PATUHI PSBB UNTUK MENCEGAH PENYEBARAN COVID-19

HARI IBUSecangkir ☕ Kopi Duha

Jum’at, 17 April 2020 M/ 23 Sya’ban 1441 H.

Oleh :A. Hasanuddin. HR.

“Menerapkan Hikmah Dibalik Sholat Berjamaah Dalam Mencegah Penyebaran  Covid-19 “

(Mari Bersatu, Bersama-Sama Mematuhi PSBB Untuk Memutus Mata Rantai Penyebaran  Covid-19)

Hikmah disyari’atkannya sholat berjama’ah tidak hanya sebatas karena memiliki keutamaan 27 derajat dibanding sholat sendiri. Salah satu hikmah lain disyari’atkannya sholat berjamaah adalah untuk membangun dan menumbuhkan rasa persatuan dan kebersamaan dalam kehidupan sosial di antara umat Islam tanpa memandang perbedaan latar belakang dan status nya. Menumbuhkan rasa persatuan dan kebersamaan inilah pada hakikat nya merupakan bagian dari kaidah ajaran Islam yang lurus. (Hikmatut Tasyri’ wa Falsafatuhu. Juz. I. hal. 131-132)

Dalam sebuah hadits di jelaskan:
“Seorang mu’min terhadap mu’min yang lainnya itu laksana sebuah bangunan, yang saling memperkuat sebagiannya terhadap sebagian yang lainnya.” (HR. Bukhori, Turmudzi dan Nasa’i dari Abi Musa Al-Asy’ari)

Didalam hadits ini menjelaskan tentang keutamaan persatuan dan kebersamaan sesuai posisi dan fungsinya masing-masing. Karena sebuah bangunan apabila saling berpisah sendiri-sendiri (tidak saling mendukung) maka ia akan menjadi sia-sia, tetapi apabila bersatu padu (saling mendukung) maka akan bermanfa’at untuk mencapai apa yang menjadi tujuan. (Faidhul Qodir. Juz. VI. hal. 328)

Dalam upaya untuk mencegah dan memutus mata rantai penyebaran Covid-19 yang sedang terjadi di tengah masyarakat, pemerintah menerapkan kebijakan Pembatasan Sosial Bersekala Besar (PSBB) dengan menggelontorkan anggaran biaya yang sangat besar.
Upaya ini akan menjadi “sia-sia” dan akan semakin menjadi panjang tanpa adanya dukungan dan persatuan serta kebersamaan segenap lapisan masyarakat untuk mematuhinya.

Bagi seorang muslim, menerapkan persatuan dan kebersamaan untuk mencapai tujuan bukanlah merupakan suatu hal yang dipandang baru dan aneh, karena sesungguhnya hal itu adalah merupakan salah satu hikmah di balik pensyari’atan sholat berjama’ah yang harus diterapkan dalam kehidupan sosial bermasyarakat.

Karena Itu mari kita bersatu, bersama-sama dan saling bahu-membahu sesuai posisinya masing-masing, dalam mematuhi PSBB yang diterapkan Pemerintah untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19, sebagai penerapan dari hikmah sholat berjama’ah dalam upaya mencegah penyebaran Covid-19

Sahabat-Sahabat رحمكم الله

Mewujudkan persatuan dan kebersamaan dengan mengambil peran sesuai posisinya masing-masing dalam kehidupan sosial bermasyarakat, adalah merupakan tonggak bagi tetap tegaknya kehidupan masyarakat dunia. Sebagaimana dikatakan:
“Tegaknya dunia itu dengan empat perkara; 1). Dengan ilmunya para ‘ulama. 2). Dengan adilnya para ‘umaro (pejabat pemerintah). 3). Dengan kedermawanan orang-orang kaya. 4). Dengan do’a nya orang-orang yang lemah ekonominya (faqir).
– Seandainya tidak ada ‘ulama maka akan rusaklah orang-orang yang tidak memiliki pengetahuan.
– Seandainya ‘umaro (pejabat pemerintah) tidak bersikap adil, maka sebagian manusia akan mencelakakan sebagian yang lain, seperti seekor serigala yang menerkam seekor domba.
– Seandainya yang kaya tidak mau bersikap dermawan, maka akan rusaklah orang-orang yang lemah ekonominya (faqir).
– Seandainya tidak ada do’a orang-orang yang lemah (faqir) maka akan hancurlah langit dan bumi.” (Durratun nasihin. hal. 74)

“Mari Kita Bersatu Dan Bersama-Sama Saling Bahu-Membahu Dalam Berikhtiar Untuk Memutus Mata Rantai Penyebaran  Covid-19, Dan Mari Kita Selalu Berdo’a Memohon Perlindungan, Kesehatan Dan Keselamatan Serta Semoga Pandemi Corona Virus Disease 19 ( Covid-19 )  Ini Segera Diangkat Dan Dihilangkan. Mudah-Mudahan Ikhtiar Dan Do’a Kita Diridhoi Dan Dikabulkan Oleh Allah, Sehingga Kita Dan Keluarga Dapat Menyambut Datangnya Romadhon Dalam Suasana Penuh Ceria Dan Limpahan Keberkahan” امين يامجيب الساءلين

والله اعلم بالصواب

اللهم صل وسلم وبارك على سيدنا محمد وعلى ال سيدنا محمد
اللهم صل وسلم وبارك على سيدنا محمد وعلى ال سيدنا محمد
اللهم صل وسلم وبارك على سيدنا محمد وعلى ال سيدنا محمد

Semoga Bermanfa’at. Editor#Hasan*69

Check Also

KEGIATAN PELATIHAN MANAJEMEN PERKANTORAN TEROTOMASI RESMI DITUTUP

KEMENAG KOTA TANGERANG NEWS. Kasubbag Tata Usaha kantor Kementerian Agama kota Tangerang H. Samsudin secara …