SELAMAT TAHUN BARU ISLAM 1 MUHARRAM 1442 HIJRIYAH

Secangkir ☕Kopi Duha
(Edisi Khusus Menyambut Tahun Baru 1442 Hijriyyah)

Rabu, 19 Agustus 2020 M/ 29 Dzul Hijjah 1441 H.

Oleh :A. Hasanuddin. HR.

“Setan Pun Mengeluh Dan Kecewa”
(Tentang Keutamaan Membaca Do’a Akhir Tahun Dan Awal Tahun)

Berdasarkan perhitungan ilmu Hisab, hari ini adalah hari terakhir bulan Dzul Hijjah 1441 H. Dan nanti malam setelah terbenamnya matahari ان شاء الله kita akan memasuki bulan Muharram yang menandai masuknya awal Tahun Baru 1442 Hijriyyah.

Imam Al-Ghozali رحمه الله berkata:
“Karena sesungguhnya bulan Muharram itu adalah permulaan tahun. Maka mengawali tahun atas kebaikan itu lebih disukai dan lebih diharapkan untuk kelanggengan keberkahannya.” (Ihya
‘Ulumuddin. Juz. I. hal. 281)

Salah satu hal yang dianjurkan oleh ‘ulama untuk dilakukan dalam menutup lembaran akhir tahun dan membuka lembaran awal tahun adalah dengan membaca do’a akhir tahun pada waktu sore di hari terakhir bulan Dzul Hijjah tahun ini dan membaca do’a awal tahun setelah sholat Maghrib.

Telah berkata Al-‘Alamah Jamaluddin cucu dari Ibnul Jauzi
تغمده الله برحمته
dalam kitab tarikhnya; “Telah mengajarkan kepadaku syeikh ‘Umar bin Qotadah Almaqdisi
رحمه الله
do’a awal tahun dan do’a akhir tahun”, dan ia berkata; “Guru-guru kami selalu berwasiat dengan do’a ini dan mereka selalu membacanya, dan aku tidak pernah luput membacanya sepanjang usiaku.”

-Do’a akhir tahun yang sudah masyhur ini (bisa dilihat dalam buku kumpulan do’a”) dibaca sebanyak tiga kali. Maka sesungguhnya setan pun berkata (mengeluh dan Kecewa): “Kami telah bersusah payah bersamanya (untuk menggodanya) sepanjang tahun, maka dia (yang membaca do’a akhir tahun) telah menghancurkan susah payah kami dalam satu sa’at saja.”

-Do’a awal tahun yang sudah masyhur ini (juga bisa dilihat dalam buku kumpulan do’a”) juga dibaca sebanyak tiga kali. Maka sungguh setan pun berkata (mengeluh): “Dia (yang membaca do’a awal tahun) telah memohon keamanan untuk dirinya pada waktu yang tersisa dari umurnya”.
Dan Allah akan mewakilkan kepadanya dua malaikat yang menjaganya dari (gangguan) syetan dan pengikut-pengikutnya. (Dikutip dari kitab Mujarobat Ad-Dairobi Al-Kabir. hal. 73)

Mari kita Tutup Akhir Tahun 1441 Hijriyyah, Dan Kita Sambut dan Kita Isi Kedatangan 1 Muharram Tahun Baru 1442 Hijriyyah, Dengan Perbuatan Kebaikan Agar Kita Memperoleh Limpahan Keberkahan.

Sahabat-Sahabat رحمكم الله

Momen awal tahun baru Hijriyah bisa menjadi momen untuk mengintrospeksi diri (Muhasabah), untuk merubah sikap dan perilaku kita ke arah yang lebih baik.

“Orang yang berhijrah adalah orang yang meninggalkan apa” yang telah dilarang oleh Allah.” (HR. Bukhori dari Abdullah bin ‘Amr)

Dalam riwayat lain:
“Orang yang berhijrah adalah orang yang meninggalkan keburukan.” ( HR. Fadholah bin ‘Ubaid)

Dan dalam sebuah hadits diriwayatkan:
“Siapa yang hari ini nya sama dengan hari kemarin nya maka dia orang yang merugi, dan siapa orang yang hari ini nya lebih buruk dari hari kemarinnya maka dia orang yang terlaknat.” (HR. Baihaqi dari Abdul Aziz/ Ihya ‘Ulumuddin. Juz. IV. hal. 353)

“Semoga Allah Selalu Limpahkan Rahmat, Taufiq Dan Hidayah-Nya Kepada Kita Semua. Dan Semoga Allah Jadikan Tahun 1442 Hijriyyah Yang Akan Datang Lebih Baik Bagi Kita Dalam Semua Urusan Dari Tahun” Yang Telah Berlalu, Sehingga Kita Terhindar Dari Kerugian.”

امين يارب العالمين

والله اعلم بالصواب

اللهم صل وسلم وبارك على سيدنا محمد وعلى ال سيدنا محمد
اللهم صل وسلم وبارك على سيدنا محمد وعلى ال سيدنا محمد
اللهم صل وسلم وبارك على سيدنا محمد وعلى ال سيدنا محمد

Saya; A.Hasanuddin.HR Dan Keluarga, Mengucapkan:
“SELAMAT MENYAMBUT TAHUN BARU 1442 HIJRIYAH

Semoga Limpahan Rahmat, Keberkahan,Ke’ Afiatan Dan Kebahagian Serta Kesuksesan Dari Allah Selalu Menyertai Kita Semua امين يارب العالمين

Semoga Bermanfa’at.
🙏🙏🙏🙏🙏🙏🙏. eDITOR #hASAN*69

Check Also

penyerahan sertifikat tanah untuk pembangunan asrama haji

Keterangan Foto : Kabid PHU Kementerian Agama Kantor Wilayah Provinsi Banten H. Machdum Bachtiar Didampingi …