PUASA MENDIDIK DISIPLIN

PUASA MENDIDIK DISIPLIN

(Kurma Hari Ke-1 )

KEMENAG KOTA TANGERANG NEWS. Sudah menjadi rutinitas Seksi Bimas Islam Kementerian Agama Kantor Kota Tangerang setiap bulan suci Ramadhan menyelenggarkan  Kurma ( Kuliah Ramadahan ). Selain Kurma kegiatan pada bulan suci Ramadhan juga diisi oleh Tadarus Al-Quran kegiatan dilaksanakan  bada Zuhur, agar tidak mengganngu jam kerja. Kegiatan tersebut dilaksanakan mulai tanggal 13 April sampai dengan 11 Mei 2021. Bertempat di Masjid Asy-Syifa Kantor Kementerian Agama Kota Tangerang. Jalan Perintis Kemerdekaan 2 Babakan Kota Tangerang.

Daalam tausiahnya kepala kantor Kemenag kota Tangerang H. Badri Hasun mengajak kepada  seluruh PNS kantor Kemenag kota Tangerang agar senantiasa membiasakan diri untuk berdisiplin baik disiplin dengan waktu maupun disiplin mengenai protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran Covid-19. Sebagai PNS jam kerja kita sudah diatur oleh sebab itu manfaatkan waktu kita dengan sebaik-baiknya, belum tentu di Negara lain seperti ini mengenai jam kerja di bulan Ramadhan.

Apabila kita melihat ke dalam Al Quran, maka akan kita temukan betapa banyak Allah SWT bersumpah dengan waktu, contohnya Wal Asr (Demi waktu), Wal Fajr (Demi waktu fajar), dan Wad dhuhaa (Demi waktu dhuha).

Ketahuilah bahwa Allah SWT tidak akan bersumpah kecuali dengan sesuatu yang hebat dan waktu adalah ciptaannya. Dia ada, berjalan dan tidak akan pernah kembali.Hina dan mulianya seseorang tergantung pada bagaimana dia memanfaatkan waktunya. Apabila seseorang pandai memanfaatkan waktunya, maka dia akan menjadi orang yang berhasil. Orang Barat berkata Time is money, “Waktu adalah uang”. Ungkapan ini terlalu berbau materialistis, walaupun ada benarnya.
Dalam Islam, waktu diibaratkan dengan lebih tepat. Al-waqtu kassaif, fa in lam taqtha’hu qatha’aka. Artinya, “Waktu itu adalah seperti pedang, maka jika kamu tidak menebaskannya, ia yang akan menebasmu”. Orang yang paling merugi adalah orang yang tidak menghargai waktu, karena waktu sangat berharga.

Puasa memiliki nilai dan unsur melatih kedisiplinan, sebab kewajiban puasa harus dijalankan pada bulan Ramadhan, waktunya sepanjang siang hari dan malamnya disunahkan salat Tarawih hanya di malam hari. Dengan berpuasa mari  sama-sama memanfaatkan waktu dengan sebaik- baiknya agar menjadi orang yang berdedikasi serta berdisiplin tinggi #Hasan*69

 

Check Also

KEGIATAN PELATIHAN MANAJEMEN PERKANTORAN TEROTOMASI RESMI DITUTUP

KEMENAG KOTA TANGERANG NEWS. Kasubbag Tata Usaha kantor Kementerian Agama kota Tangerang H. Samsudin secara …