SAHABAT

Secangkir ☕Kopi Duha

Senin , 04 Oktober 2021 M/ 27 Shafar 1443 H.

Oleh : A. Hasanuddin. HR.

” Teman Dunia Dan Akhirat”
( Mengharap Syafa’at Dari Seorang Teman)

Menurut Abdullah Ibnu Mas’ud رضي الله تعالى عنه,
salah satu dari tanda kejernihan hati seseorang adalah; “Berteman dengan orang-orang yang sholeh” (Nasho’ihul ‘Ibad. hal. 23)

Diantara manfa’at berteman dengan orang-orang sholeh ialah karena kita berharap bisa memperoleh syafa’atnya di akhirat nanti.

Dalam sebuah hadits diriwayatkan:
“Sesungguhnya seorang laki-laki dari ahli surga pada hari kiamat mendekat kepada ahli neraka. Maka memanggil kepadanya seorang laki-laki dari ahli neraka sambil berkata: “Hai fulan! Apakah kamu mengenal aku?” Laki-laki ahli surga itu menjawab: “Saya tidak mengenal kamu, demi Allah! Siapakah kamu?” Laki-laki ahli neraka itupun menjawab: ” Saya adalah orang yang pernah bertemu dengan kamu waktu di dunia. Lalu kamu meminta kepadaku segelas air minum, maka aku memberi kamu minum”. Laki-laki ahli surga itupun berkata: “Oh iyah, sekarang saya mengenal kamu.” Kemudian laki-laki ahli neraka itupun berkata: “Dengan sebab minuman (yang pernah aku berikan kepadamu ketika di dunia), mohonkanlah syafa’at untuk ku di sisi Tuhan-Mu!” Maka laki-laki ahli surga itupun memohon kepada Allah تعالى sambil berkata: “Sesungguhnya aku mendekat kepada ahli neraka, kemudian memanggil kepada ku seorang laki-laki dari ahli neraka itu, dan dia berkata: “Apakah kamu mengenal aku?” Sayapun menjawab: “Aku tidak mengenal kamu! Siapakah kamu?” Lalu laki-laki ahli neraka itupun menjawab: ” Saya adalah orang yang kamu pernah meminta air minum kepadaku waktu di dunia, lalu aku memberi air minum itu kepadamu. Maka mohonkanlah syafa’at untukku di sisi Tuhan-mu.” Terimalah oleh-Mu (ya Allah) syafa’atku padanya.” Maka Allah pun menerima syafa’atnya. Lalu laki-laki ahli surga itupun diperintahkan untuk membawa laki-laki ahli neraka (temannya tadi), maka laki-laki itupun keluar dari neraka.” (HR. Abu Manshur Ad-Dailamy dari Anas/ Ihya ‘Ulumuddin. Juz. IV. hal. 561)

Sahabat-Sahabat رحمكم الله

Rosulullah صلى الله عليه وسلم telah berwasiat kepada sayyidina ‘Ali رضى الله تعالى عنه :
“Wahai ‘Ali! (Memiliki) Seribu teman itu sedikit dan (memiliki) seorang musuh itu (sudah) banyak.” (Hamisy Al-Minahus Saniyah. hal. 11)

Dalam sebuah hadits marfu’ telah diriwayatkan:
“Perbanyaklah olehmu dari persaudaraan. Maka sesungguhnya bagi tiap-tiap seorang mukmin memiliki syafa’at pada hari kiamat.” (HR. Ibnu Najar dari Anas / Is’adur Rofiq. Juz. I. hal. 39)

Yang dimaksud adalah; orang-orang mu’min yang sholeh-sholeh. (Is’adur Rofiq. Juz. I. hal. 39)

“Semoga Allah تعالى Jadikan Pertemanan Kita, Meskipun Hanya Lewat Medsos, Bisa Menjadi Pertemanan Dunia Dan Akhirat Yang Dapat Membawa Manfa’at Dan Mashlahat Serta Menjadi Wasilah Syafa’at Yang Di Terima Di Sisi Allah تعالى.”

امين يارب العالمين

والله اعلم بالصواب

-اللهم صل وسلم وبارك على سيدنا محمد وعلى ال سيدنا محمد
-اللهم صل وسلم وبارك على سيدنا محمد وعلى ال سيدنا محمد
-اللهم صل وسلم وبارك على سيدنا محمد وعلى ال سيدنا محمد

Semoga Bermanfa’at.
🙏🙏🙏🙏🙏🙏🙏

Monggo Diseruput ☕ kopinya 😃😃😃🙏🙏🙏

#EDITOR. hASAN*69

Check Also

SELAMAT DAN SUKSES UNTUK KEGIATAN MUNAS ALIM ULAMA

Secangkir ☕Kopi Duha Sabtu , 25 September 2021 M/ 18 Shafar 1443 H. Oleh : …