MOU ITSBAT NIKAH TERPADU BAGI MASYARAKAT KOTA TANGERANG

Keterangan Foto : Kepala Kantor Kemenag Kota Tangerang H. Badri Hasun Menandatangani MOU Itsbat Nikah Terpadu Bersama Walikota Tangerang dan Ketua Pengadilan Agama Tangerang.

KEMENAG KOTA TANGERANG NEWS. Pemerintah Kota ( Pemko )  Tangerang akan melaksanakan Kegiatan Itsbat Nikah Terpadu bagi 1300 pasangan . Sebagai tahap awal, Pemerintah Kota Tangerang,  Pengadilan Agama  Tangerang  dan Kantor Kementerian Agama Kota Tangerang melakukan penandatanganan MOU. Penandatanganan MOU dilaksanakan di  Pengadilan Agama Tangerang Kelas I. A. Kamis, ( 10/12/2020 )  Kegiatan ini dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun Tahun ( HUT ) Kota Tangerang Ke- 28.

Dalam melaksanakan Nota Kesepakatan ini Pemerintah Kota Tangerang menunjuk Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana dan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil. Pengadilan Agama Tangerang menunjuk Para Hakim dan tim persidangan untuk memberikan hasil Itsbat Nikah sedangkan Kementerian Agama Kantor Kota Tangerang menunjuk KUA untuk memberikan pengesahan dan penerbitan Buku Nikah.

Nota Kesepakatan ini bertujuan untuk Melaksanakan Pelayanan Itsbath Nikah Terpadu Bagi Masyarakat Kota Tangerang untuk mewujudkan efektivitas, efisiensi dan produktivitas dalam memberikan kepemilikan status hukum perkawinan dan kependudukan bagi warga masyarakat kota Tangerang dan Mewujudkan percepatan pelayanan Itsbat Nikah Terpadu Bagi Masyarakat Kota Tangerang melalui penetapan Pengadilan Agama, mencatatkan  status perkawinan di Kantor Urusan Agama serta menerbitkan Kartu Keluarga, Kartu Tanda Penduduk, Akte Kelahiran Anak dan Kartu Identitas Anak bagi pasangan Itsbat Nikah yang sudah mempunyai keturunan.

Ditempat terpisah Kepala Seksi Bimas Islam Kementerian Agama Kantor Kota Tangerang H. Lili Mahpuli mengatakan bahwa untuk  mendapatkan buku nikah bagi yang sudah mengikuti itsbat nikah harus memenuhi persyaratan sebagai berikut

  1. Penetapan itsbat dari pengadilan agama (Asli)
  2. Surat keterangan suami istri dari kelurahan
  3. Surat keterangan N1 dari kelurahan
  4. Foto Copy KTP suami istri
  5. Foto Copy Kartu Keluarga
  6. Data wali/Foto Copy KTP Wali (jika masih hidup)
  7. Foto Copy KTP 2 saksi
  8. Pas Foto Ukuran 2×3 = 4 Lembar 4×6 = 1 Lembar untuk masing-masing suami istri dg latar belakang warna biru
  9. Foto Copy Akta Kelahiran/Ijazah. #Hasan*69

Check Also

KEGIATAN PELATIHAN MANAJEMEN PERKANTORAN TEROTOMASI RESMI DITUTUP

KEMENAG KOTA TANGERANG NEWS. Kasubbag Tata Usaha kantor Kementerian Agama kota Tangerang H. Samsudin secara …