SALING MEMAAFKAN UNTUK MERAIH RAHMAT DAN AMPUNAN

Secangkir ☕ Kopi Dhuha

Sabtu, 27 Maret 2021 M./ 13 Sya’ban 1442 H.

Oleh :A. Hasanuddin. HR.

“Malam Nishfu Sya’ban, Malam Turunnya Rahmat Dan Ampunan
(Mari Berdo’a Dan Saling Mema’afkan Untuk Meraih Rahmat Dan Ampunan)

Imam Al-Ghozali, memasukkan bulan Sya’ban ini kedalam golongan Al-Asyhur Al-Fadhilah, bulan-bulan yang memiliki keutamaan. (Ihya ‘Ulumuddin. Juz. I. hal. 281)

Salah satu dari keutamaan malam Nishfu Sya’ban ini adalah adanya malam yang dikenal dengan sebutan Nishfu Sya’ban, yaitu; malam tanggal 15 bulan Sya’ban (Malam Senin, tgl. 28 Maret 2021 M).

Tentang keutamaan yang terjadi pada malam Nishfu Sya’ban ini telah dijelaskan dalam sebuah hadits:
“Sesungguhnya (rahmat) Allah تعالى turun pada malam Nishfu Sya’ban kelangit dunia, maka Allah mengampuni dengan bilangan yang lebih banyak dari bilangan/jumlah bulu domba Bani Kalb.” (HR. Imam Ahmad, Turmudzi dan Ibnu Majah dari sayyidah A’syah)

Mengenai hadits ini, Al-Hafidz As-Suyuthi memberikan rumuz hadits ini Hasan. (Al-Jami’us Shogir. Juz. I. hal. 78)

Dalam riwayat lain dijelaskan:
“Sesungguhnya Allah ‘Azza wa Jalla memandang (dengan pandangan rahmat) kepada makhluk-Nya pada malam Nishfu Sya’ban, maka Dia mengampuni terhadap semua makhluk-Nya kecuali terhadap orang musyrik atau orang yang bermusuhan.” (HR. Ibnu Majah dari Abu Musa Al-Asy’ari)

Tentang hadits ini, syeikh Al-Bani berpendapat bahwa hadits ini adalah hadits Shoheh. (Silsilah As-Shohihah. No. 1144. Juz. III. hal. 218/Maktabah Syamilah)

Hadits ini juga diriwayatkan oleh Ibnu Hibban dalam kitab shohehnya dari Mu’adz bin Jabal.(Madza fi Sya’ban. hal. 66)

Dalam kitab Al-Ghuniyyah dan Tafsir As-Showie, berdasarkan sebuah hadits, diriwayatkan ada enam (6) kelompok lain yang juga tidak mendapatkan ampunan dari Allah di malam Nishfu Sya’ban sebelum mereka bertobat dan meninggalkan perbuatannya, yaitu:
1- Tukang sihir.
2- Tukang ramal.
3- Pemabuk.
4- Pemakan harta Riba.
5- Orang yang melakukan perbuatan zina.
6- Anak yang melawan (durhaka) terhadap orang tua. (Al-Ghuniyyah. hal. 308/Tafsir As-Showie. Juz. IV. hal. 60)

Sahabat-Sahabat رحمكم الله

Dalam sebuah hadits Dho’if (lemah) telah diriwayatkan tentang keutamaan malam Nishfu Sya’ban:
“Jika malam Nishfu Sya’ban tiba, maka bangunlah kamu pada malamnya (untuk beribadah), dan berpuasalah kamu pada siang harinya. Sesungguhnya (rahmat) Allah pada malam itu turun ke langit dunia setelah terbenamnya matahari. Maka Allah تعالى berfirman: “Adakah orang yang memohon ampunan kepada-Ku, maka aku akan mengampuninya, adakah orang-orang yang memohon rezeki, maka Aku akan memberinya rezeki, adakah orang-orang yang tertimpa bala (bencana), maka Aku akan menyelamatkannya (dalam riwayat lain dikatakan: “Adakah orang yang meminta, maka akan Aku berikan permintaannya), adakah yang seperti ini, adakah yang seperti ini, hingga terbitnya fajar.” (HR. Ibnu Majah dari Ali bin Abi Tholib, dan Al-Baihaqi dalam kitab Syu’abul Iman).

Dalam kitab Tuhfatul Ahwaji dikatakan: “Hadits-hadits di atas, secara keseluruhan merupakan sebuah Hujjah yang membantah anggapan sebagian ‘ulama yang berpendapat bahwa tidak ada satupun dalil tsabit (kuat) yang menjelaskan tentang keutamaan malam Nishfu Sya’ban (Tuhfatul Ahwaji, Juz. II. hal. 277)

Telah berkata Ibnu Taimiyah: “Malam Nishfu Sya’ban telah diriwayatkan tentang keutamaannya dari hadits-hadits dan atsar yang menetapkan bahwa malam Nishfu Sya’ban itu memiliki keutamaan…” (Faidhul Qodir. Juz. 2. hal. 402/Maktabah Syamilah)

“Mari Kita Isi Malam Nishfu Sya’ban Dengan Memperbanyak Memohon Ampunan (Istighfar), Dan Menghilangkan Sifat Permusuhan Dan Kebencian Dengan Saling Mema’afkan, Dan Mari Kita Berdo’a Untuk Meraih Rahmat Dan Ampunan-Nya.
Semoga Dosa-Dosa Kita Semua Di Ampuni Oleh Allah Dan Do’a-Do’a Yang Kita Panjatkan Di Kabulkan Oleh-Nya Dan Limpahan Rahmat-Nya Tercurah Untuk Kita Semua

“امين يارب العالمين.”

“والله اعلم بالصواب.”

-اللهم صل وسلم وبارك على سيدنا محمد وعلى ال سيدنا محمد
-اللهم صل وسلم وبارك على سيدنا محمد وعلى ال سيدنا محمد
-اللهم صل وسلم وبارك على سيدنا محمد وعلى ال سيدنا محمد

Semoga Bermanfa’at.
🙏🙏🙏🙏🙏🙏🙏
eDitor#Hasan*69

Check Also

penyerahan sertifikat tanah untuk pembangunan asrama haji

Keterangan Foto : Kabid PHU Kementerian Agama Kantor Wilayah Provinsi Banten H. Machdum Bachtiar Didampingi …