“MERAIH NILAI PAHALA HAJI DI NEGERI SENDIRI”

 Secangkir☕Kopi Dhuha

Jum’at, 05 Juni 2020 M/ 13 Syawal 1441 H.

Oleh :A. Hasanuddin. HR

“MERAIH NILAI PAHALA HAJI DI NEGERI SENDIRI”
(Tetap Semangat Beribadah Meskipun Tertunda Berangkat Ke Mekkah)

Salah satu syarat kewajiban melaksanakan ibadah Haji adalah adanya keamanan dan terjaminnya keselamatan dalam perjalan ibadah Haji serta cukupnya waktu yang tersedia untuk melakukan perjalanannya. (Hidayatus Salik ila Madzahibil Arba’ah Fil Manaasik. Juz. I. hal. 195 dan 205)

Ditengah terjadinya pandemi wabah Covid-19 diberbagai negara saat ini, termasuk di Indonesia dan Arab Saudi (Makkah Al-Mukarromah) yang menjadi tempat tujuan pelaksanaan ibadah Haji, pemerintah Indonesia memutuskan pada tgl 02 Juni 2020, untuk tidak memberangkatkan jama’ah Haji pada musim Haji tahun 1441 H. ini. Keputusan itu diambil dengan pertimbangan; untuk menjaga keselamatan jama’ah Haji di tengah adanya wabah Covid-19 dan keterbatasan waktu untuk mempersiapkan dan melaksanakan perjalanan keberangkatan, karena sampai saat ini pemerintah Arab Saudi belum kunjung memberikan kepastian.

Rasa sedih dan kecewa yang mendalam tentu amat dirasakan oleh jama’ah yang sudah bersabar melakukan penantian dan sudah punya keinginan untuk melaksanakan ibadah Haji pada tahun ini dengan penuh persiapan.

Namun inilah kenyataan yang harus kita hadapi dengan penuh kesabaran dan ke ikhlasan tanpa harus saling menyalahkan, sambil terus berdo’a mudah”an di tahun depan ibadah Haji ini dapat kita laksanakan tanpa adalagi halangan dan rintangan serta kejadian yang mengkhawatirkan terhadap keselamatan.

Disisi lain, kita tidak perlu juga mengalami kekecewaan dan kesedihan yang berkelanjutan. Kita harus tetap bersemangat melaksanakan ibadah, meskipun tertunda untuk berangkat menunaikan ibadah Haji ke Makkah Al-Mukarromah. Karena masih banyak ibadah yang bisa kita lakukan di negeri sendiri yang nilai pahalanya sama dengan nilai ibadah Haji ke Makkah.

Sahabat-Sahabat رحمكم الله

Ada beberapa amal ibadah yang bisa kita lakukan di negeri sendiri yang nilai pahalanya sama dengan nilai ibadah Haji di Makkah. Diantaranya:

1). Melaksanakan ibadah sholat Shubuh berjama’ah (dengan tetap mematuhi protokoler kesehatan sesuai ketentuan yang telah di tetapkan) dan duduk berdzikir sampai terbitnya matahari (setinggi satu tumbak) yang kemudian dilanjukan dengan melaksanakan sholat sunnah dua raka’at.
Dalam sebuah hadits dijelaskan:
“Siapa orang yang melaksanakan sholat Fajar (Shubuh) berjama’ah kemudian duduk berdzikir kepada Allah تعالى sampai terbitnya matahari (setinggi satu tumbak), kemudian dilanjutkan dengan melaksanakan sholat sunnah dua roka’at, maka adalah itu seperti pahala ibadah Haji dan ‘Umrah yang sempurna, yang sempurna, yang sempurna.” (HR. Turmudzi dari Anas)

2). Berjalan Menuju tempat untuk melaksanakan Sholat Fardhu Berjama’ah (dengan tetap mematuhi protokol kesehatan yang telah ditetapkan).
Dalam sebuah hadits diriwayatkan:
“Siapa orang yang berjalan menuju sholat fardhu berjama’ah, maka itu seperti (pahala) ibadah Haji. Dan siapa orang yang berjalan menuju sholat Sunnah, maka itu seperti (pahala) Ibadah ‘Umroh sunnah. (HR. Thobroni dari Abi ‘Umamah).

3). Melaksanakan Sholat Dhuha dua raka’at.
Dalam sebuah hadits diriwayatkan:
“Dua raka’at sholat Dhuha membandingi di sisi Allah dengan (pahala) Haji (sunnah) dan ‘Umroh (sunnah) yang diterima keduanya.” (HR. Abu Syaikh (Ibnu Hibban) dari Anas)

4). Membantu memenuhi kebutuhan saudaranya sesama muslim.
Dalam sebuah hadits diriwayatkan:
“Siapa orang yang memenuhi bagi saudaranya sesama muslim akan satu kebutuhan, maka adalah baginya dari pahala seperti orang yang melsksanakan ibadah Haji dan ber’umrah. (HR. Khotib dari Anas).

“Dengan Tetap Semangat Melaksanakan Ibadah Di Negeri Sendiri, Di Antaranya Dengan Ibadah -Ibadah Yang Telah Disebutkan Tadi, Kita Berharap Tetap Bisa Meraih Pahala Yang Nilainya Seperti Pahala Ibadah ‘Umrah Dan Haji, Meskipun Pada Musim Haji Tahun Ini Kita Tertunda Untuk Melaksanakan Ibadah Haji Ke Makkah Karena Sedang Terjadinya Wabah. Dan Kita Berdo’a Semoga Wabah Virus Corona Covid-19 Ini Segera Allah Hilangkan, Sehingga Kita Dapat Melaksanakan Ibadah Haji Di Musim Haji Tahun Depan, Dalam Keadaan Sehat Wal ‘Afiat Dan Lancar Serta Berlimpah Berkah, Kemudahan Dan Keselamatan .”
امين يارب العالمين
و يا مجيب الساءلين

اللهم صل وسلم وبارك على سيدنا محمد وعلى ال سيدنا محمد
اللهم صل وسلم وبارك على سيدنا محمد وعلى ال سيدنا محمد
اللهم صل وسلم وبارك على سيدنا محمد وعلى ال سيدنا محمد

Semoga Bermanfa’at. #eDitor Hasan*69

Check Also

MEMELIHARA KESELAMATAN JIWA

Secangkir ☕Kopi Duha Senin, 06 September 2021 M/ 28 Muharram 1443 H. Oleh : A. …