 155)

Begitu besarnya pahala orang yang mencari ilmu dan menghadiri majlis-majlis pengajian, sehingga dalam sebuah hadits diriwayatkan:
“Siapa orang yang datang kematian atasnya padahal dia sedang mencari ilmu untuk menghidupkan agama Islam, maka antara dirinya dan para Anbiya (para Nabi) berada dalam satu derajat di surga.” (HR. Darimi dan Ibnu Sina dari Al-Hasan)

Telah berkata Ka’bul Akhbar رضي الله تعالى عنه:
“Seandainya pahala majlis-majlis ‘Ulama tampak bagi manusia, maka pasti mereka akan saling berebutan sampai hampir mau berperang (untuk mendapatkan) nya. Sehingga orang-orang yang memiliki jabatan/kedudukan akan meninggalkan jabatannya, dan setiap (pedagang) di pasar akan meninggalkan pasarnya.” (Ihya ‘Ulumuddin. Juz. I. hal. 413)

“Mari Kita Tetap Semangat Untuk Mencari Ilmu, Menghadiri Majlis-Majlis Pengajian Di Tengah Kesibukan Kita Masing-Masing, Dengan Niat Untuk Menghidupkan Agama, Sambil Tetap Menjaga Dan Mematuhi Prokes, Agar Kita Bisa Memperoleh Pahala Jihad Dijalan Allah Dan Balasan Pahala Yang Besar Di Sisi-Nya.

Sahabat-Sahabat رحمكم الله

Telah berkata Abu Darda رضى الله تعالى عنه:
“Siapa orang yang berpikir bahwasanya berangkat di waktu pagi hari untuk mencari ilmu itu bukan termasuk Jihad, maka sungguh telah berkurang pikiran dan akalnya.” ( Ihya ‘Ulumuddin. Juz. I. hal. 20)

“Dengan Berjihad Mencari Ilmu, Menghadiri Pengajian Dan Majlis-Majlis ‘Ulama, Dengan Niat Menghidupkan Agama, Sambil Tetap Menjaga Dan Mematuhi Prokes, Kita Berharap Semoga Agama Islam Semakin Maju Dan Berkembang Ke Seluruh Pelosok Nusantara Dengan Cara Yang Penuh Kedamaian.

امين يارب العالمين

والله اعلم بالصواب

اللهم صل وسلم وبارك على سيدنا محمد وعلى ال سيدنا محمد
اللهم صل وسلم وبارك على سيدنا محمد وعلى ال سيدنا محمد
اللهم صل وسلم وبارك على سيدنا محمد وعلى ال سيدنا محمد

Semoga Bermanfa’at.
🙏🙏🙏🙏🙏🙏🙏
#Editor. Hasan*69

Check Also

KEGIATAN PELATIHAN MANAJEMEN PERKANTORAN TEROTOMASI RESMI DITUTUP

KEMENAG KOTA TANGERANG NEWS. Kasubbag Tata Usaha kantor Kementerian Agama kota Tangerang H. Samsudin secara …