PELATIHAN PENYUSUNAN RPP MELALUI E-LEARNIG

Keterangan Foto: Kepala Kantor Kemenag Kota Tangerang H. Badri Hasun Sedang Memberikan Materi RPP Melalui E-Learning.

KOTA TANGERANG-KEMENAG. Kalau dulu kita sering mendengar istilah Diklat Ditempat Keja ( DDTK ) dan Diklat Jarak Jauh ( DJJ ) dimasa Pandemi Coronavirus Disease ( Covid -19 ) kita diperkenalakan dengan istilah  E-Learning.

Diklat untuk meningkatkan kompetensi guru biasanya ada yang dilaksanakan di kantor BDK Jakarta ada juga yang dilaksanakan di wilayah kabupaten atau kota di lingkungan kementerian Agama Provinsi Banten, DKI dan Jabar. Semasa berjangkitnya  Covid-19  tentu saja hal itu tidak bisa dilaksanakan. Maka BDK Jakarta melalui kebijakan Kepala Balai membuat skenario penyelenggaraan pelatihan untuk meningkatkan kompetensi guru melalui E-Learning.

Sebanyak 40 orang guru MTs dan MA lingkup kota Tangerang mengikuti Pelatihan Penyususnan RPP melalui E-Learning. Pelatihan ini dilaksanakan secara non tatap muka oleh kepala kantor Kemenag kota Tangerang H. Badri Hasun dengan menggunakan Learning Management Syistem ( online pada Website https://elearning.bdkjakarta.id/)

Kegiatan tersebut dilaksanakan dari ruang kepala kantor Kemenag kota Tangerang Jalan Perintis Kemerdekaan 2 Babakan kota Tangerang ( Jumat, 25/09/2020 )

Pada kesempatan tersebut sedikitnya ada 5 hal yang disampaikan oleh kepala kantor yaitu,

  1. Tiga Revolusi Mental ( Integritas, Etos Kerja dan Gotong Royong
  2. Kesadaran Berbangsa dan Bernegara
  3. 5 ( Lima ) Budaya Kerja
  4. Kode Etik Pegawai Kementerian Agama dan
  5. Strategi Bekerja di Era Digital

Memang tidak mudah mengubah pola pikir dari sebagian guru dalam menyusun RPP. Kebiasaan mengopy paste sudah sering dilakukan dengan tujuan mempermudah menyusun sebagai bukti administrasi. Namun pada pelatihan ini peserta dilatih untuk sedikit demi sedikit membuat RPP buatan sendiri dimulai dengan memberi pemahaman pada mereka tentang konsep perencanaan dan tujuan mereka membuat perencanaan. Kemudian diberikan pemahaman tentang standar proses sebagai dasar atau regulasi pengembangan RPP. Peserta juga diberi pengenalan tentang pembelajaran di era 4.0. #Hasan*69 

.

Check Also

penyerahan sertifikat tanah untuk pembangunan asrama haji

Keterangan Foto : Kabid PHU Kementerian Agama Kantor Wilayah Provinsi Banten H. Machdum Bachtiar Didampingi …