SEBANYAK 53 LEMBAGA MENGIKUTI SOSIALISASI SIM SARPRAS

SIM SARPRAS 1KOTA TANGERANG – Inmas. Sebanyak 53 lembaga dibawah naungan kantor Kemenag Kota Tangerang mengikuti  Sosialiasi SIM Sarpras. Acara digelar di Aula Kantor Kemenag Kota Tangerang jalan Perintis Kemerdekaan 2 Babakan Kota Tangerang. Selasa, ( 13/02 )

SIM Sarpras merupakan singkatan dari Sistem Informasi  Sarana dan Prasarana . Aplikasi ini merupakan sistem baru yang diluncurkan kemenag sebagai usaha transparansi dan akuntabilitas bantuan pengembangan dan pemeliharaan sarana dan prasarana semua madrasah yang berada di lingkungan kemenag.

Madrasah dalam hal ini dituntut untuk melaporkan sedetai-detailnya tentang keadaan sarpras Madrasah  kemudian menulis permohonan lewat aplikasi ini. Nantinya permohonan akan masuk terlebih dahulu ke akun SIM Sarpras kota/kabupaten untuk diadakan ferifikasi dan selanjutnya dikirim ke penanggung jawab SIM Sarpras Provinsi untuk diadakan perifikasi ulang dan terakhir ke SIM Sarpras sebagai pemegang wewenang untuk menindak lanjuti permohonan yang diajukan oleh madrasah yang bersangkutan.

Bagi Madrasah yang akan mengajukan Bantuan dari Kementerian Agama harus mengisi Apilikasi SIM Sarpras, adapun kelengkapan yang harus diuplod meliputi Scan Sertifikat Tanah, Scan RAB ( Rencana Anggaran Biaya ), Scan Jadwal Pekerjaan, Scan Piagam NSM, Scan Ijin Operasional Pendirian, Scan Surat Rekomendasi Pejabat Berwenang, Scan NPWP, Photo lahan/Foto Kerusakan Bangunan dll.

SIM SARPRAS 2SIM Sarpras merupakan aplikasi berbasis online yang bisa diakses oleh setiap madrasah untuk mengajukan permohonan penambahan maupun perbaikan sarana dan prasarana seperti ruang kelas, perpustakaan, LAB dan lain-lain.

Untuk proses pengajuan bantuan lembaga Madrasah ada Dua syarat wajib yang harus dipenuhi, Satu Memiliki akun EMIS SDM yang sudah diaktifasi, Dua Sudah melakukan upload data pada EMIS SDM. Sosialisasi dibuka oleh kepala Subbagian Tata Usaha Kementerian Agama kantor Kota Tangerang Nurhasan.

Ditempat yang sama  Kasie Pendidikan Madrasah kantor Kemenag Kota Tangerang Tutun, HS. mengatakan  dikota Tangerang ada 545 lembaga dibawah naungan Kementerian Agama Kota Tangerang dengan rincian sebagai berikut Raudhatul Athfal ( RA ) 357, Madrasah Ibtidaiyah ( MI ) 105, Madrasah Tsanawiyah ( MTs ) 61 dan Madrasah Aliyah ( MA ) 22. Sedangkan yang mengajukan bantuan melalui aplikasi  SIM Sarpras hanya 53 lembaga, artinya masih dibawah 10 persen.

Komposisi Lembaga yang sudah mengajukan bantuan  melalui aplikasi  SIM Sarpras pada Kantor Kemenag Kota tangerang yaitu Raudhatu Athfal 11 lembaga, Madrasah Ibtidaiyah 26 lembaga , Madrasah Tsanawiyah 6 lembaga dan Madrasah Aliyah 4 lembaga . Sedangkan untuk Madrasah Negeri sebanyak 6 lembaga dengan rincian MIN 1 lembaga  MTsN 3 lembaga  dan MAN 2 lembaga ,  untuk Madrasah negeri semuanya sudah mengajukan aplikasi melalui SIM Sarpras. #Hasan*69

Check Also

PEMBINAAN KEPALA MI, MTs, DAN MA KEMENAG KOTA TANGERANG

KOTA TANGERANG – Inmas. Sebanyak 50 Kepala Madrasah Negeri dan Swasta mulai  tingkat Madrasah Ibtidaiyah …