PENTINGNYA BERZAKAT

Secangkir☕Kopi Dhuha

Selasa, 11 Mei 2021 M/ 29 Romadhon 1442 H.

Oleh :A. Hasanuddin. HR.

“Pentingnya Mengeluarkan Zakat Harta Dan Zakat Fitri”

Telah menceritakan guru kami imam Ibnu Hajar رحمه الله تعالى:
“Bahwasanya sekelompok orang dari golongan Tabi’in keluar untuk mengunjungi syeikh Abi Sannan. Ketika mereka masuk kerumah beliau dan duduk di sisinya, beliau berkata; “Mari semuanya berdiri bersama saya untuk mengunjungi tetangga saya yang saudaranya telah meninggal, dan kita berta’ziyah kepadanya”.
Berkata syeikh Muhammad bin Yusuf Al-Gurbany: “Maka kami pun berdiri bersama syeikh Abi Sannan dan masuk kerumah laki-laki yang menjadi tetangganya itu. Maka kami mendapatkan laki-laki tetangganya itu banyak menangis dan merasa bersedih hati atas saudaranya (yang telah meninggal). Lalu kamipun menghiburnya. Tapi dia tidak mau menerima untuk dihibur. Maka kamipun berkata kepadanya; “Apakah kamu tidak tahu bahwasanya kematian adalah merupakan jalan yang pasti (akan dilalui)?”. Laki-laki itu menjawab: “Iyah (saya tahu)! Tetapi (aku menangis) atas azab (kubur) yang terjadi dan menimpa saudaraku yang sudah meninggal”. Kamipun berkata kepadanya: ” Apakah Allah telah memperlihatkan kepadamu perkara yang ghaib?” Dia menjawab: “Tidak”. Tetapi ketika aku telah selesai menguburkan saudaraku dan aku meratakan tanah kuburnya, dan manusia yang lain sudah bubar meninggalkan (kubur)nya, akupun duduk (sendiri) di sisi kuburnya. Tiba-tiba terdengar suara dari dalam kuburnya: “Ah! Kamu tinggalkan saya sendirian merasakan kerasnya siksa kubur. Padahal aku (ketika di dunia) adalah orang yang melaksanakan puasa, aku adalah orang yang melaksanakan sholat.” Ucapan (dari dalam kubur) itu membuat aku menangis, maka akupun mengeduk kembali tanah kuburannya, agar aku bisa melihat bagaimana keadaannya (di dalam kubur). Tiba-tiba ada api yang berkobar-kobar di dalamnya, dan dilehernya ada kalung yang terbuat dari api. Diri sayapun terdorong untuk merasa kasihan terhadap saudaraku, maka akupun menjulurkan tanganku untuk melepaskan kalung api dari lehernya. Api itupun membakar jari-jari dan tanganku. Kemudian aku mencoba mengeluarkan tangannya, ternyata tangannya telah hitam terbakar.
Laki-laki itupun berkata:
“Maka aku timbun kembali tanah kuburannya dan aku pergi meninggalkannya (di dalam kuburannya)”.
Bagaimana aku tidak menangis atas keadaan saudaraku dan bagaimana aku tidak merasa bersedih hati atasnya.
Kamipun berkata: “Apa yang telah diperbuat oleh saudaramu ketika di dunia?”
Laki-laki itu menjawab: “Adalah saudaraku tidak mau mengeluarkan zakat hartanya”.
Maka kamipun berkata: “Ini adalah kebenaran firman Allah تعالى:
“Sekali-kali janganlah orang-orang yang bakhil dengan harta yang Allah berikan kepada mereka dari karunia-Nya menyangka, bahwa kebakhilan itu baik bagi mereka. Sebenarnya kebakhilan itu adalah buruk bagi mereka. Harta yang mereka bakhilkan itu akan dikalungkan kelak di lehernya di hari Kiamat.” (QS. Ali ‘Imran (3): 180). (Dikutip dalam kitab Irsyadul ‘Ibad. hal. 34).

Dalam sebuah hadits dijelaskan:
“Orang-orang yang tidak mau mengeluarkan zakat (harta) pada hari Kiamat berada dalam neraka.” (HR. Thobroni dari Annas).

Sahabat-Sahabat رحمكم الله

Sedangkan salah satu hikmah kewajiban mengeluarkan zakat fitri bagi yang telah memenuhi syarat kewajiban mengeluarkannya di akhir bulan Romadhon ini, telah diriwayatkan dalam sebuah hadits:
“(Puasa) Bulan Romadhon tergantung antara langit dan bumi, dan tidak diangkat kepada Allah kecuali dengan (membayarkan) zakat Fitri.” (HR. Ibnu Syahin dan Adh-Dhiya dari Jarir).

Dan diriwayatkan dalam hadits lain:
“Zakat Fitri itu sebagai pensucian bagi orang yang berpuasa dari perbuatan sia-sia dan perkataan yang buruk/kotor, dan sebagai makanan bagi orang-orang miskin…” (HR. Daruqutni dan Baihaqi dari Ibnu Abbas)

” Bagi Yang Telah Mempunyai Kewajiban Untuk Berzakat, Mari Kita Bayarkan Zakat Harta Dan Zakat Fitri Kita, Agar Puasa Romadhon Kita Bisa Menjadi Sempurna Dan Diterima, Dan Harta Yang Kita Miliki Menjadi Berkah Dan Kita Bisa Terhindar Dari Siksa Api Neraka .”

امين يا رب العالمين.

والله اعلم بالصواب

اللهم صل وسلم وبارك على سيدنا محمد وعلى ال سيدنا محمد
اللهم صل وسلم وبارك على سيدنا محمد وعلى ال سيدنا محمد
اللهم صل وسلم وبارك على سيدنا محمد وعلى ال سيدنا محمد

Semoga Bermanfa’at.
🙏🙏🙏🙏🙏🙏🙏
Kontributor #Hasan*69

Check Also

KEGIATAN PELATIHAN MANAJEMEN PERKANTORAN TEROTOMASI RESMI DITUTUP

KEMENAG KOTA TANGERANG NEWS. Kasubbag Tata Usaha kantor Kementerian Agama kota Tangerang H. Samsudin secara …