MENJADI MANUSIA YANG BERTAQWA

Kultum Hari Ke 1. ( Senin, 04 April 2022 )

Disampaikan Oleh : Drs. H. Zakirman, MM

( Kepala Sub Bagian Tata Usaha Pada Kantor Kementerian Agama Kota Tangerang )

Perintah puasa tertuang dalam  surat Al Baqarah ayat 183 yang artinya:

“Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa”.

Hakikat puasa pada ayat ini menjelaskan bahwa tiap orang yang beriman diwajibkan untuk berpuasa semata-mata hanya untuk bertakwa pada Allah.

Mari kita instrospeksi diri apakah ramadhan tahun ini lebih baik dari ramadhan tahun lalu, kita gunakan akal dan pikiran kita untuk bertanya. Apakah puasa kita sudah sesuai dengan surat Al-Baqarah 183 yaitu “La’alakum Tattaqun”

Allah SWT memberikan aturan kepada manusia tidak lain dan tidak bukan hanya untuk ditaati, sebab segala macam aktivitas yang kita lakukan akan dimintai pertanggungjawaban.

Masih banyak manusia antara ucapan dan perbuatannya yang tidak sesuai alias bertolak belakang. Sesungguhnya apabila kita berpuasa dengan benar banyak hikmah dan pelajaran yang dapat kita ambil  sehingga kita terlepas dari sifat itu

Sering kita berdoa “Rabbana atina fiddunya hasanah wa fil akhirat hasanah, waqina adzabannar.” Artinya “Ya Tuhan kami, berilah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat dan peliharalah kami dari siksa neraka.” 

Harus kita tanamkan didalam jiwa bukan hanya  diucapkan oleh lisan tapi laksanakan dengan perbuatan.

Semoga kita semua selalu dirahmati Allah SWT dan senantiasa dalam lindunganNya dan semoga Ramadhan membawa berkah bagi kita semua.#Hasan*69

 

 

Check Also

SUKSESKAN MTQ XII TINGKAT KOTA TANGERANG

Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Tangerang Drs. H. Samsudin, MM., Beserta Jajaran Menghimbau Kepada Seluruh …