Pukul Bedug Walikota Resmi Membuka MTQ XIX Tingkat Kota Tangerang

MTQ XIX ( 1 )KOTA TANGERANG-Inmas. Walikota Tangerang Arief R Wismansyah memukul bedug tanda perhelatan Musabaqoh Tilawati Quran ( MTQ ) XIX Tingkat Kota Tangerang resmi dibuka. Perhelatan akbar tersebut digelar dihalaman SMPN 26 Kota Tangerang, Perumahan Simprug, Poris Jaya Kecamatan Batu Ceper Kota Tangerang. Kamis,  (23/11 )

Sebelum membuka acara Walikota, Wakil Walikota, Sekda, OPD dan Kantor Kementerian Agama Kota Tangerang melaksanakan pawai taaruf. Pawai taaruf MTQ XIX Tingkat Kota Tangerang diikuti lebih dari 15 ribu orang, 43 OPD termasuk Kecamatan dan BUMD. Ada 58 formasi barisan. Start dan Finis dibuka dan disambut oleh Walikoita dan Wakil Walikota.

Dalam sambutannya Walikota mengatakan dengan kegiatan MTQ ini masyarakat kota Tangerang semakin memahami, mempelajari dan mengamalkan nilai luhur Al-Quran dan sunah nabi Muhammad, SAW.

MTQ biasanya dilaksanakan sore atau malam sekarang sengaja dilaksanakan pagi, sengaja dilaksanakan pagi agar tidak mengganggu shalat kita dan tentunya ini menjadi bagian dari sosialisasi pemerintah bersama ulama agar masyarakat kota Tangerang senantiasa menjalankan nilai-nilai Islam shalat berjamaah yang menjadi kekuatan masyarakat kota Tangerang.

MTQ XIX (2)Kita juga menginginkan dengan bertumbuhkembangnya masjid-masjid, mushala-mushala dan majlis taklim ini didorong kedepan bagaimana mampu menjadi pusat peradaban masyarakat, peradaban yang berakhlakul karimah. Saya mengucapkan terimaksasih pada seluruh OPD yang ikut mensosialisasikan program-program pemerintah karena penting keterlibatan masyarakat menjadi modal utama dalam pembangunan. Bukan saja pembangunan inprastruktur tapi juga pembangunan akhlak masyarakat kota Tangerang. Menjadi tugas dan tanggungjawab kita semua mewujudkan masyarakat kota Tangerang menjadi masyarakat yang berakhlakul karimah.

Mudah-mudahan kegiatan ini terus menjadi syiar keagungan Allah SWT didalam menegakan kalimat tauhid dan juga menegakan nilai-nilai syiar agama Islam, agama yang membawa rahmatan lil alamin bagi seluruh masyarakat kota Tangerang yang kita cinti ini

Diakhir sambutannya Arief juga mengucapkan terimakasih pada seluruh panitia MTQ XIX tingkat Kota Tangerang, Arief juga mendoakan para alim ulama diberikan kesehatan, panjang umur dan barokah agar senatiasa membimbing kita semua mewujudkan masyarakat akhlakul karimah.

Pelaksanaan MTQ ke XIX  diselenggarakan dari tanggal 23-27 November 2017. Pada perhelatan kali ini  dilombakan 10 cabang perlombaan diantaranya cabang tilawah, hifzhil qur’an, qiro’ah sab’ah, kaligrafi Al – Qur’an, syarhil Qur’an, qiro’atil kutub, menulis Al – Qur’an, hifdzil hadist, dan cabang tafsir Al – Qur’an.

Dalam rangka menghadapi MTQ Provinsi Banten tahun 2018, pelaksanaan MTQ  XIX kali ini empat bulan lebih cepat, atau lebih maju dari biasanya, biasanya dilaksanakan pada bulan februari hal ini dimaksudkan agar waktu yang tersedia lebih lama untuk melakukan pembinaan ditingkat Provinsi Banten.

Dari 10 cabang yang dilombakan 9 cabang dilaksanakan di SMPN 26, sedangkan untuk cabang menulis Al-Quran dilaksanakan di YPI Al-Muin Jalan Maulana Hasanuddin.

Jumlah peserta yang mengikuti MTQ XIX sebanyak 816 orang yang terbagi dalam 13 Kecamatan, termasuk didalamnya 114 Dewan Hakim. MTQ XIX hanya memilih juara terbaik satu, Dua dan Tiga. Tidak ada juara harapan

MTQ XIX mengangkat tema Melalui MTQ XIX Tingkat Kota Tangerang tahun 2017 “Kita ciptakan masyarakat yang agamis, harmonis, sejahtera dan berakhlakul karimah “. #Hasan*26

Check Also

KECAMATAN CIPONDOH KELUAR SEBAGAI JUARA UMUM MTQ XIX TINGKAT KOTA TANGERANG

KOTA TANGERANG – Inmas. Perhelatan akbar Musabaqoh Tilawatil Quran ( MTQ ) XIX Tingkat Kota …