MEMELIHARA KESELAMATAN JIWA

Secangkir ☕Kopi Duha

Senin, 06 September 2021 M/ 28 Muharram 1443 H.

Oleh : A. Hasanuddin. HR.

“Dengan Menyelamatkan Satu Nyawa Manusia, Seakan-Akan Telah Menyelamatkan Seluruh Nyawa Manusia”

(Sebuah Apresiasi Untuk Para Nakes Dan Relawan Penanganan Covid-19)

Salah satu dari tujuan dasar syari’at Islam yang mulia adalah memelihara keselamatan jiwa (Hifdzu An-Nafs) (Rowa’i’ul Bayan, Tafsir Ayatul Ahkam. Juz. II. hal. 52)

Begitu pentingnya memelihara keselamatan jiwa ini dalam syari’at Islam, sehingga orang-orang yang berupaya dan berjuang untuk menyelamatkan kehidupan seseorang memperoleh penghargaan pahala yang begitu besar di sisi Allah تعالى:

“Barangsiapa memelihara kehidupan seorang manusia, maka seakan-akan dia telah memelihara kehidupan semua manusia.” (QS. Al-Ma’idah (5) : 32).

Meskipun ayat ini Allah tetapkan bagi kaum Bani Isra’il di dalam kitab Taurat, tapi ayat ini pun berlaku bagi umat Nabi Muhammad صلى الله عليه وسلم

Sulaiman bin ‘Ali Ar-Robi’iy bertanya kepada Al-Hasan: “Apakah ayat ini juga untuk kita wahai Abu Sa’id, sebagaimana untuk kaum Bani Isra’il?” Maka Al-Hasan menjawab: “Iyah! Demi Dzat Yang tidak ada Tuhan selain Dia. Sebagaimana ayat ini untuk kaum Bani Isra’il…” (Tafsir Ibnu Katsir. Juz. II. hal. 585)

Menurut imam Mujahid, yang dimaksud dengan memelihara kehidupan seorang manusia (ومن احياها) ya’ni; ” Menyelamatkannya dari tenggelam, atau kebakaran atau dari sesuatu yang bisa menyebabkan kematian seseorang.” (Tafsir Ibnu Katsir. Juz. II. hal. 585)

Syeikh Nawawie Al-Bantani, menafsirkan ayat tersebut dengan; “Yakni, siapa orang yang menyelamatkan satu jiwa dari perkara-perkara yang bisa menimbulkan kematian, seperti; (menyelamatkan) dari kebakaran, dari tenggelam, dari kelaparan yang melampaui batas, dan dari cuaca dingin dan panas yang juga melampaui batas” (Murohil Lubaid Tafsir An-Nawawie. Juz. I. hal. 201)

Menurut Ahmad As-Showie, tafsir ayat tersebut ialah: “Yakni, orang-orang yang menjadi sebab bagi tetapnya kehidupan jiwa seseorang, baik dengan cara mencegah orang yang akan membunuh orang itu dari membunuhnya, atau dengan cara memberi makan orang itu (yang kelaparan) dan menyelamatkan jiwa orang itu dari segala bentuk sebab yang bisa menimbulkan kematian.” (Hasyiyah As-Showie ‘ala Tafsir Jalalain. Juz. I. hal. 280)

Sahabat-Sahabat رحمكم الله

Ditengah terjadinya pandemi Covid-19 yang masih belum berakhir, dan sudah cukup banyak korban yang meninggal akibat terpapar Covid-19 ini, para Nakes dan Relawan penanganan Covid-19, menjadi garda terdepan untuk berjuang dan berupaya tanpa kenal waktu dan tanpa mengenal rasa lelah demi menyelamatkan nyawa rakyat negeri ini dari pandemi Covid-19.

Sudah selayaknya mereka mendapat apresiasi yang setinggi-tingginya atas jerih payah perjuangan dan upaya yang telah mereka lakukan demi menyelamat kan kehidupan manusia.

Mari teruslah semangat untuk berjuang dan berupaya wahai para Nakes dan Relawan penangangan Covid-19. Jerih payah saudara-saudara untuk menyelamatkan kehidupan seorang manusia begitu berharga nilainya di sisi Allah سبحانه و تعالى;
“Pahalanya Seakan-Akan Telah Memelihara Kehidupan Semua Manusia.”

“Semoga Allah Selalu Melimpahkan Perlindungan Dan Keselamatan-Nya Kepada Para Nakes Dan Relawan Penanganan Covid-19 Beserta Keluarga Mereka Dan Juga Kepada Kita Semua, Dan Semoga Pandemi Ini Segera Diangkat Dan Dihilangkan Oleh Allah سبحانه وتعالى, Sehingga Aktifitas Kehidupan Secara Normal Bisa Segera Kembali Terwujud Seperti Yang Kita Dambakan .”

امين يارب العالمين

والله اعلم بالصواب

-اللهم صل وسلم وبارك على سيدنا محمد وعلى ال سيدنا محمد
-اللهم صل وسلم وبارك على سيدنا محمد وعلى ال سيدنا محمد
-اللهم صل وسلم وبارك على سيدنا محمد وعلى ال سيدنا محمد

Semoga Bermanfa’at.
🙏🙏🙏🙏🙏🙏🙏

Monggo Diseruput ☕ kopinya 😃😃😃🙏🙏🙏

EDITOR#HASAN*69

Check Also

KEINDAHAN AL-QURAN

 Hasanudin Penyuluh: Secangkir ☕Kopi Duha Kamis, 26 Agustus 2021 M/ 17 Muharram 1443 H. Oleh …