MEMPERINGATI HUT RI KE-75

Secangkir ☕ Kopi Dhuha

Edisi Khusus Memperingati HUT RI Ke-75

Minggu, 16 Agustus 2020 M./ 26 Dzul Hijjah 1441 H.

Oleh :A. Hasanuddin. HR.

“Bersatu, Bekerja Keras Dan Nyata Membangun Indonesia Maju”
(Menanamkan Cinta Tanah Air Untuk Membangun Negeri)

Tanah air menurut Al-Jurzani adalah: “Tempat kelahiran seseorang dan negeri tempat di mana dia tinggal.” (At-Ta’rifat. hal. 253)

Memiliki rasa Cinta terhadap tanah air (Hubbul Wathan) bagi segenap anak bangsa adalah salah satu hal yang dianjurkan dalam Islam. Bahkan menurut syeikh Isma’il Haqi; “Cinta tanah air adalah sebagian dari Iman
(حب الوطن من الايمان).”
(Tafsir Ruhul Bayan. Juz. 6. hal. 320.(Maktabah Syamilah))

Imam Ibnu Hajar ketika menjelaskan tentang hadits yang menerangkan cintanya Rosulullah صلى الله عليه وسلم
terhadap Madinah, beliau berkomentar: “Dan dalam hadits ini menunjukan atas keutamaan Madinah dan atas dianjurkannya (Masyru’iyah) Cinta tanah air dan memiliki rasa rindu dan sayang terhadap tanah air.” (Fathul Bari Syarah Bukhori. Juz. 3. hal. 621.(Maktabah Syamilah))

Sayyidina ‘Umar bin Khottob,
رضى الله تعالى عنه
telah mengingatkan tentang pentingnya memiliki rasa cinta tanah air ini:
“Seandainya tidak ada rasa cinta terhadap tanah air, maka akan runtuhlah negeri yang rusak. Dengan sebab adanya rasa cinta tanah air maka dibangunlah (dimakmurkan) negeri-negeri.” (Tafsir Ruhul Bayan. Juz. 6. hal. 320).

Karena Itu, Mari Kita Tanamkan Rasa Cinta Tanah Air Untuk Membangun Jiwa Dan Badan Negeri Ini Menuju Indonesia Maju

Sahabat-Sahabat
رحمكم الله

Minimal ada dua modal utama yang harus dimiliki untuk mewujudkan sebuah pembangunan dan kemajuan yang diinginkan, yaitu:

1). Adanya Persatuan Dan Kesatuan Dalam Kebhinnekaan.

Ketika Rosulullah  صلى الله عليه وسلم
berada di Madinah, maka salah satu hal yang pertama kali beliau lakukan dalam menata kehidupan berbangsa adalah menjalin persatuan dan kesatuan di tengah keberagaman suku dan keyakinan, yang di tuangkan dalam “Piagam Madinah”:
“Sesungguhnya kaum Yahudi dari Bani ‘Auf adalah satu umat bersama kaum Mu’minin. Bagi kaum Yahudi agama mereka dan bagi kaum Muslimin agama mereka…” (Diringkas dari kitab Sirah Nabawiyah Ibnu Hisyam. Juz. III. hal. 31- 34. (Maktabah Syamilah))

Dalam sebuah hadits diriwayatkan:
“Persatuan (Al-Jama’ah) adalah rahmat dan bercerai-berai adalah adzab.” (HR. Abdullah dan Qodho’i dari Nu’man bin Bashir).

2). Bekerja Keras Dan Nyata, Jangan Berputus Asa.

Bekerja keras dan nyata dengan penuh semangat tanpa berputus asa, berbuat yang terbaik untuk membangun masa depan adalah bagian dari perintah agama:
“Seandainya kiamat akan tiba, dan di tangan salah seorang kamu ada bibit kurma, maka jika dia mampu untuk menanamnya sebelum kiamat terjadi maka tanamlah.” (HR. Bukhori dalam kitab Adabil Mufrod dari Anas).

Ibnu Jarir telah meriwayatkan dari ‘Amaroh bin Khuzaimah yang meriwayatkan perkataan sayidina ‘Umar kepada ayahnya : “Apa yang membuat kamu terhalang untuk menanami tanahmu?” Ayah saya menjawab: “Saya orang yang sudah sangat tua dan sebentar lagi akan mati.” Maka sayidina ‘Umar berkata kepada ayah saya: “Ku yakinkan kamu untuk menanaminya.” Sungguh saya melihat sayidina ‘Umar bin Khottob menanami tanah tersebut dengan tangannya bersama ayah saya.” (Silsilah Al-Hadits As-Shohihah. Juz. I. hal. 8 (Maktabah Syamilah))

“Dengan Semangat Cinta Tanah Air Dalam Memperingati HUT RI Ke- 75, Mari Kita Eratkan Persatuan Dan Kesatuan Sesama Anak Bangsa Di Tengah Ke Bhinnekaan Serta Bekerja Keras Dan Nyata Untuk Membangun Negeri Ini Menuju Indonesia Maju. Semoga Allah تعالى Meridhoi Cita-Cita Kita Dan Menjadikan Negeri Ini Menjadi Baldatun Thoyyibatun Wa Robbun Ghofur”
“امين يارب العالمين.”

“والله اعلم بالصواب.”

“DIRGAHAYU REPUBLIK INDONESIA”
“SELAMAT HUT RI KE- 75. SEMOGA INDONESIA MAJU DAN JAYA”
امين يارب العالمين

-اللهم صل وسلم وبارك على سيدنا محمد وعلى ال سيدنا محمد
-اللهم صل وسلم وبارك على سيدنا محمد وعلى ال سيدنا محمد
-اللهم صل وسلم وبارك على سيدنا محمد وعلى ال سيدنا محمد

Semoga Bermanfa’at.
🙏🙏🙏🙏🙏🙏🙏. eDITOR#hASAN*69

Check Also

penyerahan sertifikat tanah untuk pembangunan asrama haji

Keterangan Foto : Kabid PHU Kementerian Agama Kantor Wilayah Provinsi Banten H. Machdum Bachtiar Didampingi …