PERBANYAK KAWAN BUKAN PERBANYAK LAWAN

BULETIN 3Jum’at, 25 Oktober 2019 M/ 25 Shofar 1441 H.

Oleh :A. Hasanuddin. HR.

“Mari Jadikan WA Untuk Memperbanyak Persahabatan, Bukan Menebar Kebencian Dan Permusuhan”
(Mencari Syafa’at Seorang Teman)

Berkata Annas, ra; telah bersabda Rosulullah
صلى الله عليه وسلم:
“Sesungguhnya pada hari Kiamat, seorang laki-laki dari ahli surga mendekatkan dirinya kepada ahli neraka. Maka memanggil lah kepadanya seorang laki-laki dari ahli neraka. Dia berkata: ‘Hai fulan! Apakah kamu mengenalku?’ Laki-laki ahli surga itupun menjawab: ‘tidak, demi Allah! Aku tidak mengenalmu, siapakah kamu?’ Laki-laki ahli neraka itu berkata: ‘ Aku adalah orang yang kamu pernah berlalu dan bertemu denganku ketika di dunia, kemudian kamu meminta minuman (segelas) air padaku, maka aku memberi kamu minum.’ Laki-laki ahli surga itu menjawab: ‘Iyah, Aku kenal!’ Laki-laki ahli neraka itupun berkata: ‘Mohonkanlah olehmu untukku syafa’at di sisi Tuhanmu dengan sebab (segelas) minuman itu!’ Maka laki-laki ahli surga itupun memohon kepada Allah Dzat Yang Maha Tinggi sebutan-Nya, dan dia berkata: ‘Sesungguhnya aku mendekat kepada ahli neraka, maka memanggil lah kepadaku seorang laki-laki dari ahli neraka. Lalu laki-laki ahli neraka itu berkata; ‘Apakah kamu mengenalku?’ Maka aku menjawab: ‘tidak. Siapakah kamu?’ Laki-laki ahli neraka itu berkata: ‘Aku adalah orang yang kamu pernah meminta minum kepadaku ketika di dunia. Maka aku memberimu minum. Maka mohonkanlah syafa’at olehmu untukku di sisi Tuhanmu.’ Maka terimlah oleh-Mu (wahai Tuhanku!) syafa’atku padanya.’ Maka Allah menerima syafa’at laki-laki ahli surga itu pada laki-laki ahli neraka tadi. Maka diperintahkan untuk membawa laki-laki ahli neraka tadi, maka dia dikeluarkan dari neraka.” (HR. Abu Mansur Ad-Dailamy) (Dikutip dari kitab Ihya ‘Ulumuddin. Juz. IV. hal. 561)

Dalam sebuah hadits yang diriwayatkan dari Annas, ra. :

“Perbanyaklah kenalan dari orang-orang mu’min. Maka sesungguhnya bagi tiap-tiap orang mu’min memiliki syafa’at di sisi Allah pada hari Kiamat.” (Dikutip dari kitab Qomi’ut Tugyan, hal. 20)

Sahabat-Sahabat
رحمكم الله

Dalam salah satu wasiat Rosulullah
صلى الله عليه وسلم
kepada sayidina ‘Ali dikatakan: “Wahai ‘Ali! Seribu orang teman itu sedikit. Dan satu orang musuh itu banyak.” (Dikutip dari kitab Washiyatul Mushtofa. Hamisy kitab Al-Minahussaniyyah. hal. 11).

“Mari Kita Jadikan WA Untuk Memperbanyak Persahabatan, Bukan Menebar Kebencian Dan Permusuhan, Guna Meraih Syafa’at Seorang Teman Di Sisi Allah Yang Maha Rahmaan, Agar Kita Bisa Selamat Dari Neraka Dan Dimasukkan Ke Dalam Surga-Nya.” Editor #Hasan*69

امين يارب العالمين

والله اعلم بالصواب

Check Also

penyerahan sertifikat tanah untuk pembangunan asrama haji

Keterangan Foto : Kabid PHU Kementerian Agama Kantor Wilayah Provinsi Banten H. Machdum Bachtiar Didampingi …