PERBANYAK ISTIGHFAR DIBULAN BAROKAH

Secangkir ☕ Kopi Pengantar Rehat

Senin, 11 Mei 2020 M/ 19 Romadhon 1441 H.

Oleh :A. Hasanuddin. HR.

“Menggapai Maghfiroh Agar Segera Diangkat Wabah ”

(Mari Kita Perbanyak Istighfar Di Tengah Bulan Berkah)

Telah berkata Ibnu Shobih:
“Seorang laki-laki datang kepada Hasan Al-Bashri رحمه الله untuk mengadukan kekeringan (musim kemarau) yang dialaminya. Maka beliau berkata kepada laki-laki itu; “Memohon ampunanlah (beristighfarlah) kamu kepada Allah. Dan datang kepada beliau seorang laki-laki lain yang mengadukan tentang ke fakiran (yang dialaminya). Maka beliau berkata kepadanya; “Beristighfarlah kamu kepada Allah.” Dan berkata seorang laki-laki lain kepada beliau;”Berdo’alah engkau kapada Allah, agar Allah memberikan kepadaku seorang anak”. Beliaupun berkata kepada laki-laki itu;”Beristighfarlah kamu kepada Allah.” Dan datang mengadu kepada beliau seorang laki-laki lainnya tentang kekeringan yang melanda kebun nya. Maka beliau berkata kepadanya;”Beristighfarlah kamu kepada Allah.” Maka kami bertanya kepada beliau tentang semuanya ini (perintah beliau untuk beristighfar kepada semua orang laki-laki yang datang dengan pengaduan tentang kesulitan yang berbeda-beda)? Maka beliau menjawab: “Tidaklah aku berkata dari pendapat pribadiku sedikitpun. Sesungguhnya Allah تعالى telah berfirman dalam surat “Nuh”;
“Mohonlah ampun kepada Tuhanmu, sesungguhnya Dia adalah Maha Pengampun…(Surat Nuh (71): 10-12).” (Tafsir Qurtubi. Juz. 18. hal. 302)

Dalam sebuah hadits dijelaskan:
“Siapa orang yang memperbanyak Istighfar maka Allah jadikan baginya dari setiap kecemasan/kekhawatiran akan kelapangan dan dari setiap kesempitan akan jalan keluar dan akan Allah berikan dia rizki dari arah yang tidak dia sangka-sangka.” (HR. Imam Ahmad dari Ibnu Abbas)

Dalam sebuah kalam hikmah dikatakan:
“Tidaklah diturunkan bencana/bala kecuali dengan sebab dosa, dan tidaklah diangkat bencana itu kecuali dengan taubat.” (Dikeluarkan oleh Ibnu ‘Asakir dalam tarikh Dimasqo. Mujalid Tarjamah Al-‘Abbas. hal. 184-185)

Salah satu dari ke istimewaan bulan Romadhon yang penuh berkah ini ialah:
“Awalnya adalah rahmat dan tengahnya adalah bulan ampunan…”(HR Ibnu Khuzaimah dan Baihaqi dari Salman)

Mari kita perbanyak Istighfar di tengah bulan berkah ini untuk menggapai maghfirah Allah dan semoga Allah segera menghilangkan wabah virus covid-19 ini juga semua kesulitan yang sedang kita hadapi

Sahabat-Sahabat رحمكم الله

Allah سبحانه وتعالى berfirman:
“Dan hendaklah kamu meminta ampunan kepada Tuhanmu dan bertaubat kepada-Nya (jika kamu mengerjakan yang demikian), niscaya Dia akan memberi keni’matan yang baik (terus-menerus) kepadamu sampai kepada waktu yang telah ditentukan…” (QS. Huud (11): 3)

Ayat yang mulia ini menunjukan atas bahwasanya istighfar dan taubat kepada Allah dari perbuatan dosa menjadi sebab bagi Allah limpahkan keni’matan terhadap orang yang melakukannya akan keni’matan yang baik sampai waktu yang telah ditentukan.
Dan pada dzohirnya, bahwa yang dimaksud dengan ni’mat yang baik adalah: keluasan rizki, kebahagiaan dan kemakmuran hidup dan keselamatan dalam kehidupan dunia. (Tafsir Adhwa’ul Bayan. Juz. II. hal. 169-170)

“Dengan Memperbanyak Istighfar Dan Bertaubat Di Pertengahan Bulan Berkah Ini Semoga Kita Semua Dan Keluarga Kita Selalu Memperoleh Ampunan Dari Allah Serta Limpahan Ni’mat Yang Baik, Keluasan Rizki, Kebahagian Hidup Dan Limpahan Keselamatan, Serta Semoga Wabah Coronavirus Disease 19 ( Covid-19 ) Ini Segera Diangkat Dan Dihilangkan Oleh Allah سبحانه وتعالى”

امين يامجيب الساءلين

والله اعلم بالصواب

اللهم صل وسلم وبارك على سيدنا محمد وعلى ال سيدنا محمد
اللهم صل وسلم وبارك على سيدنا محمد وعلى ال سيدنا محمد
اللهم صل وسلم وبارك على سيدنا محمد وعلى ال سيدنا محمد

Semoga Bermanfa’at. #Editor Hasan*69

Check Also

KEGIATAN PELATIHAN MANAJEMEN PERKANTORAN TEROTOMASI RESMI DITUTUP

KEMENAG KOTA TANGERANG NEWS. Kasubbag Tata Usaha kantor Kementerian Agama kota Tangerang H. Samsudin secara …