MENYIKAPI PERISTIWA GERHANA BULAN

Secangkir ☕Kopi Dhuha
(Edisi Khusus Menyikapi Peristiwa Gerhana Bulan)

Senin, 24 Mei 2021 M/ 12 Syawal 1442 H.

Oleh :A. Hasanuddin. HR.

“3 Hal Yang Dianjurkan Ketika Terjadi Gerhana”
(Menyikapi Peristiwa Gerhana Bulan Dengan ‘Ainul Iman/Pandangan Iman)

Masyarakat di seluruh wilayah Indonesia akan dapat menyaksikan peristiwa Gerhana Bulan Total (GBT/Super Blood Moon) yang akan terjadi pada hari Rabu, tgl. 26 Mei 2021 M. Mulai pukul: 18: 09 : 29. WIB. sampai dengan pukul. 20: 51:16 WIB. (Kompas.com, Sabtu, 22 Mei 2021/09.00. WIB)

Bagi orang-orang yang beriman, peristiwa gerhana Bulan adalah merupakan bagian dari tanda-tanda ke-Maha Kuasaan Allah تعالى. Bukan hanya sebatas peristiwa alam biasa dan bukan hanya sebatas fenomena astronomi dan sains semata, juga bukan hanya sebatas berma’na mitos belaka.

Telah berkata al-imam As-Suyuthi; “Hikmah terjadinya gerhana Matahari dan Bulan adalah ketika telah dahulu dalam ilmunya Allah سبحانه و تعالى bahwasanya bintang-bintang akan di jadikan sesuatu yang disembah selain Allah, khususnya Matahari dan Bulan, maka Allah menetapkan atas keduanya dengan mengalami kejadian gerhana. Allah jadikan yang demikian itu sebagai petunjuk bahwasanya keduanya, meskipun memiliki sinar cahaya yang terang benderang dan adanya apa-apa yang tampak dari keindahan sebagai akibat yang ditimbulkan (atsar) dari keduanya, sesungguhnya keduanya itu tetap tunduk terhadap perintah Allah, dan untuk kebaikan hamba-hamba Allah lah keduanya beredar, maka Maha Sucilah Allah Dzat Yang Maha Bijaksana”. (Nihayatuzzain. hal. 111)

Menurut pendapat Ibnul ‘Imad: “Sebab terjadinya gerhana Matahari dan Bulan adalah untuk mengingatkan manusia dengan menahan cahaya keduanya, agar manusia kembali kepada ketaatan kepada Allah تعالى. Karena ni’mat ini apabila ditahan bisa menyebabkan tanaman tidak bisa tumbuh dan buah-buahan tidak bisa menjadi kering dan matang.” (Nihayatuzzain. hal. 111)

Karena itu sudah menjadi keharusan bagi kita untuk menyikapi peristiwa gerhana Bulan yang akan terjadi ini dengan عين الايمان, pandangan keimanan.

Sahabat-Sahabat رحمكم الله

Ada 3 hal yang di anjurkan oleh Rosulullah صلى الله عليه وسلم
kepada kita ketika terjadi gerhana:

1). Melaksanakan Sholat Sunnah Gerhana.

Berdasarkan hadits:
“Sesungguhnya matahari dan bulan adalah dua tanda dari tanda-tanda ke-Maha Kuasaan Allah تعالى. Tidaklah terjadi gerhana pada keduanya karena kematian seseorang dan tidak (juga) karena hidupnya seseorang. Maka apabila kamu melihat gerhana itu, berdo’alah kamu kepada Allah dan sholatlah kamu.” (HR. Bukhori dan Muslim dari Mughiroh bin Syu’bah)

Hukum melaksanakan sholat sunnah Gerhana Bulan ini termasuk Sunnah Muakkadah, bagi orang laki-laki maupun perempuan dan sholat ini sunnah dilaksanakan secara Berjama’ah dengan ucapan; “Ash-Sholatul Jaami’ah”(Nihayatuzzain. hal. 109/Al-Bajury. Juz. I. hal. 228-229/ Kifayatul Akhyar. Juz. I. hal. 157)

2). Berdzikir, Berdo’a dan Beristighfar (Memohon Ampunan)

Berdasarkan hadits:
“Apabila kamu melihat sesuatu dari peristiwa gerhana itu, maka segeralah kamu berdzikir kepada Allah, berdo’a dan beristghfar (memohon ampunan) kepada-Nya.” (HR. Bukhori dan Muslim dari Abu Musa)

3). Memperbanyak Shodaqoh Dan Berbuat Kebaikan.

Berdasarkan hadits:
“Apabila kamu melihat gerhana, maka berdo’alah kepada Allah, bertakbirlah, bersedekahlah dan sholatlah kamu.” (HR. Bukhori dan Muslim dari sayyidah ‘Aisyah)

Bertaubat memohon ampunan kepada Allah atas perbuatan dosa dan menganjurkan untuk berbuat kebaikan kepada sesama manusia dengan bershodaqoh dan kebaikan lainnya, inilah yang disunnahkan untuk disampaikan oleh seorang khotib dalam khutbah sholat gerhana. (I’anatut Tholibin. Juz. I. hal. 263)

“Semoga Allah Mengampuni Semua Dosa-Dosa Dan Kesalahan Kita, Menerima Semua Amal Ibadah Dan Kebaikan Yang Kita Lakukan, Serta Mengabulkan Do’a Dan Permohonan Yang Kita Panjatkan

امين يارب العالمين

والله اعلم بالصواب

اللهم صل وسلم وبارك على سيدنا محمد وعلى ال سيدنا محمد
اللهم صل وسلم وبارك على سيدنا محمد وعلى ال سيدنا محمد
اللهم صل وسلم وبارك على سيدنا محمد وعلى ال سيدنا محمد

“Jangan Lupa, Tetap Patuhi Protokol Kesehatan Dengan Melaksanakan “5M”.😷

Semoga Bermanfa’at.
🙏🙏🙏🙏🙏🙏🙏
Monggo Diseruput ☕ Kopinya. Editor#Hasan*69

Check Also

KEGIATAN PELATIHAN MANAJEMEN PERKANTORAN TEROTOMASI RESMI DITUTUP

KEMENAG KOTA TANGERANG NEWS. Kasubbag Tata Usaha kantor Kementerian Agama kota Tangerang H. Samsudin secara …