MERAIH KEUTAMAAN ISTIGHFAR

Secangkir ☕Kopi Dhuha

Senin, 14 Februari 2022 M/ 13 Rajab 1443 H.

Oleh :A. Hasanuddin. HR.

“Bulan Rajab Bulan Taubat”

(Meraih Keutamaan Istighfar)

 

Diriwayatkan dari imam Al-Awza’i, dia berkata:

“Pada suatu hari Maisaroh bin Hunais melewati sebuah tempat pemakaman (kuburan), maka dia berkata: “Keselamatan semoga tetap atas kamu wahai ahli kubur. Kamu telah mendahului kami, dan kami akan menyusul kamu, semoga Allah merahmati kami dan kamu semua, dan semoga Allah mengampuni kami dan kamu semua, dan semoga Allah selalu memberkahi kami dan kamu semua ketika berjumpa dengan Allah dan ketika kami menjadi seperti kamu.”

Berkata imam Al-Awza’i : “Maka Allah mengembalikan  ruh terhadap tubuh seorang laki-laki dari ahli kubur itu. Maka laki-laki ahli kubur itu menjawab ucapan Maisaroh dengan ucapan yang fasih; “Beruntunglah kamu wahai ahli dunia. Kamu bisa melaksanakan ibadah Haji setiap bulannya sebanyak empat kali.” Maisarohpun menjawab: “Kemana kami melaksanakan ibadah Haji setiap bulan empat kali? Semoga Allah merahmatimu.” Laki-laki ahli kubur itupun menjawab: “Melaksanakan sholat Jum’at.” Kemudian katanya lagi: “Apakah kamu tidak mengetahui bahwasanya (pahala) melaksanakan sholat Jum’at itu (seperti) ibadah Haji yang mabrur dan maqbul.” Maisarohpun berkata: “Beritahulah kepada kami, apa yang harus selalu kami lakukan (dalam kehidupan dunia ini)? Semoga Allah merahmati kamu.” Laki-laki ahli kubur itupun menjawab: “Istighfar wahai ahli dunia adalah sesuatu yang paling bermanfaat di akhirat (nanti)”… (Al-Mawa’izhul ‘Ushfuriyyah. hal. 7)

 

Sahabat-Sahabat رحمكم الله

Dikatakan oleh ‘ulama bahwa bulan Rajab yang mulia ini adalah bulan untuk bertaubat. (Al-Ghuniyyah, hal. 289)

Dan salah satu cara kita untuk bertaubat adalah dengan memperbanyak membaca Istighfar. Sebagaimana yang telah dikatakan oleh sayyidah ‘Aisyah رضى الله تعالى عنها :

“Telah berkata kepadaku Rosulullah صلى الله عليه وسلم : “Apabila kamu melakukan perbuatan dosa maka memohon ampunanlah kamu kepada Allah dan bertaubatlah kamu kepada-Nya. Maka sesungguhnya taubat dari dosa itu dengan menyesalinya dan membaca  Istighfar.” (Tanqihul Qaul, hal. 33).

Tentang keutamaan Istighfar ini dijelaskan dalam sabda Rosulullah صلى الله عليه وسلم:

“Siapa orang yang memperbanyak Istighfar maka Allah jadikan baginya dari setiap keprihatinan akan kelonggaran dan dari setiap kesempitan akan jalan keluar dan Allah berikan kepadanya rizki dari arah yang tidak dia sangka-sangka.” (HR. Imam Ahmad dari Ibnu ‘Abbas)

 

“Dengan Menjadikan Bulan Rajab Sebagai Momen Untuk Bertaubat  Dan Memperbanyak Istighfar, Semoga Allah Ampuni Semua Dosa” Dan Kesalahan Kita dan Allah Mudahkan Semua Urusan Kita Serta Allah Limpahkan Selalu Kepada Kita Kesehatan, Ke’afiatan Dan Keselamatan Serta Rizqi Yang Halal Dan Berkah.”

اللهم بارك لنا فى رجب وشعبان وبلغنا رمضان

امين يارب العالمين 🤲🤲🤲

والله اعلم بالصواب

اللهم صل وسلم وبارك على سيدنا محمد وعلى ال سيدنا محمد

اللهم صل وسلم وبارك على سيدنا محمد وعلى ال سيدنا محمد

اللهم صل وسلم وبارك على سيدنا محمد وعلى ال سيدنا محمد

Semoga Bermanfa’at.

🙏🙏🙏🙏🙏🙏🙏

Monggo Diseruput ☕Kopinya😃😃😃🙏🙏editor #Hasan*69

Check Also

SUKSESKAN MTQ XII TINGKAT KOTA TANGERANG

Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Tangerang Drs. H. Samsudin, MM., Beserta Jajaran Menghimbau Kepada Seluruh …