MENELADANI NASEHAT LUKMAN HAKIM

HARI IBUJum’at, 10 Januari 2020 M/ 14 Jumadil Awwal 1441 H.

Oleh :A. Hasanuddin. HR.

“Meneladani Nasehat Luqman Al-Hakim ”

(Menemukan Harta Berharga Yang Hilang)

Dalam Al-Qur’an ada sebuah surat yang bernama surat “Luqman/ (31)”, yaitu nama seorang laki-laki yang telah Allah berikan Hikmah (ilmu yang bermanfa’at) sehingga dia diberi gelar Al-Hakim.

Luqman hidup selama seribu tahun dan bertemu dengan nabi Daud, AS  serta menimba ilmu dari beliau.

Diantara nasehat Luqman terhadap putranya yang bernama Tsaron sehingga dia beriman (menurut satu pendapat, sebelumnya Tsaron adalah orang yang kufur) iyalah:

– Wahai anakku! Jadikanlah Taqwa kepada Allah sebagai harta daganganmu, maka engkau akan mendapatkan keuntungan tanpa memperjual belikan harta dagangan.

– Wahai anakku! Dahulukanlah untuk menghadiri jenazah (ta’ziyah) daripada menghadiri pesta perkawinan bila harus memilih di antara keduanya. Karena jenazah akan mengingatkan kamu kepada akhirat, sedangkan pesta perkawinan akan mendorong kamu menginginkan dunia.

– Wahai anakku! Janganlah kamu menjadi orang yang lebih lemah daripada seekor ayam jago, dia bersuara pada waktu sahur padahal engkau terlelap dalam tempat tidurmu.

– Wahai anakku! Janganlah engkau menunda-nunda waktu untuk bertobat, karena sesungguhnya kematian datang secara tiba-tiba.

– Wahai anakku!Sesungguhnya ketika engkau telah terlahir kedunia ini, berarti engkau telah berjalan untuk meninggalkan dunia ini menuju akhirat. Maka (sesungguhnya) desa (akherat) yang engkau tuju itu lebih dekat daripada desa (dunia) yang engkau tinggalkan.

– Wahai anakku! Sesungguhnya dunia ini laksana lautan luas dan dalam, sungguh telah banyak manusia yang tenggelam di dalamnya. Maka (jika kamu ingin selamat) layarilah (lautan) dunia ini dengan sampan taqwa yang isinya iman dan layarnya tawakkal kepada Allah, maka mudah-mudahan kamu akan selamat.

– Wahai anakku! Berharaplah kamu kepada Allah dengan harapan yang tidak membuat kamu berani untuk durhaka kepada-Nya. Dan takutlah kamu kepada Allah dengan rasa takut yang tidak membuat kamu berputus asa dari rahmat-Nya. (Dikutip dan diringkas dari kitab tafshir As-Showie. Juz. III. hal. 255-256)

Sahabat-Sahabat

Dalam sebuah hadits diriwayatkan:”Ucapan Hikmah adalah harta (berharga) yang hilang milik orang Mu’min. Maka sekiranya di mana saja dia menemukan, maka dia lebih berhak untuk memilikinya.” (HR. Turmudzi dan Ibnu Majah dari Abi Hurairoh)

“Semoga Kita Semua Dapat Meneladani Nasehat Luqman Al-Hakim Ini Dalam Mengarungi Lautan Kehidupan Dunia Yang Luas Dan Dalam Ini, Sehingga Bisa Tetap Selamat Dan Sejahtera Serta Bahagia Sampai Tempat Tujuan.

Semoga Bermanfa’at. #Editor. Hasan*69

Check Also

KEGIATAN PELATIHAN MANAJEMEN PERKANTORAN TEROTOMASI RESMI DITUTUP

KEMENAG KOTA TANGERANG NEWS. Kasubbag Tata Usaha kantor Kementerian Agama kota Tangerang H. Samsudin secara …